belajar bahasa inggris otodidak

Belajar Bahasa Inggris tidak selalu dilakukan di lembaga-lembaga kursus ataupun kursus online. Buat kamu yang tidak punya banyak waktu. Kamu bisa memilih alternatif untuk belajar Bahasa Inggris dengan cara otodidak. Emang bisa gitu ya belajar Bahasa Inggris otodidak?? Jawabannya bisa asal kita punya komitmen yang kuat dengan diri kita untuk disiplin belajar.

Ada beberapa tips untuk belajar Bahasa Inggris secara otodidak, sebelum masuk ke tips baiknya kamu menggunakan metode Imitasi. Waahhh apalagi tuh metode imitasi?? Penasaran kan? Metode imitasi adalah sebuah cara dengan menirukan, tapi bukan berarti 100 % sama.

Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak

1. Pilihlah media yang menarik (audio dan buku)

Saat kamu lebih memilih belajar Bahasa Inggris otodidak, pilihlah buku yang menarik untuk belajar Bahasa Inggris, karena dengan media yang menarik, akan memudahkan kita untuk belajar, selain itu bisa mengurangi rasa bosan saat belajar sendirian.

Masukkanlah metode Imitasi saat belajar, jika kamu belajar menggunakan vidio ataupun audio. Cobalah untuk menirukan setiap kata, ataupun kalimat-kalimat yang di sebutkan dalam vidio itu. Jika kamu sudah cukup fasih, bisa mengucapkan dengan benar. Gantilah subject dan objectnya.

Contohnya : She was really interesting, kemudian bisa kita rubah menjadi I am really interesting.

Lanjutkan kalimat-kalimat selanjutnya. Sampai ke dalam tahap paragraf dan menjadi sebuah cerita. Ulangi secara terus menerus dengan imitasi tata bahasa yang sudah ada, tanpa harus merubah grammatikal yang ada.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menyeimbangi belajar grammar melalui text book yang sudah kamu beli, lakukan latihan-latihan yang di sediakan. Semakin banyak berlatih akan mengasah ketajamanmu untuk mengenali karakter soal dan memahami setiap bagiannya.

2. Jadwalkan jam belajar dengan rutin.

Agar tercapainya sebuah target, kamu harus meluangkan waktumu secara rutin. Bukan hanya ketika punya waktu luang, komitmen yang tinggi akan memberikan hasil maksimal dalam belajar. Kamu tidak perlu belajar berjam-jam untuk belajar Bahasa Inggris, jika ini kamu lakukan, tentunya akan membuat kamu bosan dan kemungkinan besar kamu akan bertahan beberapa hari saja untuk belajar Bahasa Inggris secara otodidak. Lalu, gimana dong caranya??

Contohnya habis subuh kamu luangkan waktu 20 menit untuk listening, kamu bisa listening conversation atau watching vidio, apapun isi listening itu, yang terpenting kamu mendengarkan sesuatu yang berbau Inggris. Yang recommended buat kamu dengarkan adalah podcast atau telling story di youtube yang lebih ringan. kamu bisa Lakukan ini secara terus menerus sampai kamu benar – benar faham isi dari listening itu.

Siang hari jadwalkan 20 menit untuk paraktek berbicara Bahasa Inggris, jika belum mampu bercerita atau mempresentasikan sesuatu. Kamu bisa kombinasi dengan Bahasa Indonesia. Kamu bisa memulai dengan kalimat jika bercerita itu sangat berat. Saat malam hari jadwalkan 20 menit untuk belajar grammar, cukup baca satu topik kemudian disertai dengan mengerjakan latihan-latihan yang sudah disediakan di text book yang sudah kamu beli.

Total sehari, kamu sudah meluangkan waktu 60 menit untuk belajar Bahasa Inggris. Lakukan secara

konsisten dan tekad yang kuat. Maka belajar bahasa Inggris akan terasa lebih ringan.

3. Gunakan Bahasa Inggrismu sesering mungkin

Mengubah style kamu untuk lebih keren. Kalau sebelumnya kamu menulis diary menggunakan Bahasa Indonesia, cobalah praktekin Bahasa Inggrismu dengan menggunakan Bahasa Inggris. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengubah diri kamu menjadi crazy people. Hah?? Crazy?? Yah tepatnya seperti orang gila, kamu bisa berbicara sendiri di depan cermin, di kamar mandi, di kamar atau saat masak di dapur. Apapun yang kamu temukan, expresikan menggunakan Bahasa Inggris. Semakin kita sering menggunakan vocab dan mempraktekkannya, kamu akan lebih cepat mendapatkan target-targetrmu.

Mudah bukan? Tunggu apalagi, jangan menunggu waktu tepat buat belajar. Kapanpun akan tepat jika kamu segera memulainya untuk belajar.

Kamu bisa juga bergabung dengan komunitas bahasa inggris untuk lebih mudah bisa berbahasa inggris. Selengkapnya baca penjelasannya di Bikin Komunitas Bahasa Inggris, Kenapa Tidak!