menyapa dalam bahasa inggris

Apa yang kamu lakukan jika bertemu dengan teman atau seseorang yang kamu kenal? Pasti kamu menyapa mereka bukan? Nah, mungkin kamu sudah terbiasa menyapa seseorang menggunakan Bahasa Indonesia. Hai? Sehat? Mau kemana?  Gimana kabarmu? Dan masih banyak lagi. lalu, bagaimana jika menyapa dalam Bahasa Inggris? Mungkin kalian penasaran bagaimana budaya di luar negeri saat menyapa satu sama lain. Apakah banyak ragamnya seperti di Indonesia? Kali ini artikel akan membahas seputar menyapa dalam bahasa inggris, yuk langsung saja cek pembahasannya di bawah ini.

Menyapa seseorang menggunakan Bahasa Inggris juga disebut dengan ekspresi Greeting. Mungkin kalian sudah banyak mendengar kata “how are you?” atau “hello”!. Namun native speaker tidak hanya menggunakan dua ekspresi tersebut. Masih ada banyak ekspresi lain yang bisa kalian pakai dan terlihat lebih alam, plus lebih spesifik dalam menyampaikan tujuan kalian saat menyapa seseorang. Sama seperti budaya di Indonesia, ada orang yang menyapa terlebih dahulu untuk memulai percakapan, ada yang benar-benar peduli dan menanyakan kabar, tetapi ada juga yang hanya basa-basi atau sekadar lewat. Nah, ragam ekspresi greeting tersebut juga berfungsi guna membedakan maksud dan tujuan pembicara tersebut.

How are you?

Jika “how are you” diartikan ke dalam Bahasa Indonesia, artinya apa kabar? Mungkin secara otomatis kamu ingin menjelaskan bagaimana keadaan atau kesibukan kamu saat ini, namun kamu harus hati-hati ketika hendak menggunakannya khususnya di daerah Kanada dan sekitarnya, pertanyaan tentang “how are you?” tidak berarti jika pembicara menginginkan jawaban tersebut. Mereka hanya menginginkan jawaban yang simple, yaitu “good” atau “fine” lalu tidak ada obrolan yang lebih lanjut. Menyapa menggunakan kata tersebut juga termasuk dalam situasi formal. Namun terdapat dua jawaban untuk kata sapaan ini, yaitu informal dan formal. Untuk jawaban formal bisa menggunakan “I am fine, thank you”, sedangkan untuk penggunaan informal bisa menjawab dengan “I’m good”.

How are you doing?

Ekspresi lain dari sapaan how are you doing adalah how is it going? Ekspresi tersebut adalah versi informal dari sapaan how are you. Kamu bisa memakainya hampir untuk semua orang. Namun jika kamu dalam situasi formal, maka sebaiknya gunakan sapaan how are you. Nah, adanya kata going sendiri memang terdengar seperti dipendekkan atau disingkat bagian belakangnya, yaitu “go-in”, dan kamu bisa menjawab sapaan tersebut dengan “I’m doing well” atau “It’s going well” tergantung dari pertanyaan tersebut. Bahkan ada jawaban yang lebih singkat lagi meskipun tidak sesuai dengan aturan grammar yaitu “good”.

Hey man!

Kamu juga bisa menggunakan sapaan “hey”, “hello”, “hi” saat menyapa temanmu, ekspresi tersebut sangat populer di kalangan anak muda. “Hi” biasanya juga diapakai saat suasana informal dan lebih santai. Sedangkan sapaan “hey” biasa dipakai untuk menyapa seseorang yang pernah kamu temui sebelumnya. Jadi kalau kamu menyapa dengan “hey!” ke orang yang baru saja kenal, mugkin mereka akan langsung berpikir apakah pernah bertemu dengan kamu sebelumnya. Penggunaan “hey man” adalah sapaan untuk laki-laki. Namun terkadang “hey man!” juga dipakai untuk menyapa teman perempuan yang lebih mudah dan sudah sangat akrab dengan kamu. Kata “hey” sendiri bukan hanya digunakan sebagai sapaan saja, namun juga bisa digunakan sebagai bentuk peringatan, misal ketika ada seseorang yang hendak membuat sampah sembarangan, kamu bisa katakan “Hey! Throw them properly!”

“It’s been a while” dan “Long time no see”

Kata sapaan tersebut bisa kamu gunakan ketika bertemu seseorang yang sudah lama tidak pernah berjumpa lagi. kedua sapaan tersebut mempunyai arti: “sudah lama tidak bertemu”. Misal, kamu baru saja bertemu dengan seseorang yang biasanya bertemu tiap minggu kemudian tiba-iba tidak berjumpa lagi sampai berbulan-bulan. Biasanya penggunaan sapaan tersebut juga ditambah dengan kata “how are you”, “what’s new” atau “how have you been” untuk menanyakan kabar lanjut.

It’s nice to meet you

Kata sapaan diatas lebih bersifat formal dan lebih sopan. Selain menggunakan “it’s nice to meet you”, kamu juga bisa menggunakan sapaan “pleased to meet you” yang mempunyai arti sama yaitu senang berjumpa denganmu. Kamu akan terlihat lebih sopan jika menggunakan sapaan tersebut saat pertama kali bertemu dengan seseorang. Jadi, kamu harus ingat bahwa ekspresi tersebut hanya bisa digunakan pada saat pertemuan pertama kali dengan seseorang. Jika kamu nantinya bertemu lagi, kemudian kamu bisa menggunakan “it’s nice to see you again”.

(Baca juga: Mengenal Lebih Dekat, Apa itu Test TOEIC?)

Nah beberapa ekspresi di atas merupakan cara menyapa dalam bahasa inggris. Jika kalian masih ingin belajar lebih lanjut? Kalian bisa mencari beberapa sumber lain yang bisa menambah wawasan kalian seputar sapaan yang banyak digunakan. Masih ada beberapa kata sapaan lain yang bisa kamu temukan. Atau bisa juga belajar di Kampung Inggris LC !!!