pintar ngomong bahasa inggris

Bagi kalian yang sedang belajar bahasa Inggris apalagi yang masih berada di level pemula, mungkin penguasaan speaking skill atau berbicara menjadi tantangan yang tidak mudah untuk ditaklukkan. Mengapa demikian? Ada banyak faktor yang membuat speaking dalam bahasa Inggrsis menjadi hal yang susah-susah gampang untuk dipelajari.

Pertama, kalian harus memiliki kosakata yang cukup untuk dapat berbicara dengan lancar, bahkan untuk keperluan percakapan sederhana sehari-hari. Kedua, selain kosakata yang cukup, kalian juga harus bisa melafalkan atau mengucapkan kosakata yang kalian ketahui itu dengan tepat, agar orang yang mendengarnya pun menjadi paham. Ketiga, pengucapan yang jelas memang membantu untuk dapat memberikan atau menanyakan informasi dengan sangat sederhana, namun, terkadang untuk mengungkapkan hal yang lebih kompleks, dibutuhkan tata bahasa yang baik agar lawan bicara paham dan tidak salah mengerti. Keempat, aksen penutur asli bahasa Inggris berbeda dengan bahasa asli yang biasanya kalian gunakan, dan masih banyak lagi faktor yang lainnya. Beberapa faktor tersebut terkadang membuat orang mengalami kesulitan untuk mampu berbicara dengan fasih layaknya penutur asli bahasa Inggris. Namun, kalian tidak perlu khawatir karena di sini kita akan belajar tentang tips pintar bicara bahasa Inggris yang akan membantu kalian dalam menguasai skill berbicara dengan lebih mudah.

Tips Pintar Bicara Bahasa Inggris

Perbanyak exposure bahasa Inggris native

Tips pintar bicara bahasa Inggris yang pertama adalah perbanyak exposure. Maksud dari exposure di sini adalah paparan kalian terhadap bahasa Inggris. Semakin sering kalian “terpapar” bahasa Inggris, maka akan semakin familiar pula kalian dengan bahasa tersebut. Karena kita sedang membahas tentang tips pintar bicara bahasa Inggris, maka konteks paparannya adalah untuk spoken English. Maka, sumber belajar untuk memberikan exposure bahasa Inggris yang tepat adalah yang membuat kalian dapat belajar tentang aspek-aspek yang diperlukan untuk menunjang kemampuan berbicara, misal pronunciation, stress, intonation, structure, vocabulary, dan beberapa expressions yang sering digunakan dalam bahasa Inggris.

Sumber belajarnya pun tidak perlu hal-hal yang kaku dan membuat bosan. Kalian bisa mulai dengan hal-hal yang kalian sukai, seperti film dengan genre kesukaan kalian, lagu favorit berbahasa Inggris, video-video di internet tentang hal yang kalian sukai, dan lain sebagainya.

Namun, ketika kalian menonton video, jangan hanya menyimak ceritanya saja. Kalian juga perlu mencoba menangkap apa yang dikatakan tokoh dalam film tersebut, dan memperhatikan bagaimana cara mereka mengucapkan kata-kata tertentu. Dengan begitu, kalian secara tidak langsung akan belajar tiga hal sekaligus, vocabulary, pronunciation, dan juga expressions yang umumnya digunakan oleh penutur asli bahasa Inggris.

Mulai dari hal yang sederhana

Belajar bicara dalam bahasa Inggris tidak akan terasa begitu sulit jika kalian memulainya dari hal yang paling sederhana. Oleh karena itu, tips pintar bicara bahasa Inggrisselanjutnya adalah mulai dari hal kecil. Contoh hal sederhana yang bisa kalian lakukan adalah menirukan apa yang kalian dengar dari video atau film yang kalian tonton. Kalian bisa mengucapkannya berulang-ulang bilamana perlu, agar semakin faham dan ingat bagaimana cara melafalkan kata tertentu. Atau, kalian bisa juga mempraktekkan membaca dengan nyaring jika sedang berada di rumah. Melafalkan kata-kata yang kalian temukan dalam bacaan berbahasa Inggris yang sedang kalian baca juga akan melatih pronunciation dan intonation.

Pelajari detail kecil

Jangan pernah menganggap remeh detail kecil. Misalnya, kalian harus berusaha semaksimal mungkin agar bisa mengucapkan tiap bunyi yang ada dalam bahasa Inggris dengan sempurna. Selain itu, jangan ragu untuk rajin mengecek arti dan cara baca suatu kata dari kamus yang kalian miliki.

Memastikan tenses yang tepat untuk apa yang akan kalian katakan juga penting, karena bahasa Inggris mengenal waktu lampau, kini, dan masa yang akan datang. Tidak seperti bahasa Indonesia yang tata bahasanya tidak jauh berbeda meskipun kita ingin mengungkapkan sesuatu yang etrjadi di masa lampau, kini, dan akan datang.

Sering-seringlah mempraktikkan apa yang telah kalian pelajari

Jika kalian telah mempelajari sesuatu, maka jangan ragu untuk menggunakannya. Tips pintar bicara bahasa Inggris yang terakhir adalah sering mempraktikkan apa yang telah dipelajari. Seperti yang kita tahu, banyak sekali pembelajar bahasa Inggris terutama yang masih berada pada level elementary atau intermediate merasa ragu dan kurang percaya diri untuk praktek berbicara bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Sebagian yang lain bahkan takut dicap sombong atau terlalu banyak gaya jika berbicara menggunakan bahasa Inggris dengan teman sebaya. Padahal, pikiran dan anggapan yang seperti itulah yang justru salah kaprah dan akan menghalangi kalian untuk dapat menguasai skill berbicara dengan baik. Oleh karena itu, usahakanlah untuk menggunakan apa yang sudah kalian pelajari, agar skill berbicara kalian semakin terasah setiap harinya.

Langsung saja terapkan tips yang sudah ada diatas ya LC’ers agar kamu cepat pintar ngomong bahasa inggris. Kuy semangat terus belajarnya LC’ers !!!

Baca juga: Target Saya Menguasai Speaking dan Grammar Bisa Tercapai dalam Waktu 2 Bulan (Testimoni Ignasius Indra asal Pekalongan).