cara terbaik belajar bahasa inggris

Cara terbaik belajar Bahasa Inggris menjadi trik yang kini dicari oleh banyak orang. Pasalnya, saat ini dimana informasi dan teknologi berkembang dengan sangat pesat, hampir semua hal disajikan memakai Bahasa Inggris.

Tak hanya tulisan artikel, bahkan iklan-iklan produk pun telah menggunakan bahasa tersebut agar bisa bersaing dengan produk dalam negeri maupun luar negeri. Bahasa Inggris pun kini telah menjadi bahasa Internasional yang dipakai hampir di seluruh belahan dunia. Meskipun bukan merupakan bahasa asli maupun kedua, namun bahasa yang satu ini juga sudah masuk sebagai mata pelajaran di sekolah-sekolah.

Bahkan, kini tempat kursus Bahasa Inggris banyak bertebaran di Indonesia sehingga menjadi sarana yang tepat bagi kalian yang ingin menguasai dengan cara-cara yang lebih efektif. Hal ini sangat bermanfaat sebab saat ini persaingan di berbagai bidang seperti bisnis maupun pendidikan mengharuskan penggunaan bahasa tersebut.

(Baca juga: Ini Dia Manfaat Belajar Bahasa Inggris yang Perlu Kamu Ketahui)

Bahkan, ketika penguasaan Bahasa Inggris menjadi salah satu persyaratan ketika akan mendaftar ke perguruan tinggi di luar negeri dalam bentuk tes TOEFL atau IELTS. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk bisa mahir berbicara dalam bahasa asal Britania Raya ini, berikut ada beberapa cara yang yang bisa dilakukan untuk membuat proses belajar jadi lebih efektif.

Biasakanlah dirimu untuk berbahasa Inggris

Yang menjadi masalah utama ketika orang tidak mau berbahasa Inggris adalah karena perasaan takut ataupun males. Untuk itu salah satu kunci yang bakal mempengaruhi kesuksesanmu adalah membiasakan diri untuk berkomunikasi menggunakan bahasa tersebut, baik itu ketika membaca, menulis, berbicara, bahkan ketika berpikir. Biasakanlah diri secara lisan yang berarti bahwa kita harus sering berbicara dengan bahasa ini sesering mungkin, bahkan kalau bisa setiap hari. Hal ini bisa dilakukan bahkan ketika kamu hanya membaca tulisan dalam Bahasa Inggris, menyapa teman, maupun berkomunikasi dengan kata-kata yang simpel. Kemudian, biasakan juga dari segi tulisan dengan lebih rajin menulis segala hal dalam Bahasa Inggris meskipun itu hanya merupakan status atau caption di media sosial maupun pesan singkat. Akan lebih baik lagi jika kamu membuat target untuk menulis catatan dengan tema tertentu setiap berapa hari sekali. Selanjutnya, kamu bisa membiasakan untuk berbicara dengan diri sendiri dengan Bahasa Inggris, meski kedengarannya aneh namun hal ini bakal sangat membantumu. Pembiasaan juga bisa dilakukan dengan menonton film berbahasa Inggris tanpa memakai subtitle Bahasa Indonesia. Dengarkanlah juga lagu-lagu dalam bahasa tersebut. Cara ini akan membuat penguasaan vocab kamu bertambah banyak. Buatlah catatan-catatan kecil mengenai vocab baru tersebut dan tempelkan di tempat-tempat di mana kamu sering berada sehingga secara tidak langsung kamu juga menghafalnya.

Jangan lupa bawa kamus!

Meski terdengar tradisional, namun membawa kamus menjadi salah satu cara terbaik belajar Bahasa Inggris. Tanpa kamus, kalian bakal kesulitan untuk mencari arti dari kata baru yang ditemukan. Kini banyak sekali aplikasi kamus Bahasa Inggris yang bisa diunduh secara gratis, bahkan kamun online pun banyak tersedia dan bisa digunakan kapan saja. Nah, manfaatkanlah kemudahan fasilitas ini sehingga kamu bisa lebih mudah mengurangi kendala ketika sedang belajar. Kamus  Bahasa Inggris jenisnya terdiri dari dua macam, yaitu bilingual yang berarti Inggris ke Indonesia maupun sebaliknya dan juga Inggris-Inggris yang biasanya lebih menjabarkan arti dari suatu kata. Jika kamu memang sudah lama belajar Bahasa Inggris dan tergolong ke level advanced, sebaiknya memang menggunakan kamus Inggris-Inggris agar tak hanya memperkaya vocab tetapi juga frase dan idiom.

Cobalah berbagai macam metode!

Kebanyakan orang hanya fokus menggunakan satu metode saja ketika belajar padahal metode pembelajaran yang cocok untuk masing-masing orang berbeda. Nah, kamu harus tahu dirimu itu termasuk tipe pembelajar yang seperti apa karena ini akan mempengaruhi jenis pembelajaran yang paling cocok. Dengan metode pembelajaran yang tepat, maka berbagai informasi yang dipelajari bakal bisa diserap otak dengan lebih baik dan tinggal dalam waktu yang lama.

Sebagai contohnya jika kamu seorang pembelajar visual, maka kamu bakal lebih nyaman ketika belajar dengan bantuan gambar,  mind map, tulisan, maupun media lain yang berhubungan dengan pengelihatan. Metode ini mungkin cocok buat kamu namun belum tentu bagi orang lain. Kalian pun bisa belajar dengan memanfaatkan aplikasi-aplikasi belajar Bahasa Inggris baik yang ada di komputer, laptop, tablet, maupun smartphone. Ada berbagai macam aplikasi gratis yang bisa diunduh dan ini bakal sangat membantumu untuk belajar tentang vocab, listening skill, reading skill, maupun kemampuan yang lainnya.

Video-video yang ada di youtube pun seperti TEATU yang ada di channel Kampung Inggris LC bisa menjadi sarana pembelajaran yang efektif dan asyik sebab di sana kamu bisa menemukan berbagai macam materi yang menggunakan Bahasa Inggris. Metode belajar yang dimanfaatkan dengan optimal bisa menjadi salah satu cara terbaik belajar Bahasa Inggris.