BELAJAR BAHASA INGGRIS? COBA CARA SIMPEL INI

 

Jika jaman dahulu, pada era televisi masih hitam putih dan computer masih jadi barang mewah, Bahasa inggris pun masih terasa sangat asing di Indonesia. Namun hari ini, arus informasi begitu mudahnya diakses. Anak SMP bahkan TK, sudah sangat akrab dengan Bahasa Inggris. Atau mungkin, Anda pernah melihat anak-anak kecil yang lancar bernyanyi Bahasa inggris karena sering melihat lagu-lagu English di youtube? Nah! Ini artinya, Bahasa inggris bukan lagi barang asing namun saat ini masyarakat Indonesia, khususnya anak muda, sudah sangat akrab dengan Bahasa internasional ini. Ditambah lagi, jaman sekarang nampaknya sudah sebagian besar masyarakat Indonesia yang paham apa pentingnya belajar Bahasa inggris. Mulai dari alasan mencari pekerjaan, kuliah ke luar negeri, hingga mencari jodoh ke negeri seberang. Wah, tapi sudahkah Anda tahu bagaimana cara efektif dan tetap asik belajar Bahasa inggris? Berikut ini kami sajikan beberapa tips belajar Bahasa inggris dengan cara yang ringan, efektif, dan pastinya bisa diaplikasikan. Check it out!

1. Mindset

Hal pertama yang menurut kami sangat penting bagi para pembelajar adalah memperbaiki mindset atau cara berpikir. Apa yang sebaiknya ditanamkan di dalam pikiran kita saat memulai belajar Bahasa inggris? Ya, Don’t ever think that English is hard. Meskipun kenyataannya Bahasa inggris memang cukup “aneh” dan sulit (karena banyak sekali aturan grammar”, namun abaikan dulu semua spoiler itu karena kita tidak akan mampu melahap semua itu dalam sekali belajar. Just take it easy, belajar perlahan, meski sedikit asal kontinu akan menjadi lebih baik. Dengan belajar secara bertahap, kesulitan yang dihadapi juga akan “tercicil”, sehingga Nampak lebih mudah. So, please, put away from your mind that English is only about difficult. Mulailah dengan berpikir “wah, kalau saya bisa Bahasa inggris, bisa kuliah ke luar negeri. Yes!” “ternyata belajar bahasa inggris sangat menyenangkan” “semakin banyak materinya, semakin bikin penasaran”, dan pikiran positif lainnya.

2. Gunakan Semua Indera untuk Belajar

Waktu sekolah, pernahkah Anda dipaksa menulis catatan, atau mereview artikel dengan tulis tangan atau menulis laporan praktikum dengan tulis tangan. Mengapa? Karena ternyata, ketika menulis ada berbagai indera yang aktif bekerja; tangan untuk menulis, mata melihat tulisannya, dan mulut (biasanya saat menulis kita juga secara otomatis sambil membaca tulisannya). What happen then? Otak kita akan bekerja lebih baik, ingatan tentang apa yang dilihat di ucap dan ditulis saat itu menjadi lebih kuat, dan tidak mudah lupa pastinya. Misalnya, pada salah satu cara untuk belajar grammar. Cobalah dengan membaca artikel berbahasa inggris, lalu cari beberapa kalimat dan tandai. Kemudian, tulis ulang kalimat-kalimat tersebut sambil diucapkan. Sehingga, kita bisa mempelajari pola grammar dari kalimat-kalimat tersebut. Dengan cara ini, Anda akan lebih terbiasa dengan grammar yang baik dan benar, dan lebih mudah mengaplikasikan grammar dalam tulisan sendiri atau pun saat berbicara.

3. Belajar Kapanpun dan Di Manapun

Immerse yourself in English”, artinya tenggelamkan dirimu dalam Bahasa Inggris. Anda mungkin bisa membayangkan bagaimana jika Anda tenggelam di kolam renang. Sekitar tubuh Anda hanya ada air, bahkan air tersebut masuk ke dalam tubuh Anda. Nah, praktik kan itu saat Anda belajar Bahasa Inggris. Buatlah lingkungan di mana Anda bisa dengan mudah ngomong Bahasa inggris, melihat tulisan Bahasa inggris, bahkan memikirkan Bahasa inggris. Cobalah berpikir seakan-akan Anda adalah seorang English native speaker, sehingga saat melihat benda-benda atau melihat kejadian-kejadian di sekitar, hal pertama yang ada di pikiran Anda adalah dalam Bahasa inggris. Inilah salah satu tips jika Anda tidak bisa belajar langsung di luar negeri. Pasalnya, dengan membiasakan diri dengan Bahasa inggris (atau Bahasa mana pun), maka akan lebih mudah kita bisa berbahasa tersebut. Contoh konkret nya, pengalaman Anda sendiri sebagai orang Indonesia asli, yang sejak kecil semua keluarga, teman, guru dan lingkungan sekitar menggunakan Bahasa Indonesia, maka secara otomatis Anda jadi bisa berbahasa Indonesia meski pada usia 3 tahun pertama mungkin Anda belum bisa berbicara. Artinya, belajar suatu Bahasa memerlukan totalitas, belajar di mana pun dan kapanpun.

4. Susun “Kurikulum”

Yuk kita ingat kembali masa-masa sekolah, tentunya guru dan staf pengajar di sekolah kita telah menyusun kurikulum untuk belajar. Sehingga, saat Anda datang ke sekolah, sang guru bisa langsung memulai pelajaran karena sudah tau apa yang akan diajarkan. Karena di sekolah, sudah ada kurikulum nya. Maka, mengapa tidak Anda buat sendiri kurikulum anda dalam belajar Bahasa inggris secara mandiri? Dari mana kurikulum tersebut? Dengan kekuatan jaman internet, Anda akan sangat mudah mencari kurikulum Bahasa inggris yang bisa Anda pelajari sendiri. Yang penting, Anda mendapatkan poin-poin apa saja yang perlu dipelajari dan bagaimana cara belajarnya. Contohnya: ada listening, grammar, dan speaking. Listening dengan menonton film lalu mereview, mendengar lagu, mendengar podcast lalu mempraktikan ulang, dan sebagainya.

5. Belajar Otodidak

Perlu gak sih belajar di tempat kursus? Perlu banget! Terutama untuk mendapatkan teman belajar, guru, materi, koreksi dalam belajar, dan sebagainya. Namun, mengingat waktu kursus yang umumnya tidak begitu intensif, maka umumnya setelah kursus atau belajar Bahasa inggris di sekolah, kebanyakan kita kemudian akan mudah lupa karena Bahasa inggris “dilupakan” dan tidak digunakan. Maka dari itu, sangat penting belajar otodidak atau belajar mandiri tanpa tergantung pada guru atau teman. Dengan adanya gadget, internet, web gratis untuk English learning, dan sebagainya, akan sangat mudah belajar Bahasa inggris secara otodidak. Belajar mandiri akan memberi kita space waktu yang lebih leluasa. Terserah Anda, mau kapan dan di mana belajar Bahasa inggris, yang penting, usahakan setiap hari Anda berinteraksi dengan Bahasa inggris. Ready?

6. Partner Belajar

Partner dalam belajar Bahasa inggris bukanlah segalanya, namun bisa menjadi sangat membantu peningkatan kemampuan berbahasa inggris. Misalnya, Bahasa sangat menuntut kita untuk menggunakannya bahkan dalam keseharian. Jika ada teman belajar yang satu visi, Anda akan sangat mudah ngobrol cas cis cus dalam Bahasa inggris, juga mendapatkan koreksi dari teman kita. Anda bisa menjadikan tempat kursus, sekolah, kosan, dan tempat lainnya untuk mencari teman belajar. Atau, Anda juga bisa lho chattingan dengan English native speaker untuk melatih kemampuan Bahasa inggris tulisan Anda.

7. Finally!

Yeay, setelah semuanya siap, pastikan dua hal ini: START YOUR ACTION! and DON’T STOP EVEN A DAY! Mulailah segera belajar Bahasa inggris, karena konon katanya, melakukan sesuatu sangat sulit di awal. Namun nyatanya, setelah memulai pun, begitu sulit terus konsisten belajar setiap hari. So, belajarlah dengan ringan, santai dan menyenangkan. It’s OK hanya belajar satu kalimat baru dalam Bahasa inggris, atau hanya sekadar menonton film Bahasa inggris, asalkan selalu ada interaksi dengan Bahasa inggris setiap harinya. Good luck!

  • 81
    Shares