penggunaan kata over

Penggunaan kata over dalam bahasa Inggris sering kali digunakan dan ditemui. Sebenarnya apa itu arti dari kata over dan bagaimana cara memakainya dalam suatu kalimat? Over itu termasuk dalam preposisi atau kata keterangan? Kamu bisa mengulik tentang over itu sendiri dan melihat beberapa perbedaan dalam penggunaannya di dalam kalimat bahasa Inggris.

Over Sebagai Preposisi

Kata ini biasanya disebut dengan preposition. Benarkah ini? Apakah kamu masih ingat tentang preposition over? Over merupakan suatu kata dalam bahasa Inggris yang menjadi salah satu jenis kata depan. Mungkin kata ini sudah sangat familiar didengar dan dijumpai dalam bahasa Inggris. Tetapi, apakah kamu tahu bagaimana cara memakainya dalam bahasa Inggris? Kamu bisa melihat beberapa contoh dibawah ini.

Contoh Kata Over dalam Kalimat

  1. He heard his mother’s presence over the radio ( Dia mendengar keberadaan ibunya melalui radio )
  2. My photograph hung over the desk ( Fotoku tergantung diatas meja itu )
  3. Falling over the stair is so scary ( Jatuh menuruni tangga itu sangat mengerikan )
  4. My grandma put the magazine over my face because she was not moody ( Nenekku meletakkan majalah di depan mukaku karena dia sedang tak mood )
  5. Over four years ago, the children over seven ( Lebih dari empat tahun yang lalu, anak – anak tersebut berusia diatas tujuh tahun ).

Over Sebagai Adverb

Penggunaan kata over bisa sebagai kata keterangan atau adverb. Adverb ini dipakai untuk menunjukkan suatu hal yang berlebihan. Hal yang berlebihan biasanya lebih cocok memakai kata over sebagai adverb. Kata over ini dipakai sebagai pelengkap suatu kalimat agar lebih jelas dan dipahami maksud dan tujuannya. Penempatan kata over sebagai adverb ini bisa diterapkan di depan atau pun tengah kalimat. Amat jarang ditemui di belakang kalimat.

Contoh Over Sebagai Adverb

  1. The car had an accident because it is over capacity (Mobil itu mengalami kecelakaan karena kapasitas berlebih)
  2. The professional scientist said over thinking is bad for us in this research ( Ilmuwan profesional itu mengatakan bahwa berpikir yang berlebihan buruk atau kurang bagus untuk penelitian ini )
  3. She is over consuming instant foods so that doctor warned her to stop it and consume healthy foods (Dia berlebihan dalam mengkonsumsi makanan siap saji sehingga dokter memperingatkannya untuk menghentikannya dan mengkonsumsi makanan sehat )
  4. She is visiting a doctor due to over weight problem (Dia mengunjungi dokter karena masalah kelebihan berat badan)

Contoh Kata Over di Depan Kalimat

  1. Over 25.000 tourists visit Indonesia this week, it was the highest number of this month ( Lebih dari 25.000 turis mengunjungi Indonesia minggu ini, ini merupakan jumlah tertinggi di bulan ini )
  2. Over 650 flights are scheduled from Adi Sujipto Airports, but about 200 of the flights are domestic flights ( Lebih dari 650 penerbangan berasal dari Bandara Adi Sujipto, sekitar 200 dari penerbangan itu merupakan penerbangan domestik)

Kamu bisa mempelajari penempatan kata over sebagai kata keterangan atau pun preposisi. Pastikan bahwa kamu tahu benar tentang penggunaan kata over ini agar tak salah dalam mengartikan dan menggunakannya dalam suatu kalimat bahasa Inggris. Selamat mencoba !!!

Materi lain yang bisa juga kamu baca: Cara Ampuh Untuk Bisa Berbahasa Inggris.

Ingin mempelajari lebih banyak lagi materi bahasa inggris dengan suasana yang beda dan menyenangkan? Kampung Inggris LC tempatnya !!!

Cara gabungnya pun gampang banget, langsung saja klik gambar di bawah ini !!!