Cara asik belajar bahasa inggris

Bahasa Inggris sebenarnya merupakan bahasa yang tidak sulit untuk dipelajari. Dalam beberapa hal memang akan ditemukan perbedaan dengan bahasa Indonesia seperti pada aspek grammar. Tetapi ada beberapa cara asik belajar bahasa inggris yang bisa membuat kalian lebih mudah dan lebih cepat memahami bahasa Inggris serta mengenal lebih banyak kosa kata. Berikut ini beberapa cara seru belajar bahasa Inggris yang bisa kalian coba. Beberapa di antaranya dapat kalian lakukan sendiri; sedangkan beberapa yang lain akan membutuhkan rekan untuk melakukannya.

Cara Asik Untuk Belajar Bahasa Inggris

a. Membaca buku berbahasa Inggris

Cara ini merupakan salah satu cara yang paling mudah dan praktis. Ada banyak buku dalam bahasa Inggris yang bisa ditemukan dan dibaca. Kelebihan cara ini ada pada aspek kepraktisan karena bisa dilakukan sendiri. Membaca buku dalam bahasa Inggris bisa mempercepat proses memahami grammar dan menghafal kosa kata. Ada baiknya untuk memilih jenis buku yang menggunakan bahasa Inggris baku karena akan lebih bermanfaat jika dipandang dari sudut proses belajar bahasa Inggris.

b. Mendengarkan lagu berbahasa Inggris

Mendengarkan lagu yang dinyanyikan dalam bahasa Inggris merupakan cara asik belajar bahasa inggris yang lain. Mendengarkan lagu bisa mengasah kemampuan listening atau mendengarkan ucapan dalam bahasa Inggris. Jika kalian turut bernyanyi ketika mendengarkan lagu; maka secara tidak langsung kalian juga belajar berbicara atau melakukan pronounciation dengan contoh penyanyi yang tengah didengarkan. Cara belajar bahasa Inggris dengan mendengarkan lagu ini dapat memberi hasil terbaik jika dikombinasikan dengan membaca teks lagu dan turut menyanyikan lagunya.

c. Menonton film berbahasa Inggris

Film berbahasa Inggris bisa menjadi sebuah media belajar yang seru dan menantang. Menonton film dapat menjadi perpaduan cara belajar dengan membaca buku dan mendengarkan lagu. Kalian bisa mengawalinya dengan menonton film sambil mengaktifkan subtitle dalam bahasa Inggris. Pada fase ini kalian akan belajar mendengarkan ucapan para aktor sambil membaca subtitle yang muncul. Usahakan untuk memilih film original karena umumnya telah dilengkapi dengan subtitle yang baik. Jika kalian ingin mendapatkan tantangan yang lebih seru setelah merasa cukup mampu mendengar dan memahami ucapan di dalam film; maka mematikan subtitle bisa kalian coba. Pilihan tersebut akan memberi kalian kesempatan berlatih mendengar sekaligus memahami ucapan aktor yang ada di dalam film layaknya mendengarkan sebuah conversation.

d. Bermain game yang menggunakan bahasa Inggris

Ada beberapa game yang sangat cocok digunakan untuk belajar bahasa Inggris; salah satunya adalah Scrabble. Permainan ini merupakan jenis permainan papan dimana pemainnya bertugas menyusun huruf yang dibagikan secara acak menjadi sebuah kata dalam bahasa Inggris. Terdapat aturan terkait penilaian dari kata – kata yang dibuat oleh para pemain. Kekayaan vocabulary dan kejelian pada pilihan penyusunan kata bisa membuat peluang seorang pemain memenangkan permainan menjadi semakin besar.

e. Berbicara dengan orang asing yang berbahasa Inggris

Berbicara dengan orang asing dengan menggunakan bahasa Inggris merupakan salah satu cara asik belajar bahasa Inggris untuk melatih kemampuan bercakap – cakap. Jika orang asing yang kalian ajak bicara memang berbahasa Inggris dalam kehidupan sehari – harinya; maka kalian secara langsung akan berlatih conversation dengan seorang native speaker. Kecakapan dalam melakukan conversation bisa diasah dengan sangat baik melalui cara ini. Faktor keberanian dan menemukan kesempatan untuk bercakap – cakap bisa menjadi tantangan tersendiri bagi siapapun.

f. Bergabung dengan komunitas bahasa Inggris

Menjadi bagian dari komunitas bahasa Inggris bisa menjadi keputusan yang sangat bermanfaat untuk mempelajari bahasa tersebut. Cara ini bisa menjadi pilihan yang jauh lebih santai jika dibandingkan dengan berbicara dengan orang asing karena rekan yang diajak berbicara merupakan sesama orang yang belajar bahasa Inggris. Kelemahannya ada pada kebutuhan seseorang yang menguasai bahasa Inggris sebagai penengah yang membenarkan jika terjadi kesalahan.

Salah satu solusi untuk mendapatkan cara asik belajar bahasa inggris bersama komunitas berbahasa Inggris adalah bergabung dengan Kampung Inggris LC. Kalian akan mendapatkan sebuah lingkungan belajar bahasa Inggris yang kondusif untuk belajar dengan cepat karena lingkungan tempat aktivitas belajar juga serba berbahasa Inggris. Selain itu juga akan ada pemandu yang membantu kalian jika mengalami kesulitan dalam melakukan praktek berbahasa Inggris.

Mau langsung DAFTAR SEKARANG? Bisa Banget !!! Langsung saja isi formulir online DI SINI.

(Baca juga: Mengenalkan Idiom Pada Anak)