listening bahasa inggris

Ada beberapa aspek penting dalam bahasa Inggris, seperti speaking, reading, writing dan listening bahasa Inggris. Sebagian orang mungkin ada yang hanya menyukai listening dan malas mempelajari aspek lain ketika belajar bahasa Inggris. Bisakah belajar bahasa Inggris hanya dengan listening? Berikut ini penjelasannya.

Belajar Listening Secara Konsisten

Jika kamu bertanya apakah bisa belajar bahasa Inggris hanya dengan listening? Jawabannya tentu bisa, asalkan kamu konsisten saat belajar listening. Listening bisa membuat kemampuan bahasa Inggrismu meningkat dengan cepat. Namun, tentu saja kamu harus tahu cara belajar listening yang tepat seperti apa. Kamu bisa menguasai bahasa Inggris asalkan kamu belajar listening secara konsisten. Bagaimana caranya? Berikut ini kebiasaan-kebiasaan yang bisa kamu lakukan agar meningkatkan kemampuan listeningmu:

  • Bicara Dengan Native Speaker

Bicara dengan native speaker bisa membuat kamu tahu berbagai kosakata baru. Saat kamu bicara dengan native speaker, kamu bisa mendengarkan pelafalan dari kosakata bahasa Inggris sehingga kamu tak hanya belajar vocabulary baru, namun juga mengetahui pelafalan dari kata-kata tersebut. Jika kamu sering bicara dengan native speaker, pastinya kemampuan listening kamu akan meningkat. Saat ini, ada banyak aplikasi yang bisa membuatmu berkomunikasi dengan native speaker. Jadi, tak ada salahnya untuk menggunakan aplikasi tersebut untuk meningkatkan kemampuan listeningmu.

  • Menonton Video Berbahasa Inggris

Siapa yang tidak tahu Youtube? Kamu bisa menemukan banyak video di aplikasi ini. untuk kamu yang ingin segera menguasai listening bahasa Inggris, ada baiknya kamu menonton video-video berbahasa Inggris. Menonton video berbahasa Inggris bisa mengasah kemampuan listening kamu. Tak hanya itu saja, cara ini pun efektif untuk menguasai vocabulary baru dan juga melafalkannya dengan baik. Kamu pasti tahu bahwa kunci keseuksesan dalam mempelajari listening adalah dengan menguasai vocabulary sebanyak mungkin. Semakin kita tahu berbagai vocabulary, maka kita akan semakin peka saat mendengarkan percapakan bahasa Inggris. Pastinya kemampuan listening kamu akan meningkat juga.

  • Mendengarkan Lagu Bahasa Inggris

Ini cara lain agar kamu bisa meningkatkan kemampuan listeningmu. Mendengarkan lagu bahasa Inggris akan membuatmu tahu lebih banyak tentang vocabulary baru sehingga pastinya kemampuan listening kamu akan meningkat juga. Semakin kamu sering mendengarkan lagu bahasa Inggris, maka kemampuan listening kamu akan meningkat.

(Baca juga: Pentingnya Tanda Baca Koma dalam Bahasa Inggris)

Kuasai Aspek Lain Dalam Bahasa Inggris

Selain mencoba beberapa tips di atas, ada hal lain yang harus kamu lakukan untuk segera menguasai bahasa Inggris. Sebaiknya kamu sering berlatih listening, karena latihan adalah kunci kesuksesan dalam menguasai sesuatu. Tak ada salahnya kamu mengunduh beberapa soal listening agar kamu bisa berlatih di rumah. Semakin kamu sering berlatih, maka kemampuan listening kamu akan meningkat. Di internet, kamu akan menemukan banyak rekaman listening dan juga soal-soalnya. Kamu bisa menggunakan itu semua untuk berlatih. Di Zaman sekarang, kamu hanya perlu motivasi untuk belajar dengan giat, karena banyak sekali bahan pelajaran yang bisa kamu gunakan saat kamu ingin menguasai bahasa Inggris.

Kita sudah membahas bahwa kita bisa mengusai bahasa Inggris hanya dengan listening. Memang, listening adalah salah satu aspek pentig dalam bahasa Inggris. Jika kita sudah pintar dalam aspek listening, ada kemungkinan kita pun bisa pintar juga dalam aspek bahasa Inggris lainnya. Namun bagi kamu yang ingin segera menguasai bahasa Inggris, ada baiknya kamu mempelajari semua aspek bahasa Inggris, seperti speaking, reading, writing dan listening. Jika kamu mempelajari semua aspek bahasa Inggris, maka kamu akan segera menguasai bahasa Inggris.

Mulailah dengan aspek speaking. Kamu bisa membiasakan diri kamu untuk berbicara bahasa Inggris. Biasakan saja untuk mengungkapkan apa pun dengan bahasa Inggris. Lambat laun, kemampuan bahasa Inggris kamu pasti akan meningkat. Jangan lupa tentang aspek writing. Cobalah untuk menulis kalimat bahasa Inggris atau menerjemahkan teks bahasa Indonesia ke bahasa Inggris. Aspek reading pun jangan sampai terlupa. Biasakan untuk membaca teks bahasa Inggris agar mendapatkan pengetahuan baru tentang vocabulary dan grammar.

Lalu yang terakhir adalah listening. Kamu bisa mencoba tips yang telah disebutkan di atas. Saat kamu mempelajari semua aspek bahasa Inggris dengan konsisten, kamu pasti bisa menguasai bahasa Inggris dengan cepat. Semoga beberapa informasi di atas tentang listening bahasa Inggris bisa bermanfaat untuk kamu.

[pj-news-ticker]

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •