Belajar Bahasa Inggris dengan Word Families

Seperti yang kita semua tahu bahwa kreatif merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam mempelajari apapun. Kalian jangan hanya terpaku pada satu metode, satu guru dan satu buku saja. Ada banyak sekali cara belajar Bahasa Inggris yang menyenangkan dan terbukti efektif di luar sana. Apalagi bagi orang tua yang ingin mengajarkan Bahasa Inggris untuk anak-anaknya. Jangan kehabisan akal agar buah hati bisa senang dan menyukai Bahasa Inggris, salah satunya adalah Belajar bahasa inggris dengan word families. Apa itu word families? Langsung simak aja yuk.

Kali ini, pernahkah kalian mendengar istilah word families atau keluarga kata? Merupakan kelompok kata uang mempunyai kata dasar (root) yang sama dengan penambahan prefix dan suffix berbeda sehingga arti/ maknanya pun juga berbeda. Misal, kata dasar “work”, bisa ditambah imbuhan menjadi rework (mengoreksi), working (bekerja), workshop (pelatihan), worker (pekerja), workday (hari bekerja), workable (dapat bekerja), dan masih banyak contoh lainnya.

Mempelajari bagaimana konsep work families juga mampu meningkatkan kemampuan kalian dalam menguasai kosakata (vocab). Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa penambahan prefix dan suffix tersebut bisa merubah arti kata dasar (root) tersebut. Meskipun mempunyai kata dasar (root) sama tetapi penggunaannya juga pasti berbeda. Kalian bisa bayangkan jika hanya dalam satu hari saja kalian bisa fokus menguasai satu word families dengan hanya satu kata dasar, kalian bisa menguasai banyak kosakata sekaligus. Karena satu kata dasar bisa menghasilkan lebih dari satu kosakata (vocab) baru. Contoh lain, kata “counteract” yang mempunyai arti sikap melawan seseorang, sedangkan “react” mempunyai arti sikap dalam merespon orang lain. Bahkan hanya berbeda penambahan counter- dan re- bisa membuat perbedaan arti dan kalian bisa mendapatkan dua kosakata baru, menarik bukan?

Berdasarkan Kamus Oxford, terdapat dua jenis konsep word families, yaitu:

Berdasarkan persamaan kata dasar

Adanya sekelompok kata yang terbentuk dari sebuah kata dasar (root) juga bisa disebut dengan konsep word families seperti yang dicontohkan pada kata “work” sebelumnya. Contoh lain kata “help” bisa menjadi helpful (sangat membantu) dan helper (pembantu).

Contoh word families dengan menggunakan persamaan kata dasar (root) dan adanya penambahan suffix dan prefix (imbuhan):

– Take => intake, taker, retake, intake

– Act => react, reaction, overacting, counteractive, counteract, interaction, proactive, interactive

– Blow => blowess, blowie, blowen, blowdown, blowby, blowable

– Ability => disability, inability

– Appear => appearance, disappear, reappearance, disappearance

– Attack => counter-attack, attacker

– Fit => fitfulness, fitful, fittable, fitness, fitting, fitter

Berdasarkan persamaan bunyi

Kalian mungkin sudah tahu bahwa ada banyak sekali kata yang cara pengucapannya (pronunciation) satu irama, seperti kata “cat/ kaet” sama dengan “hat/ haet” merupakan satu word families.

Contoh word families dengan menggunakan persamaan bunyi dalam Bahasa Inggris

– Bunyi ame/ eim => came, name, blame, shame, lame, frame, same, flame, game

– Bunyi ake/ eik  => awake, cake, bake, fake, brake, quake, make, lake, shake, take, snake, rake

– Bunyi out/ aut => about, shout, grout, tout, trout, out, lout

– Bunyi ent/ ent => gent, bent, cent, rent, sent, went, tent, vent, event

Nah, setelah kalian sudah mengetahui bagaimana konsep word families, sekarang kalian bisa menggunakan kreativitas kalian dalam belajar kosakata (vocab) dalam Bahasa Inggris. Khususnya bagi pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak yang memang membutuhkan banyak metode kreatif agar mereka bisa mengenal banyak vocab/ kosakata dalam Bahasa Inggris. Tentu saja kalian bisa menggunakan belajar bahasa inggris dengan word families supaya belajar menjadi lebih menyenangkan.

Mengenalkan konsep word families pada anak juga tidak harus disebutkan atau dibaca, kalian bisa membuat mading atau worksheet yang berisi tentang word families tersebut. Tentunya saja hal tersebut membuat pembelajaran menjadi menyenangkan dan membuat anak tidak cepat bosan.

Setelah ini kalian bisa mencoba belajar bahasa inggris dengan word families dengan kosakata yang bersifat level medium hingga level lebih sulit. Pembelajaran kreatif akan terasa semakin menyenangkan

Yuk baca juga materi English Learning lainnya, salah satunya adalah Pengertian Phrasal Verb dan Contoh Kalimat.