tips writing bahasa inggris

Bingung bagaimana cara belajar menulis atau writing bahasa Inggris? Berikut ini kita akan mengulas beberapa strategi untuk meningkatkan keterampilan menulis. Hal pertama yang wajib dilakukan saat belajar writing adalah praktek. Dengan kata lain Kamu harus mencoba menulis.

Ada yang mengatakan writing bahasa Inggris jauh lebih mudah dibandingkan speaking. Dari segi waktu memproduksinya, hal ini memang benar jika dibandingkan speaking. Kamu memiliki waktu lebih banyak untuk berpikir saat menulis. Namun, mengapa writing dianggap lebih susah karena saat melakukannya melibatkan thinking skills atau keterampilan berpikir dan memiliki aturan yang lebih ketat

Aturan yang dimaksud di sini tentu saja adalah grammar, kohesi, koherensi, spelling, gaya penulisan, dan lain sebagainya. Buat Kamu yang pernah mengikuti tes IELTS, writing dianggap sebagai bagian yang paling sulit. Lalu bagaimana caranya agar bisa lancar dalam writing? Berikut ini adalah beberapa tips belajar bahasa Inggris bagi pemula yang mungkin dapat membantu kalian.

Tips Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula

  • Rajin Membaca

Tidak jauh berbeda dengan speaking, kalau Kamu ingin menguasai speaking, kamu harus rajin listening atau mendengarkan. Hal itu juga berlaku untuk writing, Kamu harus rajin untuk reading atau membaca. Dari reading, Kamu bisa mempelajari banyak hal meliputi vocabulary, grammar, spelling, pengembangan ide, cara menulis yang baik, gaya penulisan, dan lain sebagainya.

  • Berlatih Sesering Mungkin

Latihan yang dimaksud di sini tidak menuntut kamu untuk membuat cerpen atau esay berbahasa Inggris. Kamu bisa mengikuti forum online atau mencoba chatting dengan bahasa Inggris. Cari teman chat yang merupakan penutur asli atau native speaker.Jika Kamu bergabung dalam forum online bahasa Inggris, sebaiknya jangan hanya jadi penonton tetapiharus ikut aktif menanggapi dan ikut nimbrung.  Di Twitter atau Facebook ada banyak pengguna yang dapat menjadi teman untuk chatting. Tetapi ingat,harus tetap menjaga sopan santun.

  • Blogging

Salah satu cara latihan menulis bahasa Inggris yang menyenangkan adalah dengan melakukan blogging. Buatlah jadwal yang rutin untuk menulis blog berbahasa Inggris.

  • Memahami Tanda Baca

Sambil rajin latihan dan memperbanyak membaca, kamu juga harus rajin membaca tentang beberapa aturan penting dalam writing meliputi tanda baca, huruf besar, dan lain sebagainya.

  • Memahami Tujuan Menulis

Kadang Kamu harus menulis bahasa Inggris untuk kebutuhan tertentu seperti tes IELTS. Pelajari hal – hal yang Kamu perlukan untuk kebutuhan itu. Antara tulisan ilmiah dan online chat memiliki banyak perbedaan. Jadi kamu perlu menentukan tujuanmu menulis, mempelajarinya, dan banyak berlatih.

  • Selalu Siapkan Kamus

Dalam menulis, selalu siapkan kamus untuk mencari kata – kata yang mungkin belum kamu ketahui.

  • Bergaul Dengan Orang yang Tepat

Jika Kamu ingin lancar dalam menulis, berkumpullah dengan orang – orang yang tepat. Mereka bisa sama – sama belajar dan dapat saling membantu. Dari berkumpul dengan mereka, kamu bisa meminta mereka mengoreksi atau menilai tulisanmu. Ingat, jangan takut untuk dikritik.

  • Mengatur Jadwal, Materi, Tempat, dan Hal yang Dibutuhkan Sebelum Belajar

Sebelum Kamu menyelami kegiatan writing, luangkan waktumu sebentar untuk mengatur hal – hal yang Kamu butuhkan. Perencanaan ini akan membantumu saat praktek menulis. Siapkan jadwal, materi, buku, kamus, pulpen, dan alat yang dibutuhkan.

Mengatur jadwal lebih dulu memberikan gambaran mengenai hal – hal yang akan Kamu lakukan. Tentunya jadwal ini beriis waktu dan kegiatan writing dengan detail dan jelas. Tentukan tempat khusus untuk membuatmu nyaman dan merasa termotivasi untuk selalu menggerakkan pena. Bahkan Kamu juga bisa menempelkan foto penulis favorit, karya favorit mereka, atau hal – hal yang membuatmu semangat untuk mencapai tujuan yaitu mahir menulis berbahasa Inggris.

(Materi lainnya: Bahasa Inggris Saat ini Termasuk Tren atau Kebutuhan)

  • Refleksi Apa yang Perlu Diberikan Untuk Mahir Writing

Hal penting yang wajib disadari dan perlu diketahui adalah kesuksesan memerlukan pengorbanan. Jika Kamu menanyakan tips belajar writing bahasa Inggris bagi pemula agar mahir untuk berbahasa Inggris, mereka akan mengatakan bahwa doa dan usaha adalah kunci utama yang paling ampuh untuk mencapai tujuan. Usaha yang dimaksud adalah kerja keras. Kamu harus bekerja keras dengan mengorbankan biaya, tenaga, dan waktu untuk bisa sampai ke tahap sukses.

  • Menulis Apa yang Didengar

Bagi pemula, bukan cara yang strategis jika langsung mempraktekkan tanpa mengetahui apa yang akan ditulis. Hal itu kurang efektif karena kamu sendiri belum memiliki pengetahuan yang cukup. Kosakata, spelling, dan cara membuat kalimat sederhana menjadi hal utama yang perlu dipelajari. Tanpa ketiganya, kamu masih dapat praktek tetapi tidak langsung menuliskan apa yang ada di pikiranmu. Untuk memulainya, cara yang efektif adalah menuliskan apa yang Kamu dengar. Pilihlah audio, lagu, atau video yang sederhana.

Jadi kegiatan menulis dalam bahasa Inggris tidak semengerikan yang Kamu bayangkan asalkan mengetahui cara atau strategi dalam mempelajari nya. Semoga tips belajar writing bahasa Inggris bagi pemula tersebut dapat membantu. Selamat mencoba dan semoga berhasil !!!