american R dan British R

Bahasa Inggris itu tak hanya bahasa tertulis saja. Tetapi, bahasa Inggris juga terdiri dari bahasa lisannya. Di dalam bahasa Inggris lisan, pasti terdapat aksen dan logat. Logat ini terbagi dua yaitu American dan British accent. Perbedaan kedua logat dan aksen ini terletak dalam beberapa teknik pengucapan atau pronunciation. Salah satunya adalah pengucapan huruf R. Pengucapan ini seringkali disebut American R and British R. Inilah beberapa penjelasan mengenai kedua jenis aksen bahasa Inggris ini.

Perbedaan American R and British R

a. Pada Awal Sebuah Kalimat

Ini menjadi poin pertama untuk mempelajari perbedaan aksen Amerika dan Inggris. Poin pertama adalah perbedaan pengucapan huruf R di awal kata. R diawal kata ini menjadi sangat penting bagi kedua jenis aksen ini. Pengucapan huruf R di awal kata biasanya dibaca dengan jelas dan baik untuk kedua aksen Inggris dan Amerika. Kedua aksen tersebut mengajarkan hal yang sama. Misalnya ada beberapa kata seperti Rough, Rush, Raven, Rail, dan lain – lain. Huruf R di awal huruf harus dibaca dengan jelas saat Anda berbicara memakai aksen Amerika ataupun Inggris.

b. Di Tengah Kata

Hal kedua yang dipelajari saat mempelajari aksen Amerika dan Inggris adalah pelafalan di tengah kata. R di tengah kata terkadang dan mungkin bisa berbeda cara pelafalannya. Perbedaan untuk pengucapan antara American R and British R terletak pada di bagian tengah kata dan diikuti oleh huruf konsonan. Di dalam American accent, pelafalan R di tengah kata tetap dibaca dengan jelas dan baik. Sementara untuk British accent, pelafalan R di tengah kata dilafalkan secara samar – samar atau unclear. Contoh katanya adalah Burn, Corn, Learn, Torn, dan lain – lain. Pastikan Anda mengetahui huruf R di tengah kata yang dilafalkan secara samar – samar dan tidak.

Kondisi diatas terjadi hanya saat R bertemu dengan konsonan. Tetapi, bila R yang berada di tengah kata bertemu dengan huruf vokal, hal ini berbeda. Cara pelafalan baik aksen Amerika ataupun Inggris berbeda. Huruf R tersebut dibaca dengan jelas dan baik untuk aksen Inggris dan Amerika. Ada beberapa contoh untuk kata – kata ini misalnya hurry, very, vary, blurry, dan lain – lain. Anda harus melafalkan huruf R dengan jelas.

c. Di Akhir Kata

Poin terakhir adalah pelafalan huruf R di akhir kata bahasa Inggris. Bila Anda menemukan kondisi seperti ini, maka pengucapan untuk aksen British dan American sedikit berbeda. Perbedaannya adalah dibaca jelas dan baik untuk aksen American. Sedangkan untuk Anda yang memakai aksen British, huruf R di akhir kata tidak dilafalkan ataupun tidak dibaca. Cobalah amati para artis dan selebritis luar negeri yang memakai aksen British dan American, pastinya cara pelafalan huruf R berbeda. Ada beberapa kata yang dilafalkan berbeda. Contohnya adalah kata Water, Taylor, Far, Jar, dan lain – lain.

Untuk lebih jelas dalam hal American R and British R, Anda harus mempelajari banyak video yang memuat tentang pengucapan dan pelafalan huruf R untuk kosa kata tertentu yang berkaitan dengan aksen British dan American. Salah satunya bisa langsung simak video dibawah ini:

Setiap aksen memiliki ciri khas tersendiri terutama dalam pelafalan huruf R di dalam suatu kata baik huruf R itu terletak di awal, tengah, atau pun akhir kata bahasa Inggris. Semuanya memiliki aturan tersendiri untuk Anda pelajari sehingga Anda bisa berbicara bahasa Inggris dengan baik dan benar sesuai dengan aksen. Semangat berlatih !!!

Materi lain yang bisa juga kamu pelajari: Penggunaan Leader dan Boss Beserta Contoh Kalimat.