cara efektif belajar bahasa inggris

Ketika kamu ingin mahir berbahasa inggris tentu ada proses yang harus dilewati. Nah dalam melewati proses ini ternyata tidak sedikit orang yang akhirnya menyerah. Merasa waktunya terbuang sia-sia karena belum juga memberikan hasil meskipun sudah belajar dalam waktu yang lama. Kemudian terbentuk lah mindset bahwa bahasa inggris itu susah untuk dipelajari. Padahal pada kenyataannya jika kamu bisa melakukannya dengan konsisten dan terus menerus menjadi mahir berbahasa inggris sangat bisa dilakukan.

Jangan terburu-buru memutuskan untuk menyerah guys. Kamu harus terus mencari cara yang tepat agar bisa mewujudkan keinginan untuk mahir berbahasa inggris. Nah kali ini kita memiliki 6 cara efektif belajar bahasa inggris yang harus kamu coba. Dengan cara belajar bahasa inggris ini kamu bisa menguasai bahasa inggris dalam waktu yang lebih cepat. Eits, cepat di sini bergantung dengan masing-masing diri ya guys. Bukan cepat yang ditentukan oleh waktu semisal 1 atau 2 hari. Tetapi lebih kepada memanfaatkan waktu yang ada dengan lebih efektif.

Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris

Berikut 6 cara efektif belajar bahasa inggris yang harus kamu lakukan.

1. Perbanyak vocabulary dengan menghafal dan memahaminya

Jangan pernah berhenti untuk memperbanyak penguasaan vocabulary guys karena salah satu dasar bahasa inggris ya ada di sini. Kamu harus terus mencari vocabulary baru kemudian menghafal dan memahaminya. Cara paling mudah adalah tuliskan saja vocabulary baru mu dalam kertas-kertas kecil. Kemudian tempel kan kertas tersebut ditempat yang sering kamu lewati. Kamu akan otomatis membacanya, kemudian akhirnya hafal dan jangan lupa juga untuk memahaminya. Mudah bukan guys?. Jadi tidak selalu harus menyisihkan waktu berjam-jam untuk menghafal vocabulary bahasa inggris. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif. Baca caranya di: Cara Efektif Menghafal Kosakata Bahasa Inggris.

2. Jangan malas untuk membaca

Selama proses belajar kamu harus mencoba untuk memperbanyak membaca. Mengapa demikian? dengan membaca kamu akan banyak mendapatkan pengetahuan baru tentang bahasa inggris. Salah satu yang bisa kamu dapatkan adalah kosakata baru tentunya. Dengan membaca kamu akan mengetahui mana yang sudah kamu pahami dan mana yang masih belum kamu pahami. Kamu bisa melakukan evaluasi dari proses membaca ini.

3. Biasakan diri dengan bahasa inggris

Cara efektif belajar bahasa inggris selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah membiasakan diri dengan bahasa inggris. Hal ini sangat penting untuk kamu lakukan guys. Jika kamu memiliki banyak vocabulary dan juga segudang teori tentang bahasa inggris tetapi tidak hanya ‘menyimpannya’ saja ya tentu tidak akan menghasilkan apa pun. Kamu harus melakukan praktik dari berbagai teori yang sudah kamu miliki. Dengan terus melakukan praktik dan berlatih maka kamu akan terbiasa dengan bahasa inggris. Belajar bahasa inggris pun akan lebih mudah dijalani.

Pembiasaan diri dengan bahasa inggris pun bisa kamu lakukan dengan cara yang sangat sederhana. Jika kamu belum memiliki lawan berbicara bahasa inggris ada dua cara yang bisa kamu lakukan guys. Menonton film atau video dalam bahasa inggris dan juga mendengarkan lagu bahasa inggris.

4. Berteman dengan orang yang jago bahasa inggris

Pembiasaan bahasa inggris bisa juga kamu lakukan dengan berada di lingkungan berbahasa inggris tentunya. Untuk bisa mendapatkan lingkungan seperti ini kamu harus berteman dengan orang-orang yang jago berbahasa inggris. Tidak harus selalu native speaker kok guys, setidaknya cari teman yang sudah mahir berbahasa inggris. Hal ini dilakukan untuk terus melatih kemampuan bahasa inggris yang kamu miliki. Sebagai wadah praktik dari semua teori yang sudah kamu dapatkan.

Selain untuk dijadikan wadah berlatih berteman dengan orang yang jago bahasa inggris pun bisa memberikan motivasi lebih pada diri kalian. Melihat betapa mahir nya mereka dalam berbahasa inggris akan memicu kamu untuk lebih giat dalam berlatih.

5. Manfaatkan internet

Jika kamu mengalami kesulitan dalam proses belajar internet sangat bisa kamu manfaatkan. Puluhan bahkan hingga ratusan jawaban akan tersaji dengan cepat. Meskipun demikian kamu tetap harus memilih beberapa jawaban dengan membandingkan referensi satu dengan lainnya ya guys.

Kemudian internet juga bisa kamu manfaatkan untuk melakukan praktik bahasa inggris secara online. Jika kamu sulit menemukan teman yang jago bahasa inggris secara langsung internet bisa membantu mu untuk menemukannya. Kamu bisa mencari komunitas belajar bahasa inggris online sebagai wadah praktik guys. Atau mencari teman asli bule yang juga bisa kamu manfaatkan untuk melatih bahasa inggris mu.

6. Mengikuti kursus

Cara efektif belajar bahasa inggris selanjutnya adalah dengan mengikuti kursus bahasa inggris. Jika kamu bukan orang yang bisa belajar sendiri atau otodidak mengambil program kursus adalah solusi yang harus kamu lakukan. Kamu bisa mendapatkan pembimbing dan juga partner yang bisa membantu dalam proses belajar. Agar proses berjalan dengan efektif tentunya kamu tidak boleh sembarangan memilih lembaga kursus bahasa inggris. Kamu harus tetap jeli dalam memilih agar hasil yang didapatkan sesuai dengan yang kamu inginkan.

Salah satu tempat kursus bahasa inggris yang bisa kamu pilih adalah Kampung Inggris Pare. Kamu bisa memilih program sesuai dengan keinginan yang ditawarkan oleh lembaga-lembaga yang ada di Kampung Inggris. Kemudian adanya camp English area juga bisa membuat proses belajar yang kamu lakukan jadi lebih efektif guys. Dan LC Kampung Inggris adalah salah satu lembaga terpercaya yang bisa kamu jadikan pilihan di Kampung Inggris Pare.

Nah sekarang sudah tau kan bagaimana cara efektif dalam belajar bahasa inggris yang bisa kamu lakukan. Tidak serumit yang kamu bayangkan bukan?. Jika kamu memiliki kemauan yang kuat pasti banyak cara guys untuk bisa mewujudkannya. Jadi masih mau menunda-nunda untuk belajar bahasa inggris?. Atau masih mau berhenti sampai di sini saja?. Yuk terus semangat belajar bahasa inggris nya guys !!!!!

  •  
    2
    Shares
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •