jago bahasa inggris

Ketika sedang atau akan mempelajari Bahasa Inggris, beberapa orang mungkin akan bertanya-tanya tentang seberapa lama untuk bisa jago bahasa inggris. Secara garis besar, tentunya jangka waktu ini tergantung berdasarkan banyak faktor.

Seberapa kuat keinginanmu?

Beberapa faktor tersebut di antaranya. Seberapa kuat keinginan kamu untuk mahir berbahasa Inggris. Jika kamu hanya ingin menguasai Bahasa Inggris hanya untuk pengetahuan saja, waktu yang dibutuhkan mungkin akan berbeda jika kamu harus menguasai Bahasa Inggris karena akan mengikuti pertukaran pelajar selama beberapa waktu di luar negeri. Dengan keinginan yang semakin kuat, maka semangkin singkat pula waktu yang akan kamu butuhkan. Hal ini dikarenakan faktor dalam diri kamu sendiri yang secara tidak langsung terus memacu dirimu untuk melahap segala pengetahuan baru yang berkaitan dengan Bahasa Inggris.

Penguasaan grammar

Pendalaman penguasaan Bahasa Inggris juga terletak dalam seberapa jauh seseorang dapat memahami perbedaan maksud dalam sebuah kalimat dengan variasi penggunaan tenses. Contohnya, kata walk yang berarti berjalan adalah satu kata yang diketahui oleh banyak orang. Namun, tidak semuanya dapat membedakan makan kata are walking, walked, has walked, has been walked, has beed walked, will walk, (to be) going to walk, will be walking, will have walked dan masih banyak lagi. Semua kata itu sebenarnya hanya menjelaskan kegiatan berjalan. Namun karena variasi tenses yang melekat pada kata walk, maka makna yang disampaikan pun bisa berbeda untuk setiap penggunaannya.

Padahal, jika ditinjau lebih dalam, tenses hanyalah salah satu bagian dalam grammar, atau tata bahasa. Di dalam aturan tata bahasa dalamm Bahasa Inggris, masih terdapat banyak hal yang perlu kamu ketahui.

Penguasaan kosakata

Namun di sisi lain, mampu mengetahui, membedakan, serta menggunakan setiap tenses yang ada juga tidak menjadikan seseorang lantas menjadi mahir dalam berbahasa Inggirs. Bahasa Inggris tidak hanya digunakan sebagai bahan uji tes untuk masuk ke perguruan tinggi atau tes CPNS. Namun, Bahasa Inggris merupakan suatu sistem bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi dengan banyak orang dari berbagai macam negara. Fungsinya sebagai Bahasa Internasional menjadikan Bahasa Inggris digunakan oleh masyarakat luas. Jika dalam berkomunikasi, hal yang sangat dibutuhkan sesungguhnya bukanlah penguasaan tata bahasa, namun kosakata. Akan sia sia saja apabila kamu mengetahui seambrek aturan dalam Bahasa Inggris namun tidak bisa mengeluarkan kata yang kamu maksud ke dalam Bahasa Inggris. Jika tujuanmu dalam mempelajari Bahasa Inggris adalah untuk berkomunikasi, maka hal utama yang perlu kamu pelajari adalah kosakatanya.

Alat untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris

Selain itu, kamu juga harus tahu bahwa kemampuan berbahasa Inggris seseorang sebenarnya dapat dimasukkan dalam tingkatan tertentu. Tingkatan ini menggunakan acuan dari instrumen yang menetapkan standarnya masing-masing. Sehingga, kamu tidak bisa dengan mudah mengatakan bahwa seseorang telah mempunyai kemampuan yang bagus tanpa melalui tes terlebih dahulu.

Pembagian tingkatan ini umumnya dibagi dalam 4 tingkatan; yaitu beginner (pemula), intermediate (menengah), advanced (lanjutan) serta fluent (fasih). Beberapa alat yang bisa digunakan untuk menentukan standar kemampuan berbahasa Ingris adalah CEFR, GSE, TOELF, TOEIC, IELTS, serta CEFR.

Dalam CEFR, terdapat beberapa klasifikasi diantaranya A1 (beginner), A2 (elementary), B1 (intermediate), B2 (upper intermediate) C1 (advanced), C2 (proficient). Berdasarkan standar yang dimiliki oleh CEFR, jika seseorang ingin mencapai kemampuan beginner atau pemula, maka ia harus belajar selama kurang lebih 180 jam. Level elementary membutuhkan waktu sekitar 180 higga 200 jam. Level intermediate (menengah) harus ditempuh dalam 350 sampai 400 jam). Level upper intermediate bisa dicapai dengan belajar Bahasa Inggris selama kurang lebih 500 hingga 600 jam. Level advanced (lanjutan) bisa ditempuh dengan mempelajari seluruh aspek dalam Bahasa Inggris selama 700 hingga 800 jam. Sementara level tertinggi, proficient, membutuhkan waktu 1000 hingga 1200 bagi rata-rata orang untuk mempelajari Bahasa Inggris.

Untuk sedikit informasi, jika kamu ingin tinggal di Inggris, maka setidaknya kamu harus berada dalam level B1 agar bisa bertahan hidup di sana dengan mudah. Namun, tentunya ada banyak hal yang bisa kamu lakukan agar jago bahasa inggris.

Artikel menarik lainnya yang bisa juga kamu baca: Cara Mudah Mengajak Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •