tips belajar bahasa inggris

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional. Jadi kamu sebagai generasi penerus bangsa harus menguasai Bahasa Inggris tidak hanya dalam bentuk tulisan saja tapi juga dalam bentuk lisan. Bisa lancar berbicara Bahasa Inggris akan memperbesar peluangmu untuk bisa sekolah atau kerja di luar negeri. Banyak orang bilang belajar bicara dalam Bahasa Inggris lebih susah daripada belajar membaca atau menulis Bahasa Inggris. Kenyataannya tidak begitu. Kalau kamu menerapkan tips belajar berbicara Bahasa Inggris di bawah ini, niscaya kamu bisa berbicara Bahasa Inggris “like a native speaker.”

 Tips Belajar Berbicara Bahasa Inggris

1. Lupakan grammar

Kamu mungkin bingung kenapa grammar harus dilupakan padahal dalam bicara kan perlu tata bahasa yaitu grammar? Alasan kenapa kamu harus melupakan grammar karena grammar malah akan memperlambat dan membuat kamu bingung. Kalau kamu terpaku sama grammar, kamu akan berbicara terbata-bata karena otak kamu sedang berputar mencari grammar yang sesuai. Iya kalau lawan bicaramu sabar atau punya banyak waktu untuk mendengar penjelasanmu. Bagaimana kalau tidak? Bisa-bisa lawan bicaramu malas kalau ketemu kamu lagi.

Lagi pula bahasa percakapan berbeda dengan bahasa tulisan. Dalam berbicara Bahasa Indonesia kamu kan juga tidak menggunakan tata bahasa sesuai pedoman ejaan Bahasa Indonesia. Kalau menggunakan tata bahasa yang benar malah kedengaran kaku di telinga. Begitu juga dalam berbicara Bahasa Inggris. Kamu tidak perlu menggunakan grammar yang benar. Native speaker pun tidak peduli akan grammar ketika berbicara bahkan banyak dari mereka yang tidak menguasai grammar dan vocabularies seperti halnya orang non-native. Asalkan kamu paham maksud dari lawan bicaramu begitu juga lawan bicara paham akan maksud pembicaraanmu, maka kamu sudah berkomunikasi efektif dalam Bahasa Inggris.

2. Belajarlah frasa bukan kata per kata

Apa itu frasa? Frasa adalah gabungan kata tapi bukan berupa subyek-predikat. Pelajar asing non-native terbiasa belajar menghafal arti kata per kata, tapi tidak terbiasa belajar memadukan kata tersebut menjadi frasa. Akibatnya ia kesusahan membuat kalimat Bahasa Inggris yang enak didengar dan dibaca. Begitu juga ketika diminta menerjemahkan kalimat dalam Bahasa Inggris ke bahasa ibu. Hasil terjemahannya akan seperti hasil terjemahan Google translate yang aneh dibaca karena yang diterjemahkan kata per kata bukan berdasarkan konteks kalimat secara keseluruhan. Kalau kamu banyak menguasai frasa bahasa Inggris, kemampuan berbicaramu dan juga kemampuan menulismu akan meningkat 4-5 kali.

3. Latihan membaca dan mendengar Bahasa Inggris saja tidak cukup, kamu juga harus latihan berbicara sebanyak mungkin

Kita bisa menjadi native speaker Bahasa Indonesia karena saat bayi bahasa Indonesialah yang pertama kali kita dengar, kemudian kata pertama yang kita ucapkan adalah bahasa Indonesia, lalu kita belajar membaca dan terakhir belajar menulis dalam Bahasa Indonesia. Hal yang sama terjadi juga pada native speaker Bahasa Inggris. Jadi urutan menguasai suatu bahasa yang benar adalah listening, speaking, reading, dan writing.

Tapi kenapa di sekolah dan di tempat les kita belajar membaca dan grammar Bahasa Inggris dulu baru belajar speaking? Karena untuk mempelajari bahasa asing kita harus tahu dulu bagaimana cara membaca materi bahasa asing tersebut supaya kita bisa memahami materinya. Setelah itu baru belajar bagaimana cara pengucapan dan cara penerapannya. Jadi untuk non-native yang ingin menguasai bahasa seperti native urutan belajarnya jadi reading, listening, speaking, dan writing.

Sayangnya kita lebih banyak belajar reading, listening, dan writingnya daripada speaking. Kalau seperti ini terus, kamu akan butuh waktu lama sebelum kamu bisa berbicara “like a native”. Jadi saat kamu latihan mendengar, ikuti setiap kalimat yang kamu dengar itu dalam bentuk ucapan. Lakukan berulang kali sampai mulutmu tidak kaku lagi berbicara Bahasa Inggris dan otakmu tidak lagi berputar keras dalam membentuk kalimat Bahasa Inggris.

4. Latihan dari sumber yang tepat

Untuk bisa berbicara Bahasa Inggris dengan lancar kamu harus mencari cara agar kamu bisa latihan speaking setiap saat. Caranya kamu bisa membuat kesepakatan dengan temanmu kalau setiap kali bertemu kalian harus berbicara dalam Bahasa Inggris. Kamu juga bisa mendengarkan podcast berbahasa Inggris di setiap waktu luangmu lalu ucapkan kembali isi podcast dengan suara keras. Cari aplikasi ponsel yang dapat membantumu mendapatkan teman dari seluruh dunia serta menjalin komunikasi secara lisan dengannya.

Jika kamu latihan speaking dari material listening entah itu podcast atau audiobook, pilihlah material yang tepat yang bahasanya memang umum digunakan orang dalam percakapan. Podcast berita tidak cocok digunakan sebagai latihan speaking karena bahasa yang digunakan merupakan bahasa formal dan frasa yang dipakai pun bukanlah frasa yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Begitu juga dengan audiobook literatur klasik.

Saat latihan speaking dengan teman pun kamu harus hati-hati. Kelebihan belajar dengan sesama non-native adalah kamu bisa saling mengingatkan jika ada yang salah dan kamu bisa saling memotivasi. Tapi kekurangannya ketika kamu tidak mengetahui cara pengucapan yang benar dari suatu kata tertentu, kamu bisa tertular kebiasaan teman latihanmu. Akibatnya kamu akan terus mengucapkan kata tersebut dengan gaya kebiasaan seperti temanmu sampai kamu mengetahui bagaimana sebenarnya cara pengucapannya. (Baca juga: Beberapa Kesalahan Umum Pronunciation yang Harus Kamu Tahu)

Itulah tips belajar berbicara Bahasa Inggris yang bisa kamu terapkan agar bisa berbahasa inggris bak seorang native speaker.

Jangan lupa, harus sering-sering latihan ya LC’ers. Nah jika kamu tidak mempunyai teman untuk berlatih gabung saja bersama Kampung Inggris LC. Di Kampung Inggris LC kamu bisa bertemu dengan ratusan teman yang juga ingin bisa SPEAK ENGLISH bak native speaker loh.

Informasi lebih lanjut bisa kamu cek DI SINI.