belajar bahasa inggris untuk pemula

Sampai saat ini, Bahasa Inggris merupakan hal yang masih ditakuti. Mengingat bahasa Inggris memiliki peran penting untuk kehidupan, khususnya untuk karir kamu di masa depan, maka Kamu harus menentukan strategi untuk belajar. Jika Kamu masih kesulitan berbicara bahasa Inggris karena grammar, berikut ini adalah beberapa tips belajar bahasa Inggris untuk pemula yang dapat dicoba.

Mulai Dari Materi yang Mudah

Mulailah belajar dari materi dasar. Contohnya untuk tenses dapat dimulai dari Simple Present. Materi tingkat SD pun sebenarnya tidak menadi persoalan karena mengenal alphabet akan sangat membantu Kamu meningkatkan keterampilan dalam berbicara. Selain itu kosakata dari membaca atau mendengarkan cerita anak akan membuat keterampilan dan pengetahuan membacamu meningkat drastic. Ingat, level beginner bukan hal yang memalukan karena semua orang belajar mulai dari level ini

Hindari Menghafal Kosakata

Menghafalkan beberapa kosakata setiap hari sebenarnya tidak selalu efektif dalam belajar bahasa Inggris untuk pemula karena Kamu tidak akan pernah mahir jika hanya sebatas menghafal kosakata. Pasalnya yang lebih banyak kamu butuhkan saat bercakap – cakap dengan orang asing adalah kalimat. Memang mungkin kadang perlu kosakata atau frase. Kosakata yang dipelajari sebaiknya digunakan untuk membuat kalimat sederhana misalnya simple present kemudian berlatih mengucapkan kalimat – kalimat itu secara berulang.

Jangan Membenci Grammar

Grammar merupakan hal yang sangat penting dipelajari dalam grammar karena tanpanya bahasa Inggris menjadi kacau. Tata bahasa atau grammar mempunyai fungsi yang sama dengan bahasa Indonesia. Grammar tersebut menghindari kesalahpahaman yang mungkin terjadi saat kalimat diucapkan. Jadi kamu seharusnya belajar menyukai grammar. Ketika Kamu menguasai grammar dengan baik, maka Kamu akan tahu bagaimana cara berkomunikasi yang efektif. Banyak pemula yang benci dengan grammar. Padahal menguasai materi dasar ini merupakan salah satu cara yang cepat untuk mempelajari bahasa Inggris

Mengasah Kemampuan Mendengar: Menonton Film atau Video

Apakah Kamu suka menonton film British atau Hollywood? Kamu bisa memanfaatkan hobi ini agar cepat mahir. Kamu bisa memulainya dengan menonton film favorit yang dilengkapi subtitle supaya memahami jalan ceritanya. Selanjutnya untuk kedua kalinya, tonton film tersebut tanpa subtitle. Saat menonton, pasang telinga, konsentrasi, dan cobalah memahami apa yang diucapkan oleh tokoh – tokoh film tersebut. Jika Kamu penggemar film Jepang, Korea, atau Thailand, maka Kamu dapat mencari subtitle yang berbahasa Inggris.

Kalau Kamu hobi nonton Youtube, cari video – video berbahasa Inggris. Video di Youtube biasanya jarang menggunakan subtitle bahasa Indonesia sehingga Kamu bisa mempraktikkan kemampuan listening ini melalui video Youtube. Tetapi kalau Kamu mengaku sebagai pecinta lagu, cara ini juga sangat cocok untuk membantu meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu dengan cepat. Saat mendengarkan lagu, jangan hanya menikmati alunan musiknya saja tetapi juga mencoba memahami apa yang dilantunkan oleh penyanyi lagu tersebut. Dengar dan pahami lirik lagunya. Ulangi mendengarkan lagu itu beberapa kali untuk memahami pengucapannya.

(Baca juga: 9 Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris)

Banyak Membaca Teks Bahasa Inggris

Kamu tidak harus memaksakan diri membaca novel Harry Potter versi bahasa Inggris yang tebalnya hingga ratusan halaman. Mulailah belajar dengan buku bahasa Inggris bergambar dan tipis. Kamu bisa membaca buku dongeng anak, buku cerita, atau bacaan lainnya yang kosakatanya sesuai kemampuannya. Belajar dengan cerita bergambar juga banyak manfaatnya lho. Kamu nanti akan lebih mudah mengingat kosakata di dalamnya. Cara ini sekaligus dapat meningkatkan keterampilan membaca dengan cepat karena sesuai kemampuanmu

Jika buku bergambar dianggap kurang menantang, Kamu bisa membaca novel untuk anak atau cerpen tanpa gambar kemudian baca dengan suara yang keras sampai Kamu dapat mendengar suaramu dengan baik. Perhatikan susunan kata atau grammar yang digunakan dalam cerita tersebut. Perhatikan kata demi kata dalam cerita tersebut. Cara ini akan menjadikanmu sebagai pembaca aktif. Lakukan kegiatan membaca ini 20 – 30 menit per hari. Jika Kamu serius, dalam sebulan Kamu akan mengalami peningkatan yang signifikan

Berpikir dan Bicara Dalam Bahasa Inggris

Praktek speaking atau berbicara mungkin dianggap sebagai hal yang wajar dalam belajar bahasa Inggris untuk pemula. Kamu perlu berlatih berpikir dalam bahasa Inggris. Ini akan membuatmu terbiasa mengolah bahasa baru. Kamu hanya perlu melatih diri dan meluangkan waktu untuk berpikir dalam bahasa Inggris.

Bagaimana para pemula? sudah siap untuk menerapkan tips belajar bahasa inggris untuk pemula di atas?. Terus semangat mencoba dan jangan mudah menyerah ya guys !!!!

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •