belajar bahasa inggris dari idiom

Belajar bahasa Inggris akan terasa menyenangkan bila kamu menemukan metode yang tepat. Kamu bisa mempelajarinya dari berbagai media. Belajar bahasa Inggris dari tutor, website, dan otodidak juga bisa dilakukan. Selain itu, kamu juga bisa belajar bahasa Inggris dari idiom. Sepertinya cara ini tak terlintas di pikiranmu. Idiom ini ternyata berguna untuk membantu kamu mempelajari bahasa Inggris dengan cepat dan menyenangkan. Dengan kalimat idiom, maka kamu menjadi lebih mudah dalam memilih kata dan mempelajari kosa katanya.

Belajar Bahasa Inggris dari Idiom

Memilih Belajar Bahasa Inggris dari Idiom

Untuk membuat kamu lebih cepat menguasai bahasa Inggris, maka kamu harus pintar menyeleksi jenis idiom yang akan dipelajari. Bagi kalian yang baru saja belajar bahasa Inggris, pemilihan vocabulary tunggal menjadi pilihan yang aman. Padahal, cara ini tak akan membuat kamu menguasai bahasa Inggris dengan cepat. Terkadang kamu akan stuck dalam kosa kata bahasa Inggris saja. Hal ini dikarenakan di dalam bahasa Inggris, terdapat berbagai macam phrase yang merupakan gabungan dua kata ataupun lebih yang terangkum dalam satu kalimat atau frasa yang memiliki arti tertentu.

Bila kamu mengartikan kata – kata di dalam frasa idiom itu, artinya akan jauh berbeda. Pastinya ini akan membuat kamu bingung. Pastikan bahwa kamu mempelajari frasa idiom secara keseluruhan. Idiom ini ada di dalam semua bahasa tak hanya bahasa Inggris saja. Idiom merupakan kata dan juga frasa yang tidak bisa diartikan secara kata per kata. Artinya akan jauh berbeda dengan kata – kata di dalam deretan frasa idiom itu. Ada makna dan arti khusus di dalam frasa idiom. Belajar bahasa inggris dari idiom sangat menyenangkan.

Contoh Idiom:

  • Hit the Road. The class will begin sooner.

Jika frasa ini diartikan secara kata per kata, maka artinya pukullah jalan itu. Ini bukan berarti kamu harus menyerang dan memukul jalanan itu. Nanti, kamu dikira orang gila. Frasa idiom itu memiliki arti Let’s Go atau Ayo kita pergi. Idiom ini sering dipakai oleh para native speaker untuk percakapan yang informal. Oleh karena itu mempelajari idiom bahasa Inggris, adalah cara tepat untuk membiasakan diri dengan bahasa Inggris.

  • Break a leg!

Frasa idiom ini pastinya akan membuat kamu garuk – garuk kepala. Kamu tak perlu bingung bila temanmu dari Inggris bilang Break a leg. Ini bukan berarti kamu harus mematahkan lengan atau kaki seseorang. Arti frasa idiom ini sama dengan Good Luck. Kamu bisa meresponnya dengan Thank you for your support.

Masih ada banyak lagi idiom yang bisa dipelajari dalam bahasa Inggris. Mungkin kamu sudah belajar banyak kata di dalam bahasa Inggris dan kamu bisa menulis banyak kalimat. Tetapi, jangan sampai proses tersebut dikacaukan dengan idiom bahasa Inggris. Kamu bingung dengan artinya dan tak paham cara memakainya.  Idiom tidak bisa diartikan secara literal. Idiom ini sangat berguna untuk percakapan sehari – hari dengan native speaker.

  • Piece of cake

Ketika kamu berbicara dengan seseorang mengenai pekerjaannya, dan dia tiba – tiba bilang seperti itu. Ini bukan berarti bahwa dia ingin makan kue. Arti dari piece of cake ini adalah pekerjaan yang dilakukan sangat mudah.

  • Jump on the bandwagon

Kata idiom ini bukan berarti kamu harus melompat di atas kereta musik. Kalimat idiom ini berarti bahwa kamu sedang mengikuti tren yang populer dan terkini.

Cara Belajar Bahasa Inggris dari Idiom

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk belajar bahasa Inggris dari idiom. Banyak sekali sumber di internet untuk mendapatkan idiom – idiom berkualitas. (Salah satu contohnya adalah 8++ Idiom About Weather) Kamu juga bisa mencarinya di buku – buku pelajaran. Bila tidak menemukannya, kamu juga bisa mencari di buku khusus idiom dalam bahasa Inggris. Pilihlah idiom – idiom yang terkenal dan dipakai dalam percakapan sehari – hari. Kamu bisa mengklasifikasikan idiom itu dengan kategori number one, idiom tentang vegetable, money, dan lain – lain. Setelah itu, cari tahu artinya dan pakailah dalam percakapan sehari – hari. Bila kamu terbiasa memakainya, ini akan memudahkan kamu dalam belajar bahasa Inggris.

Menarik bukan? Dengan belajar melalui idiom pembendaharaan kata akan semakin melimpah. Jadi tidak hanya terbatas dengan memperkaya vocabulary saja. Kemampuan bahasa inggris yang kamu miliki pun akan semakin colorfull. Selamat belajar !!!