Check This Out, Check It Out, Check That Out

Saat menonton acara-acara musik di TV, kamu pasti sering mendengar kata “check this out” atau “check it out” dikatakan MC-nya. Sebenarnya…apa sih arti dua kalimat tersebut? Kenapa ada MC yang menggunakan “check this out” di satu waktu dan “check it out” di waktu lainnya? Kampung Inggris punya penjelasan tentang perbedaan check this out, check it out, dan check that out untukmu.

Check This Out

Kata “check this out” sebenarnya berasal dari kata dasar “check out”, yang artinya mengecek/memeriksa.

Berdasarkan arti tersebut, kata “check this out” memiliki arti “periksalah/lihatlah ini!”. Kamu bisa menggunakan frasa satu ini untuk meminta orang lain memeriksa benda yang ada di dekat kalian berdua.

Example:

  • Check this out, I have a gift for you! (Lihat ini, aku punya hadiah buat kamu!)
  • I found your hand phone, check this out! (Aku sudah menemukan ponselmu, lihat ini!)
  • He asked me to give this to you, just check this out! (Dia memintaku memberikan ini padamu, coba periksalah!)

Check It Out

Selanjutnya kita akan bahas kata yang sama seringnya digunakan seperti “check this out”, yaitu “check it out”. Bahkan dibandingkan dengan check this out, kata inilah yang lebih sering digunakan, terutama oleh pembawa acara di TV.

Check it out bisa kamu gunakan untuk meminta orang lain memeriksa benda yang ada di dekatnya, namun jauh darimu.

Example:

  • Do you want to see the video clip right now? Just check it out! (Apa kamu mau melihat video klipnya sekarang? Lihat itu sekarang juga!)
  • Mom sent you a pack full of noodles, check it out! (Ibu mengirimimu sekotak penuh mi, cek itu sekarang juga!
  • She might give you a surprising thing, just check it out now! (Dia mungkin memberimu suatu yang mengejutkan, cepat cek sekarang!)
Rekomendasi :  Perbedaan Just dan Only dalam Bahasa Inggris

Check That Out

Meski “that” dan “it” punya pengertian yang sama, jika dimasukkan dalam kata “check out” keduanya membawa makna berbeda.

Check that out adalah kata perintah yang digunakan untuk meminta orang lain memeriksa sesuatu yang jauh, baik dari jangkauan pemerintah atau yang diberi perintah.

Jadi, kamu bisa menggunakan kata check that out untuk meminta seseorang memeriksa benda yang jauh dari jangkauan kalian berdua.

Example:

  • I hear the window is still opened, please check that out! (Aku dengar jendelanya masih terbuka, tolong periksa jendela itu!)
  • I’m not sure whether I’ve locked my house or not, could you check that out for me? (Aku tidak yakin apakah aku sudah mengunci rumahku atau tidak, bisakah kamu mengeceknya untukku?)
  • Your dried clothes are wet because of rain, go check that out now! (Baju-bajumu yang kering basah karena hujan, cepat periksa mereka sekarang juga!)

 

Itulah penjelasan mengenai perbedaan dari check this out, check it out, dan check that out dari Kampung Inggris Pare! Kamu boleh menggunakan frasa-frasa di atas dalam kehidupan sehari-hari ya, tapi jangan lupa gunakan dengan benar!

Kalau kamu ingin belajar kata-kata keren lainnya, nggak usah ragu buat datang langsung ke Kampung Inggris Pare ya! Di mana lagi coba kamu bisa belajar bahasa Inggris dari basic sampe jago kalo bukan di Kampung Inggris?

Ingin belajar materi lain yang nggak kalah keren dari materi bahasa Inggris yang ini? Mungkin kamu tertarik untuk mempelajari ini: Dependent dan Independent Clause dalam Bahasa Inggris