aplikasi belajar bahasa inggris untuk anak

Teknologi menjadikan metode belajar bahasa Inggris untuk anak lebih mudah. Bahkan media nya pun kalian gunakan dalam kehidupan sehari-hari: ponsel pintar. Anak-anak di zaman modern sudah akrab dengan gawai-gawai canggih dan memainkan nya untuk bermain hingga berkomunikasi. Kalian mungkin menganggap fenomena ini kurang sesuai dengan usia mereka. Akan tetapi, kedekatan anak-anak dengan perangkat elektronik seperti smartphone sebenarnya dapat menghasilkan sesuatu yang positif, salah satunya adalah untuk mengajarkan bahasa Inggris.

Bagaimana caranya? (Cara Mudah Mengajak Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak). Jalan termudah yang dapat kalian ambil adalah mengunduh sembilan aplikasi edukatif untuk belajar bahasa Inggris seperti yang tertera di bawah ini.

9 Aplikasi Menarik Untuk Anak-Anak yang Ingin Belajar Bahasa Inggris

  1. Bumblebee Touchbook

Bumblebee memberikan berbagai fitur yang akan membuat bahasa Inggris mudah dan menyenangkan bagi anak-anak. Mereka hanya perlu menyentuh huruf yang disediakan untuk menampilkan audio serta animasi dari huruf yang bersangkutan.

Jika kamu ingin memperdengarkan audio dari seluruh halaman, cukup sentuh gambar lebah atau bee dalam laman tersebut. Cara kerjanya yang interaktif menjadikan Bumblebee Touchbook sebagai aplikasi pembelajaran bahasa Inggris favorit anak-anak.

  1. Alphabet Fun

Aplikasi ini dirancang untuk anak-anak yang belum memasuki bangku sekolah, lebih tepatnya mereka yang berusia 3-5 tahun. Sesuai namanya, Alphabet Fun mengajarkan anak-anak untuk mengenal huruf-huruf dalam bahasa Inggris dengan cara menyenangkan.

Aplikasi tersebut menyediakan sekitar 70 gambar berwarna berukuran besar dan teks yang gampang dibaca. Dengan begitu, anak-anak dapat mengeksplor berbagai alfabet, angka, maupun warna dengan bantuan audio pronunciation-nya.

  1. Pili Pop

Selanjutnya, ada Pili Pop yang cocok digunakan anak-anak usia sekolah atau 6 tahun ke atas. Aplikasi ini menyediakan animasi-animasi menarik yang dapat membantu mengasah kemampuan bicara (speaking) dan mendengar (listening) saat belajar bahasa Inggris untuk anak.

Selain itu, Pili Pop dilengkapi dengan sistem yang bisa mengenali suara, sehingga program ini bisa memberikan feedback untuk pelafalan atau pronunciation langsung kepada anak-anak.

  1. Kids Learn English

Aplikasi besutan Busuu ini dapat membantu anak memperkaya kosakata bahasa Inggris. Pasalnya, Kids Learn English akan mengenalkan 150 kata melalui 30 jenis permainan di dalamnya. Kalian dapat unduh aplikasi versi basic secara cuma-cuma untuk mengenalkan anak pada vocabulary lewat animasi taman. Uniknya, semakin baik dan semakin sering anak-anak mempelajari bahasa Inggris, maka taman di dalam Kids Learn English pun akan semakin subur.

  1. Fun English

Dikembangkan oleh Studycat, Fun English mempunyai range usia yang lebih luas dibandingkan aplikasi-aplikasi sebelumnya, yakni anak-anak berumur 3 sampai 10 tahun. Hal ini pula yang membuat Fun English sarat akan beragam gim menyenangkan nan edukatif. Jadi, anak-anak yang menggunakan apliaksi ini pun tak hanya terhibur, tetapi juga dapat menyerap materi-materi berbahasa Inggris tanpa terpaksa sama sekali.

  1. English for Kids with Benny

Aplikasi interaktif satu ini akan mengajarkan bahasa Inggris kepada anak-anak dengan bantuan gajah bernama Benny. Sang gajah akan membimbing anak untuk memakai kata-kata bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Lantas, aplikasi belajar bahasa Inggris untuk anak ini terdiri atas berbagai menu seperti pengenalan huruf dan angka, makanan, binatang, buah, dan lain sebagainya. English for Kids with Benny yang dikembangkan Online Science Classroom ini dapat diinstal pada Android 2.2 ke atas.

  1. FunnyPets

Berikutnya, ada FunnyPets yang dapat kamu unduh untuk mengenalkan bahasa Inggris dengan mudah kepada anak-anak. Aplikasi ini terdiri atas tiga jenis permainan, yakni melihat objek beserta mendengar pengucapannya, menghubungkan kata-kata tertulis sesuai pelafalannya, dan mengembangkan imajinasi bermain anak dengan berbagai karakter. FunnyPets cocok dipakai sebagai media pembelajaran bahasa Inggris untuk anak-anak berusia 2-9 tahun.

  1. English for Kids

English for Kids merupakan aplikasi edukatif yang dapat memacu kreativitas anak. Dengan aplikasi ini, mereka dapat mempelajari alfabet dalam bahasa Inggris, merangkai kata, hingga menyusun kalimat. Untuk memudahkannya, English for Kids menyediakan cara membaca yang disertai terjemahan dalam bahasa Indonesia. Dikembangkan oleh Bamboomedia, English for Kids dapat diinstal dan dijalankan pada ponsel Android 2.2 ke atas.

  1. Belajar Bahasa Inggris

Aplikasi terakhir yang dapat kalian unduh adalah Belajar Bahasa Inggris. Dalam aplikasi ini, setidaknya ada 30 pelajaran menarik yang membahas frasa-frasa bahasa Inggris yang dipakai dalam percakapan bahasa Inggris. Tak hanya itu, Belajar Bahasa Inggris pun dibekali dengan fitur-fitur seperti pelajaran berbasis audio-visual hingga Talkback yang memudahkan anak-anak merekam suara untuk nantinya dibandingkan dengan rekaman native speaker.

Itulah sembilan aplikasi edukatif untuk anak-anak yang dapat diunduh dan diinstal ke ponselmu. Walau aman untuk anak, penggunaannya tetap harus diawasi orang dewasa agar tidak disalahgunakan.

Mudah-mudahan daftar ini dapat membantu kalian menemukan aplikasi yang tepat sebagai media belajar bahasa Inggris untuk anak!