cara menghafal vocab dengan mudah

Saat kita belajar di taman kanak-kanak kita sudah dikenalkan dengan Bahasa Inggris hingga Sekolah Menengah atas. Tapi masih banyak diantara kita masih merasa kesulitan untuk berbicara, menulis dan mempelajari Bahasa Inggris.

Kenapa Bahasa Inggris menjadi momok yang sangat menakutkan, bahkan anti banget sama Bahasa Inggris. Beberapa kesulitan itu bisa disebabkan beberapa hal, daintaranya masalah vocabulary. Kurangnya vocab juga bisa menghambat kita saat belajar Bahasa Inggris. Nah, hari ini kita akan fokus membahas bagaimana cara menghafal dan mengaplikasikan vocab dengan tepat.

Seperti yang kita tahu, kita sering sekali diminta untuk menghafal vocab, tapi ternyata hanya menghafal setelah itu kita lupa. Akhirnya masalah itu terjadi berulang-ulang. Dari kita TK sampai di zaman kita kuliah. Masih saja kekurangan vocab. Bagaimana sih sebenarnya menghafal vocab dengan benar itu??

Cara Menghafal Vocab Dengan Mudah

a. Ulangi berkali-kali

Step pertama ini untuk membiasakan kita dalam menyebutkan vocab-vocab itu sendiri. Biar lidah kita terbiasa, sekaligus bisa mengingat vocab yang akan di hafalkan. Ada baiknya saat mengulangi vocab-vocab ini di dampingi seorang guru atau tutor untuk membantu pengucapan yang benar. Tapi jika kita sedang tidak punya waktu untuk belajar di lembaga atau susah menemukan pengajar privat, kita bisa menggunakan kamus yang mempunyai aplikasi audio. Kita play berulang-ulang kemudian kita mengikuti pengucapan itu dengan benar.

b. Buatlah small note

Untuk memudahkan kita dalam mengingat, catatlah vocab-vocab yang sudah kita pelajari. Di buku saku yang bisa kita bawa kemana-mana. Saat kita punya waktu luang, gunakan untuk mengingat vocab yang sudah di pelajari. Buatlah catatan-catatan kecil untuk di tempel di tempat-tempat kita sering kunjungi. contohnya, seperti di tembok kamar, saat kamu berbaring dan menghadap tembok, kita bisa langsung membacanya tanpa harus membuka buku. Atau mungkin di kamar mandi, bisa juga kita tempel-tempel sticky note di tembok kamar mandi. Tentang vocab-vocab yang berhubungan dengan alat-alat yang ada di kamar mandi. Mudah kan??

c. Aplikasikan vocab

Nah yang ketiga kira-kira apa yang bisa kita lakukan. Well, aplikasikan vocab itu dalam sebuah kalimat, baik secara tulisan maupun lisan. Contohnya saat kamu dalam kamar mandi, kamu menuliskan vocab water yang artinya air. Kamu bisa membuat kalimat this water is really fresh yang artinya air ini sangat segar.

Ucapkan kalimat itu berulang-ulang, setelah selesai dengan satu vocab, lanjutkan dengan vocab-vocab selanjutnya. Aplikasikan semua vocab yang ada dalam kamar mandi menjadi kalimat. Setelah ada waktu luang, coba aplikasikan dalam sebuah tulisan kemudian kembangkan menjadi sebuah paragraf, atau membuat story telling dengan vocab-vocab yang sudah kamu hafalkan. Eits… jangan takut salah yah. Kita harus berani mencoba dengan mempraktekkannya.

Bagaimana jika kita tidak tau beberapa vocab saat menulis atau saat mempraktikkan dalam bentuk speaking??? Disinilah prosese belajar itu terjadi. Tulislah vocab-vocab yang menurut kamu sulit di note book. Carilah dalam kamus, kemudian aplikasikan kembali dalam bentuk tulisan maupun dalam speaking. Disini proses belajar berjalan, dimana kamu sudah mulai menemukan kekuranganmu dengan mengetahui vocab apa yang harus kamu hafalkan di hari selanjutnya. Jadi vocab-vocab yang baru kamu temukan saat menyusun sebuah kalimat/ paragraf dalam tulisan atau lisan, bisa menjadi modal selanjutnya untuk menghafal vocab.

So, tidak alasan lagi untuk bingung, dari mana saya harus mulai menghafal vocab.

d. Perbanyak membaca, menonton dan mendengarkan yang berhubungan dengan Bahasa Inggris

Tingkatkan kualitas vocab kita dengan banyak membaca. Tidak perlu membaca bacaan yang berat jika kamu tidak suka membaca, kamu bisa membaca komik, majalah atau novel. Yang penting isinya Bahasa Inggris ya… . Saat kita mendengarkan musik atau menonton film, pilihlah film dengan subtittle Bahasa Inggris, kemudian kembalilah mencatat vocab-vocab yang menurut kamu asing.

Kemudian kembalilah ke step nomer satu. Nah sekarang sudah tidak bingung lagi kan untuk menghafal vocab dengan mudah? Tidak perlu menghafal ratusan vocab untuk setiap harinya. 10 vocab cukup asal kita praktikkan secara terus menerus. Selamat belajar.

Baca tips bahasa inggris lainnya juga yuk: Tips Pintar Bicara Bahasa Inggris.