tidak percaya diri dalam speaking

Bahasa Inggris memang sudah bukan bahasa yang asing lagi di lingkungan akademis dan pelajar, apalagi pagi para murid di kalangan sekolah yang mempunyai standard tinggi atau berbasis Internasional, menggunakan bahasa asing bukan menjadi suatu hal yang aneh lagi tentunya.

Banyak murid yang diwajibkan untuk bisa berbicara bilingual (dua bahasa), baik itu menggunakan Bahasa Indonesia ataupun Bahasa Inggris, atau bahkan campuran bahasa asing lainnya. Namun, meski Bahasa Inggris sendiri sudah menjadi salah satu bahasa pengantar di banyak sekolah, tetap saja masih banyak murid yang masih ragu untuk berbicara Bahasa Inggris secara jelas.

Bukan hanya kurangnya latihan , namun juga bisa dikarenakan karena banyak yang malas untuk mengucapkan berbagai macam percakapan menggunakan Bahasa Inggris. Salah satu alasan yang paling mendasar adalah tidak percaya diri dalam speaking Bahasa Inggris.

Mungkin kalian juga pernah mengalami saat dihadapkan pada debat, permainan peran, mendiskusikan topik dan masih banyak lainnya, kebanyakan merasa malu untuk mencoba mengekspresikan sudut pandang mereka, mungkin kamu termasuk salah satunya. Ada beberapa alasan utama mengapa merasa tidak percaya diri dalam speaking Bahasa Inggris. Alaan tersebut sudah dirangkum penjelasannya di bawah ini:

Kurangnya wawasan pada topik pembahasan

Salah satu penyebab utama yang membuat siswa merasa tidak percaya diri atau bahkan tidak mau berbicara Bahasa Inggris adalah karena siswa tersebut mungkin tidak mempunyai wawasan cukup terhadap topik yang akan dibahas. Atau kamu memang belum menguasai materi bahasa yang akan didiskusikan, atau juga bisa dikarenakan tidak memperhatikan dengan baik. Disini peran seorang pengajar memang sangat dibutuhkan agar bisa membimbing siswanya menjadi lebih paham tentang materi yang akan dibahas di depan kelas.

Merasa khawatir dengan pendapat lain

Mungkin ada siswa yang memiliki pendapatnya sendiri, namun dia merasa  khawatir dengan apa yang akan dikatakan siswa lain nantinya, atau siswa tersebut merasa sangat khawatir jika para siswa lain menyerangnya atau menggunakan kalimat yang tidak terlalu enak didengar, atau singkatnya diajak berdebat. Peran pengajar disini juga bisa mendominasi, jangan sampai ada debat yang topiknya melenceng dari topik yang sedang dibahas.

Bukan bahasa ibu

Seperti yang kita tahu bahwa Bahasa Inggris bukan bahasa ibu yang digunakan sehari-hari. Sehingga banyak siswa yang menjadi takut jika terjadi kesalahan ketika berbicara bahasa inggris di depan kelas dan tidak mempunyai rasa percaya diri karena takut salah. Jika ada murid yang mempunyai obsesi untuk menyatakan pendapatnya menggunakan Bahasa Inggris, hal ini sudah merupakan pertanda bagus, Berarti murid tersebut mempunyai kemauan untuk belajar Bahasa Inggris dan pengajar harus benar-benar memahami kebutuhan siswanya.

Adanya persaingan

Adanya persaingan antar murid mungkin bisa menurunkan rasa percaya diri murid yang belum fasih berbicara Bahasa Inggris dan takut bersaing dengan murid yang jauh lebih fasih.

(Baca juga: Cara Belajar Speaking Dengan Mudah)

Bagaimana meningkatkan rasa percaya diri dalam berbicara bahasa inggris?

Selalu dengarkan dan ulangi

Pasti kalian mempunyai acara televisi, saluran YouTube atau film favorit bukan? Daripada kalian hanya menontonnya dengan diam saja, kalian bisa mulai mendengarkan apa yang dikatakan lalu coba ulangi dialog yang kalian anggap menarik. Kalian bisa berhenti sejenak, memutar ulang dan mendengarkan percakapan tersebut berulang kali bila diperlukan. Akan lebih baik jika kalian mengaktifkan pengaturan subtitle berbahasa inggris sehingga kalian bisa mengidentifikasi setiap kata.

Cari partner berlatih

Praktik seorang diri bukanlah hal mudah, terlebih lagi jika kalian ingin meningkatkan kemampuan berbicara bahasa inggris. Kalian bisa mencari teman yang mempunyai tujuan sama, yaitu mereka yang ingin meningkatkan rasa percaya diri dalam berbicara Bahasa Inggris. Kalian bisa menerapkan peraturan “English Only” ketika sedang bertemu, dimana setiap orang harus menggunakan Bahasa Inggris dalam satu atau dua jam. Hal ini akan membuat kamu merasa lebih nyaman berbicara bahasa inggris.

Jangan takut jika membuat kesalahan

Kalian harus ingat bahwa tidak apa-apa jika kalian membuat kesalahan, jika kamu menemui kesulitan untuk mengucapkan beberapa kata Bahasa Inggris, kamu bisa berhenti sejenak dan luangkan waktu untuk bernafas, kemudian lanjutkan berbicara lagi. Kenyataan bahwa kamu bisa berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris yang bukan Bahasa Ibu sudah menjadi alasan yang cukup membanggakan. Serupa dengan tugas berat lainnya, kunci keberhasilan dalam berbicara Bahasa Inggris dengan percaya diri adalah praktik dan lebih banyak praktik lagi. Selalu konsisten dengan perjalananmu dalam mempelajari bahasa Inggris dan luangkan waktu setiap harinya untuk berbahasa Inggris. Hal tersebut juga bisa membuat kalian lebih terbiasa dalam berbicara Bahasa Inggris. Atau jika kalian suka membaca novel  atau buku non-fiksi berbahasa Inggris, kalian bisa meluangkan waktu untuk membacanya dengan keras. Hal ini juga salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan membaca dan pelafalan dalam Bahasa Inggris.

Jika kamu menerapkan tips diatas dijamin kamu tidak akan lagi memiliki alasan untuk tidak percaya diri ketika berbicara bahasa inggris. Satu lagi, biar makin percaya diri untuk bicara bahasa inggris kamu harus belajar di Kampung Inggris LC.

“Target Saya Menguasai Speaking dan Grammar Bisa Tercapai dalam Waktu 2 Bulan – Ignasius Indra, Pekalongan, selengkapnya baca DI SINI

Caranya gampang tinggal klik aja gambar dibawah ini !!!