tips test IELTS

Tips tes IELTS pada artikel ini akan membahas bagaimana caranya agar kalian bisa lolos tes IELTS dengan score minimal 7.

Kenapa harus lolos tes IELTS dengan score minimal 7? Karena jika kalian ingin meneruskan kuliah di luar negeri biasanya pihak perguruan tinggi mengharuskan kalian agar memiliki score IELTS minimal 6.

Namun tiap perguruan tinggi tentu memberlakukan nilai minimal yang berbeda-beda. Untuk mengantisipasi nilai minimal yang diharuskan oleh pihak perguruan tinggi tujuanmu, maka ada baiknya kamu memiliki score yang agak tinggi yaitu 7 dan akan lebih bagus lagi jika score IELTS kamu bisa tembus 9.

Nah, agar score IELTS-mu bisa mencapai 7, bacalah tips lolos IELTS berikut ini …

Banyak Membaca Buku dan Artikel Berbahasa Inggris British

Seperti yang kita ketahui, IELTS menggunakan bahasa Inggris British, oleh karena itu kamu tidak bisa sembarangan membaca buku atau artikel untuk meningkatkan kemampuan reading IELTS-mu.

Salah satu novel yang menggunakan Inggris British adalah novel Harry Potter. Jika kamu belum pernah membacanya, cobalah untuk mulai membaca novel tersebut dari buku pertama hingga buku terakhir (buku ke-7).

Jika kamu bisa mengkhatamkan novel Harry Potter dari buku 1 hingga buku 7, dijamin deh kamu tidak akan pusing dan tidak perlu berpikir keras saat menghadapi reading section pada tes IELTS.

Kalau kalian tidak suka dengan Harry Potter, maka kalian bisa membaca novel British lainnya seperti The Casual Vacany karya penulis yang sama dengan Harry Potter yaitu J.K Rowling; American Gods karya Neil Gaiman dan yang tidak kalah menarik dan akan meningkatkan kemampuan reading IELTS-mu adalah novel Atonement karya Ian McEwan.

Perbanyak Tonton Film Buatan UK

Cara lain agar kamu lolos tes IELTS adalah perbanyak menonton film. Menonton film bertujuan untuk meningkatkan kemampuan listening kamu.  Namun, kamu tidak bisa menonton sembarangan film. Supaya lolos IELTS film yang harus kamu tonton adalah film berbahasa Inggris British.

Selama ini banyak sekali film berbahasa Inggris yang tayang di bioskop-bioskop tanah air dan disiarkan ulang di televisi Indonesia. Meski menggunakan bahasa Inggris, tetapi tidak semua film-film tersebut menggunakan bahasa Inggris British. Kebanyakan dari film-film itu menggunakan bahasa Inggris Amerika.

Kalau kalian sulit untuk membedakan antara film Hollywood dengan film UK, berikut adalah daftar film-film UK yang perlu kamu tonton:

  • Harry Potter (Film 1-7)
  • The Theory of Everything (rilis tahun 2014)
  • Dunkirk (rilis tahun 2017)
  • The Other Side of The Door (rilis tahun 2016)

Tonton dan Baca Berita Berbahasa Inggris

Langkah lain untuk meningkatkan kemampuan listening IELTS selain menonton film adalah dengan menonton berita.

Bahasa yang digunakan berita dan yang digunakan oleh film tentu berbeda. Sementara pada tes IELTS kalian akan menemukan artikel yang gaya penulisannya mirip dengan gaya penulisan berita. Oleh karena itu kalian harus sering menonton berita berbahasa Inggris British.

Untuk meningkatkan kemampuan reading dan penguasaan grammar, perbanyaklah membaca berita berbahasa Inggris British. Terutama berita atau artikel ilmiah.

Jika tujuan kamu mengikuti tes IELTS adalah untuk meneruskan kuliah, maka kamu harus perbanyak membaca artikel ilmiah. Karena nantinya kamu akan diminta untuk menulis suatu artikel dengan panjang 200-250 kata dengan topik tertentu.

Tulis Ulang Artikel Berbahasa Inggris Amerika Menjadi Bahasa Inggris British

Jika kamu menemukan artikel berbahasa Inggris US, cobalah untuk mengubahnya ke dalam bahasa Inggris British.

Fungsi dari mengubah artikel berbahasa Inggris Amerika ke bahasa Inggris British adalah untuk meningkatkan kemampuan grammar dan penguasaan vocabulary-mu.

Banyak Latihan Menulis

Ketika kamu mengikuti tes IELTS, maka kamu akan diminta untuk menulis artikel dengan topik yang telah ditentukan.

Hal yang paling dibutuhkan dalam  tes writing IELTS adalah penguasaan grammar dan vocabulary.

Agar kamu bisa lolos tes writing, rajin-rajinlah menulis dengan bahasa Inggris British. Kamu bisa memulai dari menulis hal yang ringan seperti memperkenalkan dirimu, menceritakan sahabat-sahabatmu, mengulas hal-hal yang kamu sukai seperti musik favorit, aktor favorit dan masih banyak lagi.

Setelah menulis dengan topik ringan, beranjaklah untuk menulis artikel dengan topik yang agak berat seperti menulis berita hingga ke topik yang berat seperti tulisan ilmiah.

Apabila terlalu susah, kamu bisa berlatih mulai dari menerjemahkan berita berbahasa Indonesia ke bahasa Inggris British dan menerjemahkan karya ilmiah berbahasa Indonesia ke bahasa Inggris British.

Setelah terbiasa menerjemahkan tulisan orang lain,mulailah untuk menulis berita dan karya ilmiah sendiri.

Ikuti IELTS Preparation

Cara terakhir agar kamu bisa mendapatkan score 7 pada tes IELTS-mu adalah dengan mengikuti IELTS preparation.

Persiapan tes IELTS ini bisa kamu ikuti dengan mendaftarkan diri ke tempat kursus bahasa Inggris yang ada di kotamu. Biasanya seluruh tempat kursus bahasa Inggris menyediakan program IELTS preparation.

Sudah tidak sabar untuk mendapatkan score IELTS di atas 7? Selamat mencoba tips tes IELTS ini ya guys !!!

Materi lain yang bisa kamu baca: Empat Sarana Belajar Bahasa Inggris Yang Seru Buatan Kalian.