Belajar bahasa inggris sambil bermain

Belajar bahasa Inggris pastinya terdengar membosankan, susah, dan lama. Itulah yang dialami banyak orang saat mereka harus belajar bahasa Inggris. Ditambah lagi kalau harus menghafal kosa kata dalam bahasa Inggris dan grammar yang digunakan untuk membuat kalimat. Ini akan menjadi pengalaman yang membosankan. Belum lagi kamu harus belajar reading dan speaking. Tentu saja kamu akan menjadi tambah malas untuk belajar bahasa Inggris. Untuk mempelajari bahasa Inggris dengan mudah dan menyenangkan, kamu bisa melakukan belajar sambil bermain. Kamu bisa menerapkan beberapa permainan untuk ice breaker atau pun alat pembelajaran bahasa Inggris itu. Dengan cara ini, maka suasana belajar mengajar akan terasa lebih hidup dan menyenangkan.

Belajar Bahasa Inggris Sambil Bermain

1. The Mime

Permainan pertama yang bisa kamu lakukan dalam proses belajar mengajar bahasa Inggris ini adalah The Mime. Sepertinya bila diartikan game ini adalah permainan tebak gaya. The Mime ini adalah sebuah permainan yang sangat bagus untuk melatih dan menguji pemahaman dan koleksi verb dan tenses.

The Mime ini juga berguna untuk guru – guru bahasa Inggris dan bahasa asing lain yang membutuhkan suatu ice breaking di dalam proses mengajar yang cukup lama. Permainan ini bisa digunakan sebagai ice breaking. Selain bisa belajar kata kerja, dengan game ini kelas kamu akan jauh lebih menyenangkan, hidup, dan interaktif.

Game ini sangat cocok diaplikasikan bagi anak – anak dan dewasa. Tetapi pertimbangannya adalah fisik. Jadi kamu bisa menyesuaikan game ini dengan usia murid kamu. Konten yang ditampilkan di game ini adalah speaking dan vocabulary.

Ada beberapa teknis permainan The Mime ini. Sebelum kelas bahasa Inggris dimulai, lakukan beberapa persiapan. Yang pertama, tuliskan beberapa aktivitas di dalam bahasa Inggris di kertas. Lalu, gulunglah kertas tersebut dan masukkan di dalam toples atau mangkok untuk dipilih secara acak. Kamu bisa menulis kalimat seperti running, reading, jumping, eating, dan lain – lain. Bagilah kelas dalam dua tim dan pilihlah tim mana yang akan bermain terlebih dulu. Tiap tim menentukan orang pertama yang akan mempraktekan kata di dalam gulungan kertas itu. Orang itu akan mempraktekan isi dari tulisan di kertas itu. Setiap kali anggota tim mampu menebaknya, maka tim itu akan memperoleh poin.

2. Word Jumble Race

Belajar bahasa Inggris bisa memakai permainan ini, Word Jumble Race. Game ini adalah semacam game puzzle kata. Permainan ini sangat kompetitif dan mampu menstimulasi siswa untuk bekerja di dalam tim dengan baik. Game ini sangat berguna untuk melatih tenses, grammar, dan penataan kata di dalam kalimat. Game ini juga mampu melatih kemampuan murid – murid dalam reading. Konten materi di dalam game ini meliputi ejaan, grammar, dan vocabulary.

Ada beberapa teknis permainan yang harus dipatuhi saat bermain game ini. Pertama – tama siapkan beberapa kalimat yang dibutuhkan dan pastikan jumlah kalimat sesuai dengan jumlah peserta ataupun kelompok. Setelah kamu menulis kalimat di kertas, potonglah kalimat tersebut untuk menjadi kata – kata sehingga kamu memiliki sejumlah potongan kertas yang berisi kata – kata. Pastikan bahwa tiap kalimat itu menjadi satu kelompok kata dan jangan sampai tercampur dengan kelompok kata lainnya. Berilah nomor pada setiap kalimat dan tulislah nomor itu di kertas dan diacak di dalam toples sehingga peserta bisa memilih kalimat secara acak. Setiap peserta dan tip harus bisa mengurutkan kata untuk menjadi susunan kalimat yang benar. Tim yang bisa mengurutkan dengan benar maka dialah yang menang. Setelah permainan selesai, maka kamu bisa membahas vocabulary dan grammar yang dipakai dalam kalimat itu.

3. Hot Seat

Setelah itu, ada satu lagi game yang bisa digunakan untuk belajar bahasa Inggris dengan cara menyenangkan. Game ini lebih banyak digunakan untuk speaking. Konten materi game ini adalah speaking, vocabulary, dan listening.Pertama – tama bagilah peserta dalam beberapa tim. Tiap tim diminta untuk menunjuk satu orang yang duduk di hot seat. Hot seat ini adalah kursi yang menghadap ke anggota timnya sendiri dan di belakang kursi terdapat papan tulis. Yang melihat papan tulis hanyalah anggota tim.  Tugas guru adalah menuliskan satu kata di papan tulis. Lalu, tugas anggota tim adalah mendeskripsikan kata tersebut dan peserta yang duduk itu harus menebak. Contoh: Misal katanya adalah book, maka anggota tim harus bilang seperti ini It can be thick or thin, it contains papers, and we sometimes read it. Gantilah peserta yang duduk di hot seat. Kamu bisa memberikan bedak di wajah peserta agar lebih menarik.

Itulah tadi beberapa cara belajar bahasa Inggris dengan permainan yang bisa kamu lakukan. Dengan melakukan games dalam proses belajar suasana belajar jadi lebih fresh dan materi pun lebih mudah untuk kamu terima dan pahami.

(Baca juga: Belajar Bahasa Inggris Lewat Video)

Seperti yang diterapkan juga oleh Kampung Inggris LC. Suasana kelas dan metode belajar dibuat sangat menyenangkan untuk bisa membuat para member nyaman dan senang selama proses belajar. Sehingga materi bahasa inggris yang diberikan jadi lebih mudah diterima dan dipahami.

Mau membuktikannya sendiri? Langsung saja bergabung bersama Kampung Inggris LC dan lakukan pendaftaran secara online SEKARANG JUGA dengan mengisi formulir online DI SINI