idiom about money

Belajar tentang idiom dalam Bahasa Inggris juga merupakan salah satu hal penting. Hal itu karena penggunaan idiom sendiri sering digunakan oleh para native speaker baik dalam konteks berkomunikasi secara langsung maupun dalam teks-teks bahasa Inggris. Pada kesempatan ini, kami akan berbagi sedikit variasi dari idom about money.

Apa itu Idiom?

Idiom dalam Bahasa Inggris memiliki fungsi yang sama dengan kata-kata atau kalimat perumpamaan atau peribahasa dalam Bahasa Inggris. Sehingga, dalam mengambil makna dari idiom pun tidak bisa secara mentah dari arti kata-kata yang ada. Untuk memahami idiom dibutuhkan analisis yang mendalam, dan bahkan mungkin terkesan tidak masuk akal. Hal itu tidak dipungkiri karena perbedaan sejarah maupun sudut pandang dari setiap kebudayaan. Idiom biasanya mengungkapkan topik tertentu. Sehingga, apabila anda ingin menggunakan untuk mengangkat topik uang, anda bisa memilih beberapa dari pilihan berikut ini.

(Materi idiom lainnya: Idiom about world)

 Variasi idiom yang berkaitan dengan uang

  1. Balance the books

Idiom ini digunakan ketika ingin menunjukkan penghitungan uang yang berhubungan dengan kredit dan debet dari sebuah akun rekening.

Contoh: Because my sister works in a bank, she often balances the books in her office until late at night. (Karena saudara perempuanku bekerja di bank, ia sering menghitung debet dan kredit dari nasabah-nasabahnya di kantornya hingga larut malam.)

  1. Bring home the bacon

Idiom ini digunakan untuk menunjukkan perjuangan seseorang dalam menghidupi keluarganya.

Contoh: Tom is such a good boy. He always works days and night everyday to bring the bacon after his father died 2 years ago. (Tom adalah seorang anak lelaki yang baik. Dia selalu bekerja siang dan malam setiap hari untuk menghidupi keluarganya setelah ayahnya meninggal dua tahun yang lalu.)

  1. Go Dutch

Idiom ini digunakan untuk menunjukkan kegiatan pembagian porsi membayar suatu tagihan. Misalnya anda menempati sebuah kontrakan bersama 2 teman anda yang lain. Kemudian saat membayar tiba, maka anda membagi jumlah tagihan secara merata untuk 3 orang yang menempati kontrakan tersebut.

Contoh: When the time to pay our rent house is coming, we always go Dutch. (Ketika waktu untuk membayar sewa rumah kontrakan tiba, kami selalu membagi tagihan dan membayarnya bersama-sama.)

  1. Golden Handshake

Idiom ini digunakan untuk menunjukkan uang pesangon yang diberikan sebuah perusahaan kepada karyawan nya yang meninggalkan perusahaan tersebut, di mana si karyawan telah bekerja di sana untuk waktu yang lama.

Contoh: Roy was given the golden handshake when he left that company. He has worked there for about 15 years. (Roy diberikan pesangon ketika meninggalkan perusahaan tersebut. Ia telah bekerja di sama selama 15 tahun.)

  1. Gravy train

Idiom ini digunakan untuk menunjuk seseorang yang dalam bekerja mendapat upah tinggi namun ia tidak harus menggunakan banyak waktu dan tenaga.

Contoh: When my brother started to work on the online project, he began to ride on the gravy train. He could get $500 for each hour. (Ketika saudara lelakiku mulai mengerjakan proyek online, dia mulai mendapat upah tinggi tanpa perlu bersusah payah. Dia bisa mendapatkan $500 untuk setiap jamnya.)

  1. Nest egg

Idom tentang uang yang terakhir ini digunakan untuk menunjukkan uang yang di tabung dalam jangka waktu yang lama. Misalnya seseorang telah menabung selama lebih dari 5 tahun agar bisa membeli mobil impiannya.

Contoh: David finally opened his nest egg to buy his dreamy car. He has saved that money for more than 5 years.

Nah itu tadi guys 6 idiom about money yang bisa kami bahas untuk kalian semua. Semoga penjelasan ini bisa membuat pengetahuan bahasa inggris mu semakin kaya ya !!!!