komunitas bahasa inggris

Belajar bahasa-inggris sendiri tuh ternyata kurang seru loh guys. Kenapa? Karena jika belajar sendiri ada beberapa hal yang membuat cara belajar kita kurang efisien. Nah, ini dia diantaranya :

1. Tidak ada yang mendampingi. Jadi jika kita belajar sendiri, kita tidak akan tahu di mana letak salahnya. Apa gunanya pendamping atau tutor? Gunanya, pastinya dapat mengatur jadwal yang efektif untuk proses pembelajaran yang cocok untuk kemampuan kita.

2. Tidak ada teman untuk melatih kemampuan speaking kita. Iya gak sih? Jika kita belajar bahasa-inggris secara otodidak, kita tidak punya lawan untuk meningkatkan skill speaking kita.

3. Tidak dapat melawan malas. Ini loh guys masalahnya jika belajar sendiri, kalau rasanya sudah malas pasti kita akan berkata “hari ini free dulu deh kayaknya, di lanjut besok aja”. Nah itu sangat tidak efektif dalam proses pembelajaran yang sedang kita jalankan. Karena pasti besoknya sudah lupa materi yang telah kita pelajari akibat tidak mereview.

Lalu jika sudah merasa malas, pasti selanjutnya akan merasakan itu. Bener kan guys?

4. Tidak dapat mengukur kemampuan yang kita miliki. Kok bisa? Gini loh guys jika belajar secara otodidak, kita gak pernah melihat kemampuan orang yang lebih pintar di banding kita. Jadi, kita akan selalu ngerasa udah cukup atau udah sangat bisa.

5. Jika bingung tidak ada teman untuk sharing, ini juga loh guys yang dapat memicu rasa malas. Karena, jika bingung dan tidak mengerti kita akan merasa jenuh. Jadinya akan malas melanjutkan materi itu lagi.

So guys, masih mau belajar sendiri? Baiknya itu jika belajar dengan cara gabung di sebuah komunitas. Karena banyak manfaat yang kita dapatkan. Lagipula hal itu dapat menambah wawasan kita menjadi lebih luas. Dan mengubah sudut pandang kita yang hanya melihat dari satu sisi saja. Selain itu dapat menambah teman juga, yang pastinya tida hanya satu orang tapi banyak.

Nah guys, di sini akan di jabarkan manfaat belajar dengan sebuah komunitas :

 Ada yang mengatur proses belajar kita sesuai kemampuan yang kita miliki, tentunya sekaligus memberikan materi yang dapat menunjang kemampuan kita.

 Ada teman yang dapat meningkatkan kemampuan speaking. Jadi, pastinya akan berlaku English area yang sangat membantu proses belajar kita. Jadi, bayangkan jika belajar secara otodidak di rumah. Siapa yang akan menjadi teman untuk English area yang sedang kita jalankan, iya kan? Nah maka dari itu, teman-teman yang ada di komunitas itu sangat membantu proses perkembangan speaking kita.

 Tidak ada kata malas. Kok bisa? Karena di dalam sebuah komunitas tiap harinya materi akan selalu berjalan ada atau tidaknya kita di sana. Jadi, ketika kita menuruti rasa malas itu maka kita akan ketinggalan materi yang sedang berjalan. Rugi bukan? Rugi pastinya.

 Nah, dengan gabung di sebuah komunitas kita dapat mengukur kemampuan kita. Kenapa? Karena, pasti setelah proses pembelajaran berlangsung akan diadakan ujian. Dengan itulah kita dapat mengukurnya. Yang jika belajar secara otodidak kita tidak dapat melakukannya. Karena tidak ada yang menilai. Dan juga kita dapat mengukurnya dengan kemampuan teman-teman kita. Yang sedang belajar bersama kita. Baik melalui praktek maupun materi.

 Dan lagi, jika mengalami kesulitan selalu ada tutor yang akan siap menjelaskan atau pun teman kita yang lebih mengerti. Pastinya itu sangat membantu proses belajar kita dan tidak membuat kita down.

Itulah beberapa manfaat belajar jika bersama komunitas. Lalu masihkah kita mau belajar secara otodidak? Pertimbangkan yah guys? Banyak manfaatnya loh.

Baca juga: Mengapa Kamu Perlu Belajar Tenses?