tips ujian bahasa inggris

Belajar saat akan menghadapi ujian terkadang bisa membuat stres, khususnya jika kalian tidak tahu bagaimana cara belajar yang tepat untuk mata pelajaran tertentu. Salah satunya, ujian Bahasa Inggris bisa sangat beragam tergantung pada fokus di kelas kalian, apakah kursus sastra, ilmu sastra, mengarang, dll. Namun ada beberapa tips ujian bahasa inggris yang bisa membantu kalian berhasil. Langsung saja simak tips lengkapnya di bawah ini.

Tentukan isi ujian

Pastikan kalian selalu mengacu pada panduan belajar kalian sendiri. Salah satu cara terbaik untuk mempersiapkan diri saat akan menghadapi ujian adalah berkonsultasi dan mengisi semua petunjuk belajar yang kalian dapatkan. Sebagian besar guru biasanya memberikan petunjuk belajar kepada para siswanya. Pastikan kalian mengetahui segala sesuatu yang terdapat dalam petunjuk tersebut agar bisa memastikan keberhasilan tes. Jika guru kalian tidak menyediakan petunjuk belajar, maka kalian bisa mengunjungi guru tersebut sebelum atau selama pelajaran berlangsung untuk meminta saran untuk beberapa hal.

Membaca kembali silabus pelajaran. Jika guru atau instruktur memberikan silabus atau kalender khusus, pastikan kalian membacanya hingga selesai. Terkadang petunjuk tentang ujian merupakan bagian silabus yang sudah dirinci dengan detail. Hal ini bisa kalian gunakan sebagai pengingat pada bacaan-bacaan tertentu yang harus kalian baca. Biasanya silabus juga mencantumkan beberapa bagian tentang ujian.

Membaca ulang catatan sebelum ujian. Kalian bisa mempersiapkan definisi dari konsep-konsep utama yang sudah dijelaskan. Untuk ujian bahasa di bidang lainnya, kalian mungkin perlu membicarakan sebuah tema yang bisa di eksplorasi pada berbagai hasil karya. Kalian bisa membaca kembali catatan anda untuk memeriksa tema, topik, definisi dan daftar apapun yang sudah pernah muncul lebih dari sekali, biasanya hal tersebut adalah pertanda bawah beberapa materi tersebut akan muncul dalam ujian.

Cari tahu referensi ujian sebelumnya. Jika ini bukan ujian pertama kalian, maka kalian bisa melihat tes terakhir yang pernah kalian ikuti. Banyak guru yang biasanya menggunakan format yang hampir sama untuk setiap ujian, jadi soal tes sebelumnya bisa kalian gunakan sebagai referensi atau petunjuk tentang gambaran apa yang akan kalian kerjakan pada format ujian yang akan datang.

Menghafal kosakata/ vocabulary

Membuat kartu pengingat. Kartu pengingat adalah salah satu cara yang efektif untuk menghafal kosakata. Kalian bisa menuliskan di sisi kartu tentang kata tersebut dan menulis pengertian kata tersebut di bagian sisi lainnya. Kalian juga bisa menanyakan kata  tersebut pada diri sendiri atau meminta bantuan orang lain untuk menanyakan kata tersebut pada kalian. Kalian juga bisa memakai kartu pengingat elektronik yang ada pada aplikasi Smartphone yang memang dirancang khusus untuk mempelajari informasi pada kartu pengingat kalian.

Identifikasi kata dasar, akhiran dan awalan. Salah satu cara lebih efektif yang bisa kalian coba dalam mempelajari kosakata adalah mengetahui kata-kata dasar, akhiran dan awalan yang umum. Jika kalian bisa mengidentifikasi unsur tersebut maka kalian juga pasti bisa menebak kosakata, bukan hanya menghafal daftar kosakata.

Tuliskan kosakata tersebut beserta artinya. Jika kalian tidak mempunyai kartu pengingat, maka kalian bisa menuliskan kata-kata dan pengertiannya yang juga bisa membantu kalian untuk mengingatnya kembali. Kalian bisa menuliskan beberapa kosakata beserta pengertiannya lebih dari satu kali. Jika kalian mempunyai kemampuan mengingat secara visual, kalian bisa menggunakan dengan warna berbeda.

(Yuk baca: Kata Bahasa Inggris dengan Pronunciation Tersulit)

Coba membaca ulang sastra

Kalian bisa mencoba membaca kembali pilihan tulisan pendek, seperti cerpen atau puisi yang sudah pernah kalian pelajari sebaiknya untuk dibaca ulang. Untuk tulisan lebih panjang seperti novel, pastikan kalian membaca ulang beberapa bagian yang memang tampak penting atau pernah dibicarakan oleh guru kalian berkali-kali.

Selalu baca kata pengantar dan catatan kaki di buku pelajaran. Jika kalian menggunakan buku pelajaran standard selama pembelajaran di dalam kelas, kalian bisa mulai membaca kata pengantar dan catatan kaku yang disertai dengan cerita atau puisi yang kalian baca. Jika anda mempunyai catatan di kelas, maka kalian juga bisa membaca ulang catatan tersebut. Jika anda tidak terbiasa mencatat, sebaiknya kalian lakukan hal tersebut di kemudian hari.

Nah itu tadi guys uraian tips yang bisa memudahkan kamu semua dalam menghadapi ujian bahasa inggris. Kamu bisa langsung mencoba menerapkannya ya. Selamat mencoba dan semoga berhasil !!!!