belajar berbicara bahasa inggris

Saat ini berbicara menggunakan Bahasa Inggris sudah menjadi kebutuhan primer. Setiap orang sudah harus siap untuk dihadapkan dengan dunia modern, yang mana mengharuskan kamu untuk mampu berbicara Bahasa Inggris. Karena saat seluruh penjuru dunia berkumpul, mayoritas bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris. Bisa kamu bayangkan dalam 10 tahun ke depan, bagaimana dunia ini yang semakin berkembang pesat, mulai dari teknologi, perekonomian sampai pendidikan yang sangat memungkinkan untuk membuat kamu untuk berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris.

Tidak sedikit dari kamu merasa kesulitan untuk berbicara Bahasa Inggris. Berbicara Bahasa Inggris bukanlah hal yang sangat tidak mungkin untuk dipelajari. Ada beberapa step yang bisa digunakan untuk mempermudah ketika belajar Berbicara Bahasa Inggris.

Beberapa tahapan yang bisa diterapkan saat belajar berbicara Bahasa Inggris

1. Menghafal Vocabulary dan Expression

Vocabulary atau kosakata menjadi modal utama untuk berbicara Bahasa Inggris. Meskipun secara praktiknya belum bisa lancar berbicara Bahasa Inggris, kosakata akan sangat menunjang saat kamu berbicara. Semakin banyak perbendaharaan kata yang kamu punya akan semakin mudah saat kamu berbicara Bahasa Inggris. Kata demi kata akan bisa diucapkan lebih baik jika kamu mempunyai banyak kosa kata, begitu juga dengan expression. Expression adalah susunan kalimat yang sudah tersusun sedemikian rupa. Tanpa harus bingung menyusun sebuah kalimat yang benar. Contohnya: make it faster!! ( cepetan dong!!), I’ll move heaven and earth to make you happy ( saya akan melakukan apa saja untuk membuatmu bahagia) jadi kamu tidak perlu menyusun kata-demi kata. Tapi kamu bisa menghafalkan dalam bentuk kalimat. Tunggu apalagi, yuk mulai sekarang kita harus menghafalkan Vocab dan Expression untuk menunjang saat belajar Bahasa Inggris.

2. Pengetahuan / wawasan

Pengetahuan bisa kita sebut ide. Saat kamu mempunyai banyak sekali vocab tapi ide kamu sangat minim. Ini akan menjadi penghambat saat belajar berbicara bahasa inggris. Untuk memperluas wawasan caranya sangat gampang, budayakan membaca. Dengan banyak membaca wawasan kamu akan sangat berkembang. Lalu bagaimana jika ternyata tidak suka membaca?? Mulailah membaca dari bahasan yang kamu suka. Contohnya jika kamu menyukai olahraga. Bacalah tentang fungsi olahraga, jenis olahraga, atau mungkin tentang pentingnya olahraga dan lain-lain. Kamu tidak akan pernah kehabisan topik jika kamu mempunyai wawasan yang luas, dan ini sangat membantu. Kebanyakan dari siswa berhenti berbicara bahasa inggris karena kebanyakan dari mereka bingung harus bicara apalagi. Penyebabnya adalah ide yang terbatas.

3. Praktik

Mempunyai banyak vocab dan mempunyai wawasan yang luas memang sangat penting. Tapi guys, kalau kamu tidak mencoba untuk mempraktikkan dalam bentuk percakapan atau presentasi semua tidak akan membuahkan hasil. Karena dengan sering mempraktikkan dalam bentuk percakapan akan meningkatkan kefasihan kamu saat berbicara Bahasa Inggris. So, tunggu apalagi?

Ada beberapa tips untuk mempraktikkan bahasa inggris kamu dengan mudah.

  • Yang pertama, kamu bisa mencari kaca besar dan mulailah berbicara Bahasa Inggris jika kamu tidak mempunyai partner untuk berbicara Bahasa Inggris. Mungkin sedikit aneh, tapi ini juga sangat membantu dan melatih rasa percaya dirimu saat berbicara.
  • Yang kedua, luangkan waktu kalian untuk terus belajar berbicara Bahasa Inggris. Terkadang padatnya jadwal, tidak menjadi prioritas lagi untuk praktek berbicara Bahasa Inggris. Tapi jangan khawatir, kamu bisa menggunakan waktu kamu saat di kamar mandi untuk berbicara Bahasa Inggris, atau saat memasak dan mencuci. Expresikan apapun yang kamu rasakan dan kamu temukan dengan menggunakan Bahasa Inggris. Karena jika kamu menunggu waktu yang benar-benar efektif dan kosong, frekuensinya pasti sangat jarang. Konsisten setiap hari itu lebih baik meskipun hanya beberapa menit saja, jadi ekspresikan dan ungkapkan apapun itu dan dimanapun.
  • Dan yang terakhir, cobalah bergabung dengan sebuah komunitas. Ini sangat efektif, lingkungan yang mendukung untuk berbicara bahasa inggris akan memberikan fast progress buat kamu. Ditambah lagi jika dalam sebuah komunitas itu ada mentor yang selalu siap membimbing, membenarkan setiap kesalahan dan siap memberi masukan. Kamu bisa bergabung di tempat-tempat kursus yang menyediakan English Area.  Selain mempunyai partner dan pembimbing, situasinya pun sangat mendukung untuk terus menjadikan Bahasa Inggris sebagai first language.

So guys. Antara ide, vocab dan practice itu sangat berkaitan, kita tidak bisa memilih salah satunya, tapi kita bisa menggunakan step-step itu secara keseluruhan. Pastikan kamu konsisten untuk menghafal vocab setiap hari, membaca kemudian praktikkan. Belajar berbicara bahasa inggris tentunya akan jadi lebih mudah.

Baca juga >> Idiom: Tips Berbahasa Inggris Lebih Natural dan Enak Didengar.