Tips Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak

Banyak orang tua yang kini telah menyadari pentingnya Bahasa Inggris untuk buah hati mereka. Beberapa diantaranya kemudian memperkenalkan anaknya dengan Bahasa Inggris lebih awal. Mengenai hal tersebut, berikut adalah beberapa tips belajar bahasa inggris untuk anak yang dapat kamu gunakan sebagai pilihan.

  1. Cara memulainya

Untuk memperkenalkan Bahasa Inggris pada anak, orang tua bisa menggunakan jasa dari bimbingan belajar khusus. Namun, jika kamu ingin menghemat pengeluaran, maka kamu bisa melakukannya sendiri. Apabila kamu bingung bagaimana cara untuk memulainya, berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

Pertama, jangan langsung mundur apabila kamu tidak mengusai Bahasa Inggris dengan sempurna. Toh yang kamu perlukan adalah pengenalan saja, beberapa kosakata simple yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari saja sudah cukup untuk menjadi awal bagi buah hati kamu dalam belajar Bahasa Inggris. Di sisi lain, hal yang paling utama sesungguhnya adalah seberapa tangguh kamu untuk dapat memunculkan motivasi anak dalam mempelajari Bahasa Inggris.

Jika anak kamu gemar menonton film kartun, maka kamu dapat memulainya dengan memperkenalkan channel khusus yang menampilkan film kartun berbahasa inggris kemudian mendampingi anak kamu dalam menontonnya. Atau sebagai pilihan lain, kamu juga dapat mengunduh beberapa film kartun khusus dari youtube atau seumber-sumber lainny. Bantuan visual yang ada pada film serta penjelasan yang kamu berikan akan memudahkan anak dalam memahami maksud dari film tersebut. Kamu juga dapat memberikan tekanan pada beberapa kata yang ingin kamu ajarkan, seperti mengajak anak kamu untuk mengulang atau mengucapkan kata tersebut beberapa kali.

Selain film kartun, lagu juga dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang menyenangkan bersama putra putrid kamu apabila mereka senang bernyanyi. Kamu cukup mengunduh beberapa lagu yang menggunakan Bahasa Inggris. Banyak diantaranya juga telah dilengkapi dengan bentuk visual yang membuat lagu tersebut semakin menarik. Kamu cukup menampilkan/ memperdengarkan lagu tersebut kemudian mengajak sang buah hati untuk turut bernyanyi bersama. Menjelaskan maksud dari lirik lagu yang dinyanyikan juga merupakan hal yang tidak boleh kamu lupakan agar anak tahu arti dari lirik tersebut dan dapat menambah kosakata Bahasa Inggrisnya.

  1. Buat kegiatan menjadi rutinitas

Masih ada banyak lagi contoh kegiatan untuk mengawali pengenalan dengan Bahasa Inggris selain yang disebutkan di atas. Kamu dapat memilihnya sesuai dengan minat dan hobi sang buah hati. Apabila sudah menemukan kegiatan yang cocok, maka jadikan kegiatan tersebut sebagai rutinitas. Tips belajar bahasa inggris untuk anak pada poin inilah yang menjadi kunci dalam membersamai anak untuk mengenal Bahasa Inggris.

Usahakan kamu melakukan kegiatan yang dipilih sesering mungkin, atau jika bisa setiap hari. Durasi untuk setiap sesinya tidak perlu lama-lama. 15 menit per sesi saja sudah cukup agar anak tidak merasa bosan. Kamu dapat menambahkan durasi sesi menjadi lebih lama seiring bertambahnya usia sang buah hati.

Di samping itu, variasi dari kegiatan yang dilakukan juga merupakan hal penting. Jangan melakukan hal yang sama terus menerus jika kamu tidak ingin anak menjadi bosan. Sebagai contohnya, kamu bisa melakukan permainan dengan menggunakan Bahasa Inggris di sore hari ketika anak merasa bosan, kemudian memilih menu membacakan cerita dalam Bahasa Inggris apabila anak kesulitan untuk tidur di malam hari. Aktivitas seperti menonton film kartun bisa kamu lakukan ketika anak pulang dari sekolah atau di hari libur. Sementara mengenalkan anak dengan lagu-lagu Bahasa Inggris bisa dilakukan di sela-sela kegiatan yang lain. Dengan variasi kegiatan yang dilakukan bersama, maka anak akan lebih bergembira untuk mengikuti kegiatan.

Namun, aktivitas yang beragam juga tidak berarti bahwa kamu hanya memberikan aktivitas tersebut satu kali saja. Ulangi aktivitas yang sama untuk beberapa hari ke depan agar anak terbiasa dengan Bahasa Inggris yang digunakan dalam aktivitas tersebut. Jika hanya diberikan sekali, maka besar kemungkinan anak tidak akan paham mengapa ia diberikan aktivitas tersebut, atau apa yang bisa ia pelajari dari aktivitas yang diberikan.

  1. Pilihan materi yang bisa anda berikan

Dalam setiap kegiatan, tentu aka nada banyak hal yang bisa dipelajari. Namun, berhubung tujuannya adalah untuk mengenalkan anak dengan Bahasa Inggris, maka anda bisa menitikberatkan materi pada hal-hal yang mudah terlebih dahulu. Beberapa diantaranya adalah pengenalan angka (1-10, kemudian bertambah hingga 20, dst) , pengenalan macam-macam warna, pengenalan kata sifat sederhana (seperti untuk menyebut besar, kecil, tinggi, pendek, senang, sedih), pengenalan bagian-bagian tubuh manusia, pengenalan nama-nama hewan, pengenalan istilah-istilah untuk menyebut makanan/ sayuran/ minuman, serta pengenalan istilah-istilah untuk menyebut pakaian. (Baca juga: 9 Aplikasi Menarik Untuk Anak-Anak yang Ingin Belajar Bahasa Inggris)

Itulah beberapa tips belajar bahasa inggris untuk anak yang bisa kami berikan. Jangan lupa pula untuk mulai mengenalkan ungkapan sederhana seperti thank you, I’m sorry atau please kepada anak anda.