Menghabiskan akhir pekan untuk merefresh diri tentu menjadi pilihan bagi setiap orang. Tanpa terkecuali bagi para peserta kursus yang ada di Kampung Inggris Pare. Setelah menjalani proses belajar yang padat tentunya mereka membutuhkan waktu untuk membuat diri fresh kembali. Pada saat kamu berada di Kampung Inggris Pare tidak perlu bingung ingin menghabiskan akhir pekan dengan cara seperti apa. Kamu bisa melakukan banyak hal yang mungkin lebih seru jika dibandingkan dengan menghabiskan akhir pekan di daerah asalmu.

Salah satu pilihan aktivitas akhir pekan yang bisa kamu jalani ketika berada di Kampung Inggris adalah mengunjungi tempat wisata yang ada di sekitaran Kampung Inggris Pare. Menikmati akhir pekan dengan cara seperti ini memberikan sensasi tersendiri. Hanya dengan menggunakan sepeda kamu sudah bisa mengunjungi beberapa tempat menarik yang paling dekat dengan Kampung Inggris. Termasuk dua situs bersejarah yaitu Candi Tegowangi dan Candi Surowono.

Kedua candi ini merupakan tempat berakhir pekan yang cukup epik yang wajib kamu coba untuk kunjungi guys. Untuk kamu yang suka hunting foto pun sangat pas menjadikan dua tempat ini sebagai tujuan di akhir pekan. Selain itu kamu juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk bisa menikmati akhir pekan yang tentunya akan tetap seru.

Seperti apa gambaran dari kedua tempat wisata ini? berikut ulasan singkatnya untuk kalian semua.

Candi Tegowangi

candi tegowangi kabupaten kediri

Candi Tegowangi ini berada di sebelah barat kota Pare, tepatnya berada di Dusun Candirejo, Desa Tegowangi, Plemahan. Menjadi salah satu situs sejarah yang dimiliki oleh Kabupaten Kediri kamu bisa mencapai tempat ini dengan waktu tempuh 15 – 20 menit dari kawasan Kampung Inggris Pare dengan menggunakan sepeda.

Candi yang menjadi peninggalan masa hindu ini memiliki bentuk berupa bujur sangkar dengan ukuran 11,2 x 11,2 m dan tinggi sekitar 4,35 m. Bentuknya memang hanya sebatas bujur sangkar dan tidak terlalu besar tetapi relief-relief yang ada pada candi ini tidak kalah epik dari candi lainnya. Selain menikmati relief yang terpahat pada seluruh sudut candi ada juga arca-arca di lingkungan candi yang bisa kamu jadi objek berfoto yang tentunya tidak kalah epik.

Pepohonan yang ada di sekitaran Candi Tegowangi membuat suasana di tempat ini sangat fresh. Jadi pas banget sebagai tempat untuk menghilangkan penat. Selain itu di sekitaran Candi Tegowangi ada juga petani lebah dengan hasil madu terbaik. Kamu yang suka mengkonsumsi madu bisa sekaligus membelinya langsung dari petani. Oh iya, untuk bisa menikmati keindahan candi ini kamu hanya perlu membayar secara sukarela.

Candi Surowono

candi surwono pare kediri

Candi Surowono terletak di Desa Canggu, Kecamatan Pare tepatnya ke arah timur kota Pare. Untuk waktu tempuh menuju candi ini berkisar antara 15 – 20 menit dengan menggunakan sepeda dari kawasan Kampung Inggris. Candi Surowono bentuknya sudah tidak utuh lagi, kondisi saat ini memiliki ukuran 8 x 8 meter. Terdapat tatanan bebatuan candi di area depan Candi Surowono menambah kesan epik.

Kamu bisa menikmati pahatan relief di bebatuan candi meskipun kondisinya sudah tidak utuh lagi. Kamu bisa dengan mudah menemukan sudut menarik untuk berfoto ria ketika berada di Candi Surowono ini.

Jika belum puas, kamu pun bisa sekalian berkunjung ke Gua Surowono yang berjarak sekitar 5 menit dari lokasi candi. Di gua ini kamu bisa melakukan petualangan seru menyusuri area gua. Jangan lupa membawa baju ganti jika kamu berencana untuk mengunjungi tempat ini ya guys.

Itu tadi guys pembahasan singkat mengenai situs sejarah epik sekitaran Kampung Inggris Pare, yaitu Candi Tegowangi dan Candi Surowono. Memilih kedua tempat ini sangat harus kamu coba loh guys ketika berada di Kampung Inggris Pare nanti. Selain merupakan wisata murah kamu pun bisa sekaligus belajar tentang sejarah. Menarik untuk di coba bukan?. Yuk kapan nih kamu datang ke Kampung Inggris Pare?. Kami tunggu kedatangan kalian semua ya guys.

  • 3
    Shares