cara memperkaya vocabulary

Terdapat beberapa elemen penting dalam mempelajari bahasa Inggris. Kesemuanya dapat memberi kalian kemampuan praktek menggunakan bahasa Inggris secara lisan maupun tulisan. Kemampuan memahami dan menggunakan grammar merupakan salah satu elemen terpenting dalam belajar bahasa Inggris. Elemen ini akan menentukan kemampuan kalian memahami dan menyusun kalimat dalam struktur yang baik dan benar.

Elemen lain yang tidak kalah penting adalah kosa kata atau vocabulary. Dibutuhkan pengetahuan tentang vocabulary sebanyak mungkin agar kalian bisa memahami dan bertutur dalam bahasa Inggris secara baik dan benar. Karena alasan itulah; memperkaya vocabulary menjadi salah satu bagian yang sangat penting dalam mempelajari bahasa Inggris. Pemahaman akan grammar yang baik tidak akan banyak berguna dalam praktek berbahasa Inggris jika kalian minim penguasaan vocabulary.

Berikut ini beberapa cara yang bisa kalian coba lakukan untuk memperkaya penguasaan kosa kata atau vocabulary.

a. Membaca buku berbahasa Inggris

Salah satu memperkaya vocabulary yang paling praktis adalah dengan membaca buku. Buku yang kalian baca tidak harus buku kamus yang berisi koleksi vocabulary dalam bahasa Inggris; tetapi ada baiknya kalian memiliki dan menggunakan kamus dalam bentuk apapun selama belajar dan memperkaya vocabulary.

Setiap buku berbahasa Inggris bisa kalian gunakan sebagai sumber memperkaya vocabulary. Pada dasarnya; semakin sering kalian membaca kalimat berisi kata – kata dalam bahasa Inggris; maka rekaman vocabulary yang kalian miliki juga akan bertambah. Peran kamus adalah membantu kalian memahami arti atau makna dari vocabulary baru yang kalian temui atau vocabulary yang kalian lupa apa makna dan artinya. Menggunakan kamus Inggris – Inggris akan memberi lebih banyak informasi makna dan pengayaan vocabulary; sedangkan kamus Inggris – Indonesia akan memberi kemudahan mengetahui arti sebuah vocabulary.

b. Mendengarkan lagu berbahasa Inggris

Cara lain untuk memperkaya vocabulary adalah dengan mendengarkan lagu berbahasa Inggris. Mendengarkan lagu akan mengasah kemampuan kamu untuk fokus mendengarkan ucapan seseorang dalam kondisi lingkungan yang tidak tenang karena terdapat suara lain ( musik ) yang mengiringi. Cara ini sebaiknya juga didampingi dengan kamus; baik itu kamus bahasa Inggris – Inggris ataupun kamus Inggris – Indonesia. Belajar vocabulary baru melalui cara mendengarkan lagu dengan didampingi kamus akan memberi pemahaman lebih mengenai makna dan arti vocabulary baru.

Hal lain yang dibutuhkan adalah lirik lagu yang tengah didengarkan. Untungnya kini mencari lirik lagu bisa dilakukan dengan sangat mudah berkat bantuan mesin pencari. Lirik lagu merupakan bagian dari proses belajar vocabulary baru dengan mendengarkan lagu. Ketika kalian mendengar kata baru yang tidak diketahui artinya atau tidak diketahui penulisannya; maka lirik lagu ini akan berperan memberi informasi mengenai vocabularu yang baru saja kamu dengar.

(Baca juga: 9 Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris)

c. Menonton film atau program acara televisi berbahasa Inggris

Metode lain memperkaya vocabulary yang bisa dilakukan dengan mudah adalah menonton film atau program acara televisi yang menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantarnya. Program televisi atau film merupakan media audio visual yang memadukan gambar atau tulisan dengan suara. Metode ini memiliki kompleksitas yang lebih; tetapi berpotensi memperkenalkan dan mengasah banyak vocabulary yang umum digunakan sehari – hari.

Sama seperti saat belajar vocabulary dengan metode lain; kamu sebaiknya menyiapkan dan memegang kamus untuk memudahkan proses mencari tahu dan memahami vicabulary baru yang ditemui. Bantuan subtitle dalam bahasa Inggris bisa sangat membantu ketika belajar vocabulary dengan menggunakan film; sedangkan acara televisi umumnya disertai subtitle dalam bahasa Indonesia.

d. Bermain game berbahasa Inggris

Terdapat beberapa permainan game yang bisa sangat membantu dalam memperkaya vocabulary kalian yang tengah belajar bahasa Inggris. Bahkan setiap jenis game berbahasa Inggris bisa membantu mengasah ingatan vocabulary sekaligus belajar kosa kata baru pada setiap kali bermain. Game sederhana dengan permainan tebak kata atau pengetahuan umum bisa menjadi pilihan praktis belajar vocabulary baru.

Selain itu ada game yang sangat efektif untuk belajar vocabulary seperti permainan Scrabble. Permainan papan ini memang menjadikan aktivitas menyusun kata – kata sebagai bagian utama dari permainannya. Ada baiknya kamu tetap menggunakan kamus sebagai alat pendamping ketika memperkaya perbendaharaan vocabulary dengan cara ini.

Pilihan cara – cara memperkaya vocabulary tadi bisa kalian coba lakukan sebagai metode praktis menambah perbendaharaan kata dan mengasah ingatan mengenai arti dan makna suatu kata. Metode yang melibatkan aktivitas membaca kalimat atau mendengarkan percakapan juga akan mengasah kemampuan kalian berbahasa Inggris secara tertulis atau pun lisan. Semoga bermanfaat !!!