Waktu dalam Bahasa Inggris – Semua orang berhubungan dengan waktu setiap harinya. Menyatakan waktu hingga bertanya mengenai waktu. Dapat dikatakan, waktu menjadi bahasan yang penting dalam kehidupan sehari – hari.

Di dalam bahasa Inggris, penyebutan waktu terlihat mudah. Namun dalam praktiknya bisa dikatakan sulit. Karena, ada aturan – aturan khusus dalam penyebutan waktu yang terkadang masih membuat para pembelajar bingung.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai waktu dalam bahasa Inggris. Ikuti artikel hingga akhir, ya!

cara-membaca-waktu-dalam-bahasa-inggris

Pengertian Waktu

Waktu adalah suatu kegiatan, rangkaian peristiwa, atau kejadian yang sedang berlangsung. Yang termasuk di dalam waktu adalah jam, hari, minggu, bulan, tahun, hingga abad, termasuk ke dalam waktu.

Pengucapan waktu pun memiliki kaidah bahasa tertentu. Sebenarnya tidaklah sulit, ada banyak versi pembacaan waktu yang bisa kamu gunakan dan kamu rasa mudah. Di bawah ini akan dibahas lengkap mengenai waktu dan cara pembacaannya, mulai dari pembacaan jam hingga abad.

Cara Membaca Keterangan Waktu Jam

Membaca keterangan waktu jam dalam bahasa Inggris sebenarnya mudah, tapi beberapa orang menganggap masih membingungkan.

Dalam penulisan jam, menggunakan pemisah antara jam dan menit. Biasanya pemisah jam dan menit ini menggunakan titik / dot (.) atau titik dua / colon (:). Keduanya sama – sama tepat, dimana penggunaan titik dua seringkali digunakan dalam penyebutan waktu dengan format 24 jam.

Nah, artikel ini akan mengupas tuntas bagaimana cara membaca waktu jam dalam bahasa Inggris. Perlu kita ketahui bahwa membaca waktu dalam bahasa Inggris dapat dilakukan dengan berbagai cara. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Penunjuk Waktu dalam Bahasa Inggris Menggunakan O’clock

Of the clock, adalah kepanjangan dari singkatan yang sering kita gunakan, yaitu o’clock. Penulisan O’clock harus menggunakan koma di atas dan umumnya orang menggunakan kalimat o’clock bukan of the clock.

O’clock digunakan untuk menyatakan waktu yang tepat, tidak kurang dan tidak lebih. Ketika jarum panjang jam menunjuk angka 12, maka o’clock digunakan sebagai penunjuk waktunya.

Rekomendasi :  Tips Mudah dalam Menyiapkan Debat Berbahasa Inggris

Cara membaca o’clock adalah dengan membaca jam atau angka yang ditunjuk oleh jarum pendek, kemudian diikuti penggunaan o’clock. Contoh:

12.00 = twelve o’clock

05.00 = Five o’clock

01.00 = One o’clock

2. Half Past

Ketika jarum panjang di angka 6, artinya menunjukkan telah lewat setengah jam dari jarum panjang. Half past digunakan untuk menunjukkan waktu lewat atau lebih dari 30 menit.

Cara membacanya yaitu dengan membaca “half past” terlebih dahulu, baru kemudian diikuti waktu yang menunjukkan jam. Contoh:

18:30 = Half past eight

6.30 = Half past six

4.30 = Half past four

3.  Quarter past

Quarter past digunakan untuk menyatakan waktu lebih lima belas menit. Dimana jarum panjang berada di angka 3. Cara membaca quarter past adalah dengan membaca quarter past terlebih dahulu baru diikuti jam yang dimaksud. Contoh:

4.15 = quarter past four

8.15 = quarter past eight

10.15 = quarter past ten

4.  Quarter to

Penggunaan quarter to ketika jarum panjang menunjuk angka 9. Yang menunjukkan waktu lewat 45 menit atau kurang 15 menit. Cara membacanya yaitu dengan membaca ‘a quarter to’ terlebih dahulu baru diikuti jam yang akan dituju.

Jika menggunakan keterangan a quarter to, penyebutan jam adalah waktu yang akan dituju. Bukan waktu yang dituliskan, misalnya ketika menunjuk waktu 4.45 maka yang ditulis nanti adalah pukul 5, bukan 4. Contoh:

4.45 = a quarter to five (jam 5 kurang 15 menit)

  • a quarter to two (jam 2 kurang 15 menit)

10.45 = a quarter to eleven (jam 11 kurang 15 menit)

Selain penggunaan o’clock, past, dan to, ada juga penggunaan lain dalam pembacaan waktu, yaitu after dan before. Past dapat dikatakan sama dengan after, sementra to sama dengan before. Penggunaan after dan before adalah gaya bahasa yang dipakai oleh orang Amerika.

Menit bukan Kelipatan Lima

 

1. Penggunaan After atau Past untuk Menyatakan Waktu dalam Bahasa Inggris

Penggunaan after sama dengan past, yaitu disebutkan menitnya dulu baru diikuti dengan jam. Untuk menit yang terlewat termasuk bilangan kelipatan 5, maka tidak perlu ditambahkan kata ‘minutes’. Sementara jika bilangan tersebut merupakan kelipatan 5, maka perlu ditambahkan kata ‘minutes’.

Penggunaan after dan past untuk menit 1 sampai 30. Contoh :

2.28 = twenty eight minutes after two atau twenty eight minutes past two.

3.20 = twenty after three atau twenty past three.

2. Penggunaan “Before” atau “to” untuk Menyatakan Waktu dalam Bahasa Inggris

Penggunaan before sama dengan to, dimana disebutkan menit yang kurang menuju jam yang akan datang. Before dan to digunakan untuk menit ke 31 sampai 59. Sama halnya dengan after dan past, dimana menit kelipatan 5 tidak menggunakan kata ‘minutes’.

Rekomendasi :  Perbedaan Lay dan Lie: Cara Mudah Membedakan Lay dan Lie

Selain before dan to, Amerika juga menggunakan kata ‘of’ dan ‘till’ untuk menyebutkan waktu. Contoh:

3.33 = twenty seven minutes before four atau twenty seven minutes to four.

10.40 = twenty before eleven atau twenty to eleven.

4.38 = twenty two minutes till / of five.

3. Cara Membaca dalam Situasi tidak Formal

Pengucapan waktu di atas termasuk pengucapan formal. Pada sub bab kali ini, akan dibagikan cara membaca secara tidak formal. Tentunya lebih mudah tanpa aturan penggunaan after, past, before, to, atau o’clock. Tapi ketika menyebutkan angka nol, biasanya menggunakan kata ‘oh’ bukan zero’. Contoh:

2.49 = two fourty nine

3.14 = three fourteen

9.06 = nine oh six

4. Penggunaan AM dan PM

Kebanyakan waktu di luar negeri menggunakan sistem 12 jam, dengan keterangan AM dan PM. Bukan sistem 24 jam seperti di Indonesia. Namun, masih banyak juga yang terbalik dalam pengucapannya.

AM merupakan singkatan dari ante meridiem, dimana digunakan untuk menyebutkan waktu mulai dini hari 00.00 hingga tengah hari pukul 11.59. Sementara PM adalah singkatan dari post meridiem, yang digunakan untuk menyebutkan waktu mulai pukul 12.00 siang hingga tengah malam pukul 23.59.

AM dan PM digunakan dalam situasi yang tidak terlalu formal dan cara pengucapannya termasuk mudah. Contohnya seperti: 10.15 (ten fifteen am), 11.47 (thirteen minutes to twelve pm).

Bagaimana? Gampang bukan membaca waktu dalam bahasa inggris? Coba bca juga materi tentang Penggunaan In, On dan At untuk Mendeskripsikan Waktu. Umumnya pemilihan to be tersebut membuat bingung. Semoga bermanfaat ya!

vote
Article Rating