tips belajar basa inggris

Siapa bilang belajar bahasa Inggris itu susah dan mahal? Jika kalian mengetahui triknya, belajar bahasa Inggris akan jadi hal yang menyenangkan, dan yang lebih penting, tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk mempelajarinya. Mungkin mengikuti kursus bahasa Inggris di lembaga yang memiliki kualitas yang bagus memang terkadang diperlukan.

Namun sebenarnya, pelatihan atau kursus di lembaga tidak akan begitu saja membuat kalian mahir berbahasa Inggris jika kalian tidak melatihnya sendiri setiap harinya. Dengan kata lain, kalian akan semakin cepat menguasai bahasa Inggris jika kalianpun giat mempelajari dan menggunakannya di luar sekolah atau lembaga kursus.

Apakah mungkin belajar bahasa Inggris secara otodidak? Tentu saja mungkin. Berikut ini beberapa tips belajar bahasa Inggris murah yang bisa kalian praktekkan sendiri di rumah.

Tips Belajar Bahasa Inggris Murah

Perbanyak paparan bahasa Inggris

Tips belajar bahasa Inggris murah yang pertama dan paling penting adalah dengan memperbanyak paparan bahasa Inggris. Memperbanyak paparan bahasa Inggris memiliki banyak manfaat. Pertama, kalian akan menjadi lebih terbiasa mendengarkan ucapan dan aksen dalam bahasa Inggris jika sering mendengarkan video atau audio berbahasa Inggris. Kedua, kalian akan menjadi lebih familiar dengan ungkapan yang sering digunakan penutur asli bahasa Inggris, sehingga diharapkan bahasa Inggris kalian pun akan menjadi lebih luwes dan tidak kaku. Ketiga, kalian akan memiliki kosakata yang lebih banyak ketimbang orang yang jarang terekspos bahasa Inggris, dan masih banyak lagi manfaat yang lainnya.

Selain karena memberikan banyak manfaat untuk kalian, masih ada alasan lain mengapa memperbanyak paparan bahasa Inggris itu penting. Alasan tersebut adalah karena menyerap pengetahuan melalui exposure yang maksimal merupakan cara yang paling alami dalam mempelajari bahasa. Seperti halnya balita yang mempelajari bahasa dengan mendengarkan apa yang mereka dengar dari orang-orang di sekitarnya.

Lantas, seperti apa contoh paparan bahasa Inggris yang baik untuk pembelajar bahasa kedua? Kalian bisa memperbanyak exposure terhadap bahasa Inggris dengan mendengarkan lagu berbahasa Inggris, menonton film atau video dengan bahasa Inggris (bagi pemula, tidak apa jika menggunakan subtitle namun usahakan subtitlenya masih dalam bahasa Inggris), menonton berita berbahasa Inggris bagi pembelajar yang sudah ada di level intermediate ke atas, membaca buku-buku berbahasa Inggris, dan lain sebagainya. Apabila kalian adalah tipe yang mudah merasa jenuh, pilihlah sumber belajar bahasa Inggris yang sesuai dengan minat kalian. Misal, film yang bergenre favorit kalian, sehingga kalian merasa senang dan antusias saat belajar.

Mulailah dari hal-hal yang sederhana

Tips belajar bahasa Inggris murah yang kedua adalah dengan memulai dari hal yang paling sederhana. Yang dimaksud dengan hal-hal yang sederhana misalnya:

  1. Kosakata

Cari tahulah kosakata bahasa Inggris untuk kata-kata yang paling sering kalian gunakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya kosakata yang berhubungan dengan anggota keluarga, kosakata yang berhubungan dengan pekerjaan/kegiatan kalian, dan lain sebagainya.

  1. Penulisan dan Pengucapan

Mengetahui kosakata dalam bahasa Inggris saja tidak cukup. Kalian harus paham betul bagaimana mengeja kata tersebut dan bagaimana pula melafalkannya dengan benar. Karena, seperti yang kita tahu, cara penulisan dan cara bahasa kosakata dalam bahasa Inggrsi itu berbeda. Oleh karena itu, kalian harus memperhatikan bagaimana cara penutur asli bahasa Inggris mengucapkan kata-kata yang sedang kalian pelajari, Kalian bisa memperhatikan pengucapan dalam video berbahasa Inggris yang kalian tonton, atau kalian bisa juga langsung mengeceknya di kamus.

  1. Ekspresi dan Ungkapan

Hal ketiga yang terdengar sepele namun harus kalian ketahui adalah tentang ekspresi dan ungkapan yang digunakan untuk percakapan sehari-hari. Contohnya, bagaimana memperkenalkan diri, menyapa orang lain, menanyakan arah, meminta tolong, meminta maaf, memberi pujian, dan lain sebagainya. Tak perlu langsung mempelajari expresi dan ungkapan yang panjang, namun kalian bisa memulai dari ekspresi sederhana yang sering digunaan dalam keseharian kita.

  1. Tata bahasa

Hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah tata bahasa. Dalam bahasa Inggris, kita mengenal tenses. Dengan kata lain, untuk mengungkapkan sesuatu yang telah, sedang, atau akan terjadi, kita hendaknya menggunakan tata bahasa yang berbeda. Oleh karena itu, cobalah untuk sedikit demi sedikit mempelajari tata bahasa Inggris yang ada, baik secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsung misalnya dengan mempelajari rumus atau formula untuk tenses yang digunakan dalam bahasa Inggris. Secara tidak langsung misalnya dengan mengamati pola tata bahasa yang ada pada bacaan yang kalian baca atau percakapan yang kalian dengar.

Biasakan diri untuk menggunakan bahasa Inggris

Apa yang telah kalian pelajari tak akan banyak gunanya apabila tidak pernah kalian gunakan. Oleh karena itu, tips belajar bahasa Inggris murah yang ketiga adalah: jangan malu untuk menggunakan apa yang telah kalian pelajari. Mulailah dari hal-hal kecil dan sederhana seperti update status dengan menggunakan bahasa Inggris, berbicara dengan teman menggunakan bahasa Inggris meskipun hanya satu atau dua kalimat, menulis blog berbahasa Inggris, dan lain sebagainya. (Baca juga: Ingin Lancar Berbicara Bahasa Inggris Seperti Native Speaker? Ikuti Tips Ini)

Manfaatkan internet

Dengan adanya internet, kalian akan sangat terbantu dalam mempelajari bahasa Inggris. Gunakan internet dengan bijak untuk mencari sumber materi belajar, serta untuk mempraktekkan apa yang telah kalian pelajari.

Tips belajar bahasa inggris dengan murah diatas langsung bisa kamu praktikkan mulai dari sekarang ya LC’ers. Jadi gak ada alasan lagi untuk tidak belajar bahasa inggris. Semoga bermanfaat :).