Biografi dalam Bahasa Inggris

Cara dan Tips Menulis Biografi dalam Bahasa Inggris yang Baik dan Benar – Biografi merupakan sebuah kisah mengenai hidup seseorang secara lebih terperinci dan detail. Segala macam yang berkaitan dengan kehidupan seseorang di tulis dalam sebuah biografi. Mulai dari tanggal lahir, pola pikir, prinsip hidup, atau masa-masa sulit yang pernah ia hadapi. Karena sangat rinci, bahkan ada pula biografi tokoh yang dituliskan dalam sebuah buku.

Biografi biasanya akan membahas mengenai seorang tokoh yang berjasa atau terkenal dalam suatu masa. Contohnya pahlawan, pemimpin negara, atau ilmuwan dan tokoh penting lainnya. Biografi dibuat agar dapat mengenang tokoh tersebut. Tak hanya itu, didalamnya berisi pengalaman hidup seorang tokoh sehingga bisa menjadi teladan bagi pembacanya.

Biasanya biografi akan menjelaskan kehidupan seseorang yang memiliki jasa atau perilaku yang baik. Penyampaiannya bisa menggunakan Bahasa Indonesia, bahasa daerah ataupun Bahasa Inggris. Biografi dalam Bahasa Inggris isinya tidak jauh berbeda dengan biografi pada umumnya, yang terpenting isinya harus menjelaskan kehidupan seorang tokoh.

Berikut ini beberapa cara dan tips dalam menulis biografi Bahasa Inggris yang baik dan benar.

Diawali dengan Pengenalan Tokoh

Bagi sebagian orang biografi berarti pengenalan lebih dalam tentang seorang tokoh. Padahal,  isinya tidak hanya pengenalan saja. Akan tetapi, biografi harus diawali dengan pengenalan tokoh terlebih dahulu. Hal itu bisa kamu mulai pada paragraf pertama dengan memperkenalkan masa kecil, tempat lahir, dan latar belakang keluarga tokoh pada biografi dalam Bahasa Inggris tersebut. Berikut contoh bagian awal biografi.

“Galonos Swanto was Born and raised in the Kediri area. He is landed his first major film role in the spoof A day with Galonos. He played the Musician in two Fantastic Beast flicks, but it was his turn as another man that propelled him to fame in the amazed successful Captain Canada and The Man of blockbusters. He also earned acclaim for his performance in the dystopian Galoners, and made a well-received High-way debut in 2019″.

Kehidupan di masa kecil seorang tokoh juga penting untuk kamu sebutkan pada paragraf ini. Mungkin dari kisah tersebut, kamu bisa meniru bagaimana orang tuanya mendidik ia saat kecil. Atau bagaimana ia bersikap sejak kecil sehingga namanya bisa dikenal hingga dibuatkan biografi dalam

Bahasa Inggris.

Selain itu, pada tahap perkenalan kamu juga bisa menyelipkan slogan atau kata-kata khas tokoh tersebut yang sangat berkesan. Ciri khas dari penampilannya pun bisa kamu gambarkan pada tahap perkenalan ini. Tujuannya agar saat pertama membaca biografi, para pembaca akan langsung terkenang dengan tokoh tersebut dan memancing penasaran pembaca.

Rekomendasi :  Phonetic Symbol dan Contohnya dalam Bahasa Inggris

Proses Mendapatkan Kesuksesan

Biografi dalam Bahasa Inggris

Kesuksesan seseorang juga merupakan poin penting pada sebuah biografi dalam Bahasa Inggris. Yang perlu kamu garis bawahi bukan hanya kesuksesannya saja. Akan tetapi bagaimana proses yang dilalui seorang tokoh untuk mencapai kesuksesan tersebut. Setelah tahap perkenalan, kamu bisa menceritakan proses kesuksesan tokoh tersebut. Simak baik-baik beberapa biografi setelah ini!

“After getting married, R.A Kartini never stopped learning. She like reading some Europan’s books and magazines in her own house. When she was reading them, she found a great difference between European women’s life with Indonesian women. They are live in freedom and they have the same equivalent position with men. While, Indonesia women lived under man’s power”.

Pada bagian ini kamu bisa menceritakan dengan fokus bagaimana masa-masa sulit yang dilalui sang tokoh sebelum meraih sukses. Disinilah letak “benang merah” dalam sebuah biografi. Kamu bisa meneladani cara sang tokoh untuk melalui dan menyelesaikan masa sulit tersebut. Didalamnya tentu berisi pelajaran berharga yang menjadi faktor kesuksesan sang tokoh.

Jangan lupa sertakan motivasi bagi para pembaca. Contohnya, sang tokoh sangat tenang menghadapi masalah dan tidak mudah menyerah dalam meraih sukses. Sertakan nilai-nilai positif dari kehidupan tokoh biografi dalam Bahasa Inggris. Dengan begitu, sebuah biografi akan menyajikan makna yang berharga bagi pembacanya.

Fokus Pada Prestasi Sang Tokoh

Setelah suskes, tentunya sang tokoh memiliki segudang prestasi. Pada bagian berikutnya ceritakan setiap prestasi atau penghargaan yang diraih. Misalnya, penghargaan di bidang yang sang tokoh jalankan. Bila perlu, rincikan setiap prestasi tersebut secara lengkap mulai dari pemberi penghargaan, tempat meraih prestasi hingga bentuk penghargaan atas prestasinya. Contohnya seperti di bawah ini.

“Raditya Dika have a stories as Indonesian students studying in another countries. This book was displayed in a diary format. His story was told in his private blog. He made a second book named by “Cinta Brontosaurus.” This second book was almost the same as the previous book, the stories in the book raditya were mostly from his personal story”.

Hal tersebut tentu menjadi motivasi lagi bagi para pembaca untuk meraih kesuksesan dan prestasi. Sebisa mungkin kamu menuliskannya secara fokus, karena prestasi biasanya menjadi tolok ukur bagi para penggemarnya. Apa yang bisa diraih sang tokoh biasanya menjadi hal terpenting bagi pembaca biografi dalam Bahasa Inggris.

Rekomendasi :  Perbedaan Avenge dan Revenge

Pada poin ini kamu harus bisa mengumpulkan informasi mengenai tokoh dengan selengkap mungkin. Semakin banyak prestasinya, maka nilai sebuah biografi juga akan semakin bagus. Kebanyakan yang di cari dari seorang tokoh ialah prestasinya. Hal itulah yang menyebabkan sang tokoh dibuatkan biografi dalam Bahasa Inggris.

Tambahkan Kesimpulan Berupa Motivasi

Bagian kesimpulan biasanya terdapat pada bagian akhir biografi. Usahakan kesimpulan dari biografi tersebut mengandung motivasi mengenai nilai-nilai kehidupan tokoh biografi. Masukkan setiap nilai positif sang tokoh sebagai motivasi bagi pembaca. Pada bagian penutup  ini kamu juga bisa memberikan sudut pandang kamu mengenai tokoh biografi dalam Bahasa Inggris tersebut.

Contohnya seperti di bawah ini.

“She has spirit and brilliant ideas remain alive and inspire Indonesian women to continue the struggle to make her dream comes true. R.A Kartini had a spirit compiled and published sent a letter to her friends in Europe entitle “Duisternis DOOR TOT Licht”, which means “Through Darkness to Light”.

Memperhatikan Grammar Pada Kalimat

Untuk membuat biografi, kamu bisa menggunakan beberapa jenis kalimat yang biasa digunakan menulis biografi dalam Bahasa Inggris yaitu, Present tense, Past tense, Present continuous tense, Perfect tense, serta Past perferct tense. Bagiamana penggunaan grammar? Simak baik-baik!

“R.A Kartini had an idea to change Indonesian women’s life. With her friends, she was opened the first school for women in Indonesia in 1912 in Semarang. In that school, they taught Indonesian women how to read and write, so that they could come out of ignorance.”

Itulah beberapa cara beserta tips membuat sebuah biografi dalam Bahasa Inggris yang baik dan benar. Pastikan cara tersebut kamu lakukan dengan baik agar biografi yang dihasilkan juga menarik dan rinci.

Artikel menarik lainnya yang bisa kamu baca berjudul, “12 Tips Dan Trik Belajar Menulis Artikel Bahasa Inggris