biaya kursus kampung inggris pare

Halo semuanya, sudah sampai mana nih persiapan kalian dalam perencanaan untuk belajar di Kampung Inggris Pare? Sudah mulai masih ke perkiraan biaya kah? Nah, pas banget nih sama informasi yang akan kita berikan kali ini. Yap, biaya adalah salah satu persiapan yang sangat penting dilakukan sebelum kamu bepergian kemana pun termasuk ketika ingin belajar di Kampung Inggris. Sebelum masuk ke pembahasan yang utama biaya yang pertama kali harus kamu persiapkan adalah biaya transportasi ke Kampung Inggris ini guys, tentunya berbeda-bedan kan bergantung dari mana kamu berangkat. Informasi mengenai transportasi yang bisa kamu gunakan bisa cek di: Panduan Singkat Menuju Kampung Inggris Pare Kediri. Sembari mencari informasi mengenai biaya tiket dan transportasi mari lanjut ke step selanjutanya. Yap, setidaknya ada tiga poin perencanaan biaya yang harus kamu anggarkan kan guys sebagai persiapan. Apa saja? yuk langsung kita bahas bersama-sama. Kali ini kita buat perkiraan selama satu bulan ya guys.

Biaya Kursus

Poin yang pertama adalah biaya kursus di Kampung Inggris. Biaya kursus di sini termasuk murah lo jika dibandingkan dengan lembaga yang ada di kota-kota besar. Harga sangat bervariasi bergantung dengan lembaga dan program apa yang akan kamu ambil. Biaya untuk program 2 mingguan dengan jumlah satu kelas perharinya yang termurah di Kampung Inggris ini hanya sekitar Rp 120.000an saja sedangkan untuk satu bulan berkisar antara Rp 200.000- Rp 250.000. Jika kamu menghendaki mengambil beberapa kelas dalam seharinya kamu tinggal mengalikan saja guys, misalkan kamu mengambil program satu bulan sebanyak 2 kelas beratu kamu harus menyiapkan biaya kursus sebanyak Rp 400.000 sampai dengan Rp 500.000. Pilihan lain yang bisa kamu jadikan alternatif adalah program dalam bentuk paket. Biasanya lembaga yang menawarkan paket program seperti ini menawarkan program lengkap yaitu mulai dari vocabulary, speaking, grammar dan juga pronunciation. Selain  materi yang ditawarkan sudah lengkap fasilitas yang akan kamu dapatkan pun sudah termasuk tempat tinggal/ camp yang sudah dikelola oleh lembaga tersebut. Untuk biaya dari paket program seperti ini adalah berkisar antara Rp. 800.000 – Rp 1.250.000.

Biaya Kost/Tempat Tinggal

Poin selanjutnya adalah anggaran untuk biaya tempat tinggal selama di Kampung Inggris. Tipe tempat tinggal di Kampung Inggris ini dibedakan menjadi 2 yaitu kost biasa dan juga kost English Area atau lebih dikenal dengan sebutan camp. Perkiraan biaya pada poin ini adalah sekitar Rp. 150.000 – Rp 400.000 perbulan untuk kost biasa dan sekitar Rp 250.000 – Rp 500.000 perbulan untuk kamu yang ingin tinggal di kost English Area (camp). Rata-rata kost dan camp ini berkapasitas 2 orang – 4 orang perkamarnya (bergantung luas kamar dan pengelola). Bisa saja mencari kost yang bisa digunakan untuk satu kamar sendiri tetapi tentunya dengan biaya yang lebih mahal. Saran dari kami kamu tetap saja tinggal di kost atau camp agar bisa menambah teman dan pengalaman. Oh iya, poin ini tidak berlaku bagi kamu yang dari awal sudah memilih paket program dengan camp sebagai salah satu fasilitas yang ditawarkan karena sudah termasuk biaya keseluruhan program diawal.

Biaya Hidup

Poin yang terakhir adalah mengenai biaya hidup selama di Kampung Inggris ini. Biaya hidup ini meliputi biaya makan, laundry, sewa sepeda dan juga kebutuhan-kebutuhan lainnya. Untuk kebutuhan makan kamu bisa mengalokasikan sekitar Rp 650.000 dengan rincian kamu akan menghabiskan sekitar Rp 6.000 – Rp 7.000 setiap satu kali makan. Pasti bertanya-tanya kan bisa dapet apa segitu? Tenang, harga makanan di Kampung Inggris ini memang masih sangat murah kok dengan uang segitu kamu bisa makan dengan nasi kuning lauk lengkap dan porsi yang cukup banyak. Dengan uang segitu kamu juga bisa membeli makan dengan sayur dan lauk berupa tahu, tempe, dan juga bakwan jagung. Jika kamu menginginkan ayam sebagai lauk makanmu kamu bisa menganggarkan sekitar Rp 8.000 untuk sekali makan. Tetapi untuk urusan makan ini kembali lagi guys ke selera kamu masing-masing makanan seperti apa yang akan kamu pilih, dengan mengeluarkan Rp 30.000 perhari kamu sudah bisa kok makan enak ketika berada di Kampung Inggris ini. Gak percaya? buktikan sendiri yuk 🙂

Selanjutnya adalah biaya laundry untuk kamu yang merasa malas jika harus melakukan kegiatan cuci-mencuci sendiri. Jasa laundry di Kampung Inggris ini berkisar antara Rp 4.000 – Rp 5.000 guys perkilonya. Jangan lupa juga untuk biaya sepeda yang harga sewanya sekitar Rp 75.000 – Rp 100.000 perbulannya guys. Kemudian jangan lupakan juga mengenai biaya tambahan lainnya untuk kebutuhan pulsa, perlengkapan mandi ketika habis dan juga ngemil mungkin untuk kamu yang suka jajan. Kamu bisa menganggarkan sekitar Rp 250.000 – Rp 300.000 untuk laundry, sepeda dan kebutuhan tambahanmu ini guys.

Setelah mendapatkan penjabaran dari tiga poin tersebut pastinya kamu sudah bisa memperkirakan dengan mudah berapa perkiraan biaya untuk masa belajar selama satu bulan yang harus kamu siapkan. Untuk semakin memudahkan dalam perencanaan biaya berikut kami berikan contoh rinciannya ya guys.

Contoh pertama, Abdi memutuskan mengambil 2x program dalam waktu satu bulan dan memilih untuk tinggal di camp (kost English Area):

Kursus dua program Rp 450.000
Kost English Area Rp 300.000
Makan & jajan Rp 650.000
Sewa Sepedah+Laundry+Lain-lain Rp 250.000
Total: Rp 1.650.000

 

Contoh kedua, Ewit memutuskan untuk mengambil program paket yang sudah disertai dengan fasilitas camp:

Paket program (6x kelas)+camp Rp 1.100.000
Makan & jajan Rp 650.000
Sewa Sepedah+Laundry+Lain-lain Rp 250.000
Total: Rp 2.000.000

Bagaimana? terjangkau bukan biaya belajar di Kampung Inggris Pare ini. Kamu bisa bebas memilih seperti contoh nomor satu atau pun nomor dua sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Oh iya, biaya tersebut bisa saja berubah menjadi lebih sedikit atau malah membengkak menjadi lebih banyak guys bergantung dengan gaya hidup kalian selama belajar di Kampung Inggris Pare nanti ya. Satu hal yang pasti jangan sampai kamu menghabiskan banyak uang diluar anggaran awal dan tetap fokus tujuanmu datang ke Kampung Inggris ini yaitu untuk belajar bahasa inggris pastinya ^^.

Sekian dulu guys informasi mengenai perkiraan biaya selama 1 bulan di Kampung Inggris Pare yang bisa kami sampaikan. Semoga memudahkan perencanaanmu untuk belajar di Kampung Inggris ya, see you ^^.