menghafal kosakata bahasa inggris

Cara Efektif Menghafal Kosakata Bahasa Inggris – Ketika belajar bahasa inggris itu berarti kita harus mau belajar tentang kosakata dalam bahasa inggris pula. Jika kamu tidak mengerti satu pun kosakata bahasa inggris tentunya sangat mustahil bukan untuk bisa jago berbahasa inggris?. Kosakata atau yang lebih dikenal dengan vocabulary merupakan salah satu dasar yang harus kamu kuasai ketika memulai belajar bahasa inggris. Semakin banyak kosakata bahasa inggris yang kamu kuasai kemampuan dalam berbicara bahasa inggris pun semakin mudah untuk di asah. Berbeda jika kamu hanya memiliki sedikit kosakata bahasa inggris. Alih-alih ingin lancar berbahasa inggris kamu malah akan berhadapan dengan kesulitan merangkai kata karena terbatasnya vocabulary yang dimiliki.

Untuk bisa menguasai kosakata bahasa inggris ini usaha yang dilakukan memang harus ekstra. Bahasa inggris yang memang merupakan bahasa asing mengharuskan kita untuk menghafal satu persatu kosakata yang ada. Masalahnya ketika proses menghafal seringkali kita lupa dengan kosakata bahasa inggris yang sudah kita dapat sebelumnya. Kita lebih fokus kepada kosakata bahasa inggris yang baru kita dapatkan lagi. Sehingga kamu harus melakukan pengulangan dan sulit untuk dalam proses memperkaya kosakata bahasa inggris. Jika kamu mengalami hal serupa jangan buru-buru menyerah guys. Karena semua masalah pasti ada solusinya bukan?. Lalu seperti apa sih cara efektif untuk menghafal kosakata bahasa inggris ini?. Berikut kami berikan tips nya untuk kamu semua guys!.

Cara Efektif Menghafal Kosakata Bahasa Inggris

Dalam menghafal kosakata bahasa inggris yang sangat perlu kamu perhatikan adalah jangan sekedar mengingat kata per kata beserta artinya saja. Kamu harus terus memahami, melakukan pengulangan dan terus mempraktikkannya. Untuk bisa menghafal kosakata bahasa inggris dengan lebih efektif kamu bisa juga menerapkan tips berikut ini guys.

1. Construct Sentence

Tujuan dalam menghafal kosakata bahasa inggris tentunya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris. Nah agar tujuan utama ini tercapai kamu harus bisa melakukan proses menghafal vocabulary atau kosakata bahasa inggris yang sekaligus bisa mendukung peningkatan skill dalam menulis dan juga berbicara. Cara yang bisa digunakan adalah dengan menerapkan “construct sentence” dalam menghafal kosakata bahasa inggris.

Construct sentence bisa diartikan dengan menerapkan kosakata bahasa inggris ke dalam sebuah kalimat. Jadi ketika melakukan proses menghafal kita bukan hanya menghafal kata dan artinya saja. Tetapi langsung melakukan praktik dengan menerapkan nya ke dalam sebuah kalimat. Tidak harus langsung menggunakan kalimat yang panjang mulai lah dari kalimat yang sederhana.

Langkah-langkah penerapan kosakata bahasa inggris ke dalam sebuah kalimat ini bisa kamu lakukan dengan cara seperti berikut:

  • Buatlah kalimat atau sentence dari kosakata bahasa inggris yang sedang kamu hafalkan
  • Ulangi kalimat yang sudah kamu buat dan ucapkan dengan lantang
  • Lanjutkan dengan membuat kalimat yang berhubungan dengan kalimat sebelumnya
  • Hubungkan antara kalimat satu dengan lainnya menggunakan penghubung dalam bahasa inggris, bisa menggunakan and, or, if, than dan sebagainya
  • Baca dan ulangi kalimat yang telah kamu buat berulang kali sampai kamu benar-benar memahaminya

Contoh ketika kamu sedang menghafalkan kata sepeda (bicycle) :

I have a bicycle

I have a bicyle, my bicycle is expensive

I have a bicyle and my friend have a expensive bicyle

2. Phrase Not Word

Selain menerapkan nya dalam sebuah kalimat (construct sentence) cara yang kedua untuk bisa menghafal kosakata bahasa inggris dengan efektif adalah menghafal dalam bentuk frasa. Contoh jika kita sedang menghafal kata sepeda, jangan hanya menghafal¬†bicycle saja. Tetapi hafal kan dalam bentuk frasa, contohnya “blue bicycle” – sepeda biru, “expensive bicycle” – sepeda mahal.

Sekali lagi ketika menghafal kosakata bahasa inggris jangan lakukan dengan sekedar menghafal kata demi kata. Jika kamu terus melakukan hal ini akan sulit untuk bisa mengembangkan kemampuan bahasa inggris mu. Semisal ketika kamu sedang menghafal kata sepeda. Kemudian kamu ingin mengatakan rangkaian kata berupa sepeda biru. Ketika kamu menghafal kata per kata kamu akan mengatakan sepeda biru dalam bahasa inggris dengan “bicycle blue“. Begitu pula dengan kata-kata lain, dan yang pasti kesalahan ini tidak bisa terus di ulang bukan?.

Dengan memahami kosakata bahasa inggris dalam bentuk frasa akan membuat menghafal kosakata berlangsung dengan lebih mudah terutama bagi pemula. Kesalahan-kesalahan sudah bisa teratasi dengan pemahaman yang tidak hanya berdasarkan kata demi kata saja.

Nah jadi seperti itu guys tips yang bisa kamu gunakan untuk bisa menghafal kosakata bahasa inggris dengan efektif. Materi ini bisa juga kamu simak melalui video teaching tutorial di bawah ini. Semoga materi kali ini bisa membantu kamu semua dalam proses menghafal kosakata bahasa inggris ya guys.

Materi lain yang bisa kamu baca: Butuh Berapa Jam untuk Belajar Bahasa Inggris?