Berapa Jam untuk belajar bahasa inggris

Menggapai cita-cita untuk kuliah di luar negeri, atau mendapat pekerjaan benefit di PBB (misalnya), tentunya bukan hal yang mustahil. Selain kecakapan intelektual, Bahasa inggris adalah salah satu kunci kesuksesan kita bisa go international. Contoh simpelnya, bagi kamu yang akan mendaftar beasiswa ke luar negeri pasti salah satu persyaratannya adalah sertifikat Bahasa inggris seperti IELTS, TOEFL, atau TOEIC, atau lainnya. Namun mendapat skor tinggi dan fasih berbahasa inggris bagi kita, orang Indonesia, nampaknya butuh perjuangan yang lebih keras lagi. Karena kita bukanlah English native speaker, bahkan Bahasa inggris tidak menjadi second language di negara kita. But it’s OK, tidak ada yang tidak mungkin jika kita mau belajar! Namun pertanyaannya… kira-kira, butuh berapa lama ya kita belajar Bahasa inggris sampai lancar?

Kapan Anda Mulai Belajar Bahasa Inggris?

Jawabannya sangat tergantung pada saat kapan kita mulai belajar Bahasa inggris. Mungkin Anda pernah mendengar bahwa di usia balita, otak anak-anak sedang berkembang, sehingga mereka sedang dalam masa mudah sekali menerima informasi, kemudian ditiru dan dilakukan. Anak-anak yang ikut pindah Bersama orang tuanya untuk menetap di luar negeri, umumnya akan lebih mudah beradaptasi dengan Bahasa baru di tempat baru. Sama halnya dengan belajar Bahasa inggris. Usia adalah faktor penting untuk menjawab pertanyaan “butuh berapa jam untuk belajar Bahasa inggris?”. Hal ini disampaikan juga oleh seorang Profesor Linguistik dari Norwegian University of Science and Technology, Mila Vulchanova. Menurut beliau, terdapat masa atau usia yang sensitif terhadap Bahasa, yaitu dimulai sejak masih bayi, kemudian semakin berkembang ketika balita, anak-anak, dan sensitivitas tersebut akan mulai menurun sejak masuk masa pubertas atau remaja. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan anak-anak imigran yang kemudian tinggal di United Kingdom, sangat banyak anak umur di bawah 11 tahun yang dengan mudah belajar Bahasa inggris bahkan sampai fasih, hanya dalam 6 bulan.

Bagaimana jika ada yang merasa “telat” belajar Bahasa inggris? Karena tidak semua orang tua mulai mengenalkan Bahasa inggris kepada anak-anaknya, atau bahkan ada yang baru saja belajar Bahasa inggris menginjak masa tua. Apakah itu hal mustahi? Tentu tidak. Jika ada kemauan yang kuat untuk belajar Bahasa inggris, tentu saja semua akan menjadi lebih mudah. Hanya saja, mungkin cara dan lama belajar orang dewasa akan berbeda dari anak-anak. Tentu karena sensitivitas mereka terhadap Bahasa berbeda. Orang dewasa mungkin butuh lebih banyak waktu untuk mencerna, memahami, bahkan menghafal vocab dan tenses. Sedangkan anak-anak cenderung lebih banyak meniru, kemudian terbiasa, dan lama kelamaan menjadi bisa (automatically thinking). Orang dewasa umumnya akan lebih cepat menangkap pelajaran reading dan writing, mungkin Anda bisa memulai pelajaran Bahasa inggris Anda dengan kedua poin tersebut. Sedangkan anak-anak lebih mudah fasih speaking dan listening.

Nah, mungkin, jika Anda baru saja memulai belajar Bahasa inggris saat dewasa, artinya Anda butuh effort lebih besar dan waktu yang lebih lama untuk belajar. Jika di ibaratkan, seseorang yang hendak menjadi perenang yang baik harus masuk ke kolam dan mulai berenang. Mempelajari teori tentang berenang saja tentu tidak cukup, bukan? Maka sama halnya dengan belajar Bahasa inggris. Jika Anda ingin lancar berbahasa inggris, immerse yourself into English, “tenggelamkan diri” Anda ke dalam Bahasa inggris. Artinya, semakin banyak kita berinteraksi (mendengar, membaca, berbicara, dan menulis) dengan Bahasa inggris, maka semakin cepat kita bisa menguasainya. Maka pertanyaan selanjutnya, Bagaimana Anda belajar Bahasa inggris? Jika Anda dalam sehari hanya mengerjakan soal tanpa menggunakan media lain untuk belajar Bahasa inggris, maka akan sulit bagi Anda untuk menguasai speaking dan listening. Maka, “menenggelamkan” diri adalah salah satu trick bagi kita yang belajar English di negara non-English. Good luck!

Materi lain yang bisa kamu pelajari: BELAJAR BAHASA INGGRIS? COBA CARA SIMPEL INI!