tips listening bahasa inggris

Jika kamu seorang pelajar atau mahasiswa yang sedang mempelajari bahasa Inggris, tentunya kamu sering mendapat sesi listening dimana kamu harus mendengarkan percakapan atau teks bahasa Inggris lalu mengisi jawabannya di lembar jawabanmu. Bagi sebagian orang, listening sangatlah sulit. Sebenarnya, ada banyak tips yang bisa kamu coba untuk meningkatkan kemampuan listening kamu. Berikut ini tips listening bahasa Inggris yang bisa kamu coba.

Tips Listening Bahasa Inggris yang Harus Kamu Coba

Dengarkan Lagu Berbahasa Inggris

Mendengarkan lagu bahasa Inggris rupanya sangat bermanfaat dan bisa meningkatkan kemampuan listeningmu. Saat ini, ada banyak sekali lagu bahasa Inggris yang enak untuk didengar. Selain enak didengar, lagu bahasa Inggris bisa dijadikan media untuk menguasai listening. Jadi, biasakan untuk mendengar lagu-lagu berbahasa Inggris. Agar lebih menguasai listening, kamu pun bisa menuliskan lirik lagu bahasa Inggris. Jadi, kamu tak hanya bisa meningkatkan kemampuan listeningmu, namun juga bisa meningkatkan kemampuan grammar kamu. Saat kamu menulis lirik lagu bahasa Inggris, kamu akan tahu kosa kata baru dan aturan grammar yang tepat. Putar lagu bahasa Inggris yang kamu suka, lalu belajarlah untuk mendengar satu per satu kosakata dari lagu tersebut agar kemampuan listeningmu meningkat.

Menonton Film Berbahasa Inggris Tanpa Subtitle Indonesia

Tips berikutnya yang bisa kamu coba untuk meningkatkan kemampuan listeningmu adalah dengan menonton film berbahasa Inggris tanpa subtitle Indonesia. Cara ini bisa meningkatkan kemampuan listening kamu. Dengarkan dengan baik setiap percakapan yang ada dalam film yang kamu tonton. Jika kamu melakukan tips ini berulang kali, kamu akan lebih peka terhadap kosakata yang biasanya digunakan dalam percakapan. Dengan begitu, nantinya kemampuan listening kamu akan meningkat. Setelah terbiasa menonton film tanpa subtitle Indonesia, cobalah melakukan latihan listening. Pastinya kemampuan listeningmu akan lebih baik.

Menonton Video di Channel Youtube Berbahasa Inggris

Ini adalah tips berikutnya yang bisa kamu coba untuk meningkatkan kemampuan listening kamu. Banyak sekali orang barat yang membuat channel di Youtube, baik itu channel film, petualangan, memasak, dan lain-lain. Tak ada salahnya jika kamu menonton video-video berbahasa Inggris yang kamu anggap bermanfaat. Awalnya mungkin kamu tidak mengerti banyak tentang apa yang diucapkan oleh orang-orang pada video tersebut. Namun jika kamu sering melihat video berbahasa Inggris, kemampuan bahasa Inggrismu akan semakin meningkat. Setelah itu, pastinya kemampuan lsitening kamu akan meningkat juga.

Jangan Lupa Berlatih

Latihan tentunya sangat penting untuk meningkatkan kemampuan listening kamu. Di internet,kamu bisa mendownload soal-soal listening yang bisa kamu gunakan untuk latihan. Jangan ragu untuk berlatih, karena berlatih adalah kunci kesuksesan dalam menguasai sesuatu. Awalnya mungkin kamu merasa sulit untuk mengerjakan soal-soal listening. Namun jika terus dicoba, kamu pasti akan menguasai listening dengan sendirinya.

Berbicara Dengan Native Speaker

Satu lagi tips yang bisa kamu coba adalah berbicara dengan native speaker. Saat ini ada banyak sekali aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk berkomunikasi dengan setiap orang di negara mana pun, termasuk negara yang penduduknya berbahasa Inggris. Manfaatkan aplikasi tersebut untuk berkomunikasi dengan native speaker. Saat kamu mencoba mengobrol dengan native speaker, kamu pun tanpa sadar akan memahami apa yang dikatakan oleh native speaker tersebut. Semakin sering kamu berkomunikasi dengan native speaker, semakin kemampuan listening kamu akan meningkat.

Nah itu tadi 5 tips listening yang wajib kamu coba untuk meningkatkan kualitas listening bahasa inggrismu. Selamat mencoba ya guys, semoga sukses!

Yuk baca juga materi lainnya guys, salah satunya adalah Pentingnya Mempelajari Sinonim Dalam Bahasa Inggris.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •