Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Otodidak 2020

Hampir tahun 2020 nih, gimana progres belajar bahasa Inggris-mu sejauh ini?  Sudah ada kemajuan?  Atau jangan-jangan jalan di tempat? Semoga nggak  ya…Kali ini, Kampung Inggris nggak mau memberi kamu materi dulu. Tapi sebagai gantinya, kami akan memberi kamu daftar aplikasi belajar bahasa Inggris otodidak yang bakalan in di tahun 2020. Penasaran apa saja aplikasi yang keren itu? Check this out!

1.Duolingo

Sejauh ini, Duolingo adalah aplikasi belajar bahasa Inggris yang paling tenar di dunia. Aplikasi ini bisa digunakan untuk siapa saja, dengan usia berapa pun. Alasannya, Duolingo punya fitur level yang membuat kita bisa memilih sendiri level bahasa Inggris yang udah kita kuasai.

Selain dari segi level, Duolingo menawarkan pembelajaran yang mudah, simpel, dan colourful. Ada juga fitur pengingat yang membuatmu harus membuka Duolingo buat belajar, TIAP HARI!

Jadi kalau kamu belum bisa ke Kampung Inggris buat belajar, kamu bisa pakai Duolingo dulu. Jamin the best banget dah aplikasi satu ini.

2.Memrise

Memrise adalah aplikasi berikutnya yang nggak kalah keren dengan Duolingo. Daripada disebut aplikasi, sebenarnya Memrise lebih cocok disebut sebagai sharing community. Sebab di dalamnya, kamu bisa mempelajari banyak materi bahasa Inggris yang dibuat oleh banyak content creator.

Materi yang ada di dalam Memrise sangat lengkap, mulai dari grammar, percakapan, sampai pedoman pronunciation.

Aplikasi ini mendukung tiga versi, yaitu versi free, pro, dan premium. Untuk versi pro-nya, kamu perlu membayar sekitar $9/bulan, sedangkan versi premium-nya sebesar $60/bulan.

3.Busuu

Dari segi popularitas, Busuu bersaing ketat dengan Duolingo. Hal ini wajar, apalagi selain melalui aplikasi, Busuu juga eksis di dunia website.

Saat kamu menggunakan Busuu, kamu bisa mempelajari bahasa Inggris mulai dari materi basic banget sampai yang paling advanced. Selain itu, kamu juga nggak perlu repot-repot menerjemahkan karena fitur-fitur Busuu didukung Bahasa Indonesia.

Keunggulan Busuu dibanding dengan lainnya adalah kesempatan untuk ngobrol dengan English native  speaker langsung. Jadi kamu bisa mempraktikkan semua materi yang kamu pelajari dengan penguji handal.

Untuk mengaktifkan membership Busuu, kamu hanya perlu membayar biaya yang sangat murah, yaitu sekitar $60/tahun.

4.Babbel

Nggak punya waktu buat belajar bahasa Inggris dari basic banget? Pengen langsung belajar speaking dan percakapan sehari-hari? Babbel adalah aplikasi bahasa Inggris yang bisa kamu pilih.

Babbel merupakan aplikasi yang fokus pada  melancarkan English conversational. Selain itu, paket pembelajarannya juga bertahap dan pendek-pendek, hanya maksimal 15 menit per video. Jadi kamu nggak perlu khawatir kesulitan membagi waktu untuk belajar bahasa Inggris.

Rekomendasi :  Belajar Bahasa Inggris Dari Idiom

Untuk mengikuti paket belajar di Babbel, kamu perlu membayar sekitar $7,5/bulan.

5.Hello English

Hello English adalah aplikasi belajar bahasa Inggris yang menawarkan paket All-In-One, mulai dari materi, latihan vocab, sampai guru. Selain materi online, kamu juga bisa memanfaatkan materi-materi offline yang disediakan.

Bukan hanya paket pembelajaran bahasa Inggris, Hello English juga menyediakan banyak podcast, video, dan ebook yang bisa diunduh.

Kalau kamu ingin belajar dengan paket lengkap Hello English, kamu cukup membayar $30/tahun saja.

6.Lingbe

Di antara semua aplikasi yang disebutkan dalam daftar ini, nggak ada yang seunik Lingbe!

Lingbe adalah aplikasi yang bisa membantumu menemukan guru bahasa Inggris dari native langsung. Kamu bebas memilih siapa pun native yang cocok untuk mengajarimu, gratis tanpa biaya!

Akan tetapi jika kamu ingin menjadi membership Lingbe, ada satu syarat yang harus dipenuhi: kamu harus mau jadi guru bahasa juga. Misalnya nih, kamu native Bahasa Indonesia, jadi kamu harus bersedia mengajari orang lain yang ingin belajar Bahasa.

7.FluentU

FluentU adalah aplikasi bahasa Inggris yang hanya berfokus pada pembelajaran video saja. Akan tetapi jangan salah sangka, ada ribuan video yang bisa memuaskanmu! Selain itu, seluruh video dilengkapi dengan subtitle, jadi kamu bisa belajar pronunciation juga.

Supaya bisa mendapatkan akses ke seluruh video pembelajaran bahasa Inggris di FluentU, kamu perlu membayar sebesar $30/bulan. Dengan membayar ini kamu bukan hanya bisa belajar bahasa Inggris, tapi juga berbagai bahasa lainnya.

8.Xeropan

Mencari aplikasi belajar bahasa Inggris yang terasa seperti aplikasi game? Xeropan bisa jadi opsi terbaik buat kamu para gamers!

Xeropan adalah aplikasi yang pembelajaran bahasa Inggrisnya diberikan dalam bentuk game. Jadi untuk naik ke tahap-tahap belajar berikutnya, kamu perlu memenangkan babak demi babak game di dalamnya.

Kabar baiknya lagi, Xeropan 100% gratis! Kamu bisa memainkan game Xeropan sepuasnya tanpa harus memikirkan biaya.

9.Udemy

Di mana lagi tempat belajar bahasa Inggris online yang komplit, kalau bukan di Udemy? Kalau kamu nggak sempat ke Kampung Inggris, mimin sarankan kamu untuk ambil kursus di Udemy!

Di platform pembelajaran ini, kamu bisa memilih materi bahasa Inggris apa saja yang kamu inginkan. Tentunya dengan teacher native yang kamu sukai juga. Biaya kursusnya juga nggak terlalu mahal, mulai dari 150 ribu hingga 3 juta aja.

Sekali bayar, kamu akan mendapatkan materi dan video pembelajaran dari Udemy. Selain itu kalau ada yang tidak kamu pahami, kamu bisa berkonsultasi langsung dengan gurumu.

10.Rosetta Stone

Baru banget belajar bahasa Inggris? Kemampuan masih 0 banget, tapi pengen jago bahasa Inggris? Aplikasi Rosetta Stone akan membantumu belajar sampai mahir!

Rekomendasi :  Perbedaan Sentence, Clause, dan Phrase dalam Bahasa Inggris

Metode pembelajaran yang ada dalam Rosetta Stone benar-benar basic. Selain itu materinya juga ringkas dan sangat mudah dipahami. Jadi meski kamu masih awam banget, kamu nggak bakal kesulitan memahami materi yang ada di dalam sini.

Dan…yang paling keren dari aplikasi ini adalah kemampuannya mengenali pronunciation non-native secara akurat. Meski pun kamu masih kesulitan dalam menyebutkan vocab, AI aplikasi ini akan memahami apa yang kamu katakan.

11.Hello Talk

Hello Talk adalah aplikasi sosial media  yang khusus dibuat untuk mempermudah belajar bahasa Inggris. Melalui aplikasi ini, kamu bisa berkenalan dengan para native sekaligus berbincang dengan mereka melalui video call/chat.

Saat kamu melakukan kesalahan dalam berkomunikasi, mesin ini akan langsung memberikan koreksi padamu. Jadi sambil praktik, kamu bisa pelan-pelan memahami bagaimana cara berkomunikasi yang benar dalam bahasa Inggris.

12.Tandem

Tandem nyaris mirip dengan Hello Talk, bedanya fitur Tandem jauh lebih lengkap dan berbayar.

Akan tetapi kamu nggak bakal rugi saat menggunakan Tandem. Dengan aplikasi ini, kamu akan dipasangkan dengan seorang native bahasa Inggris. Setelah itu, kalian berdua bebas berinteraksi melalui berbagai fitur yang ada. Kamu bisa belajar bahasa Inggris, dan lawan bicaramu juga bisa belajar bahasa Indonesia darimu.

13.Google Translate

Siapa yang nggak kenal dengan Google Translate? Seluruh dunia juga tahu kalau Google Translate adalah alat terjemahan paling instan yang pernah ada (thanks to Google, really).

Tapi nggak banyak yang sadar, kalau Google Translate juga bisa digunakan untuk belajar bahasa Inggris juga lho! Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan dengan aplikasi ini, mulai dari belajar menerjemah, structure, sampai meluaskan vocabulary.

Itulah daftar lengkap aplikasi belajar bahasa Inggris otodidak yang nggak boleh kamu tinggalin di tahun 2020! Sebenarnya sih, kalau mau lebih efektif lagi, kamu perlu belajar langsung face to face dengan expert di Kampung Inggris Pare.

Tapi it’s okay, walau nggak bisa ke sini, jangan sampai semangat belajar bahasa Inggris-mu runtuh! Manfaatkan internet yang ada buat belajar bahasa Inggris yang maksimal di rumah!

Ingin baca artikel lain dari Kampung Inggris yang sama menariknya? Kamu mungkin suka ini: Vocabulary Cantik dalam Bahasa Inggris

vote
Article Rating