cara belajar bahasa inggris cepat

Ada banyak alasan yang melatarbelakangi seseorang untuk menerapkan cara belajar bahasa Inggris yang tepat. Bagaimana dengan kalian? Apa kalian sedang mencari metode-metode yang sesuai buat memahami bahasa tersebut?

Saat ini, penguasaan bahasa Inggris jadi kebutuhan di sejumlah negara. Apalagi di era globalisasi seperti sekarang yang mengharuskan kamu berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai belahan di dunia. Supaya komunikasi kalian tidak terbentur masalah bahasa, berikut ini ada 5 metode yang bisa membantu kalian menguasai bahasa Inggris.

Cara Belajar Bahasa Inggris Tepat dan Cepat

1. Pakai media-media di kehidupan sehari-hari

Kalian suka membaca? Mendengarkan musik? Atau menyaksikan film? Dalam hal ini, media-media yang kamu gunakan atau gemari dalam kehidupan sehari-hari dapat membantu kalian menyelami bahasa Inggris dengan cepat. Misalnya, kalau kalian suka mendengarkan musik, pilihlah lagu-lagu dari musisi luar negeri atau yang berbahasa Inggris. Hal tersebut akan membiasakan telinga kalian dengan kosakata bahasa tersebut. Begitu pula dengan membaca, biasakan diri menyimak buku-buku bahasa Inggris. Nah, menonton film terbilang efektif buat kalian yang ingin menelaah bahasa dari segi audio-visual.

2. Mengikuti kursus bahasa offline maupun online

Kalau kamu merasa belajar bahasa Inggris kurang maksimal, jangan sungkan mendaftarkan diri ke tempat-tempat kursus. Tidak seperti sekolah, tempat kursus punya sesi belajar-mengajar yang lebih efektif, sebab jumlah siswa dalam satu kelas lebih sedikit. Pengajarnya pun menyampaikan materi lewat metode yang lebih fleksibel dan bisa kalian pahami dengan cepat. Selain itu, sekarang kalian bisa ikut kursus online kalau tidak punya biaya daftar ke tempat kursus. Materi yang disampaikan dalam kursus online pun sama efektinya untuk diterapkan dalam cara belajar bahasa Inggris.

3. Belajar dengan teman yang sudah lancar/pandai

Selain mempelajari teori, kalian juga membutuhkan praktik untuk memoles kemampuan berbahasa. Salah satu metode ampuh yang dapat dilakukan adalah belajar bersama teman-teman yang sudah lihai atau lancar berbahasa Inggris. Tidak usah malu, apalagi kalau kawan-kawan kalian suportif dan selalu mau membantu. Memahami bahasa Inggris dengan cara ini akan mengasah keterampilan kalian dalam mendengar dan berbicara. Dengan begitu, saat menghadapi tes, kalian tak akan kebingungan mencerna soal-soal yang diberikan.

4. Kumpulkan dan hafalkan kosakata bahasa Inggris

Vocabulary atau kosakata termasuk komponen dalam bahasa Inggris yang sering kali dikeluhkan, karena sulit diingat. Sebenarnya, menghafalkan kosakata bahasa Inggris membutuhkan waktu dan ketekunan dari kalian sendiri. Supaya kalian tidak cepat lupa, catatlah kata-kata tersebut dalam buku saku, lantas bawa ke mana pun atau tempelkan di tempat yang terus terlihat mata kalian. Jika ingin lebih detail, kamu bisa kelompokkan kosakata tersebut sesuai kategori. Mengumpulkan dan menghafalkannya sedikit demi sedikit akan membantu kalian mengingatnya dalam waktu lama.

5. Memasukkan bahasa Inggris dalam kebiasaan

Agar metode-metode di atas memberikan hasil maksimal, maka jadikanlah pemakaian bahasa Inggris sebagai kebiasaan. Contohnya, buat status berbahasa Inggris di media sosial. Batasan karakter dalam jejaring sosial akan melatih kalian merangkai kalimat efektif. Kalian juga bisa menulis ulasan berbahasa Inggris untuk film yang baru ditonton atau buku yang baru dibaca. Jangan pedulikan pendapat orang-orang yang menganggap kami sok Inggris. Ingatlah tujuan kalian di sini adalah menguasai bahasa Inggris bukannya ingin dipuji atau terlihat cerdas.

Semoga enam cara belajar bahasa Inggris di atas membantu kalian buat menguasai dan mempraktikan bahasa ini! Tips mengenai cara belajar bahasa inggris lainnya bisa juga kamu baca di: Tips Bagi Kamu Tentang Cara Belajar Bahasa Inggris.