writing bahasa inggris yang baik dan benar

Untuk kalian yang baru saja mempelajari writing bahasa inggris, tentunya kalian akan sadar jika bahasa inggris dan bahasa Indonesia tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Keduanya menggunakan jenis huruf yang sama, dan formula penyusunan kata yang dimilikinya juga tidak memiliki perbedaan yang jauh.

Hanya saja, terkadang ada beberapa hal yang membuat menulis dalam bahasa inggris menjadi hal yang sulit. Mungkin saja beberapa kosakata bahasa inggris terlalu rumit untuk kalian, atau bisa jadi bahwa tata aturan penulisannya tidak semudah yang kalian harapkan. Meski ada banyak rintangan yang harus dilalui jika kalian ingin belajar bahasa inggris, menulis dalam bahasa inggris bisa dikatakan sebagai hal yang seru loh.

Berikut beberapa tips yang pastinya dapat membantu kalian dalam belajar menulis bahasa inggris:

Bawalah kamus bahasa inggris setiap hari

Tips yang satu ini harus diperhatikan setiap hari dan setiap waktu jika kalian benar-benar ingin belajar bahasa inggris. Meskipun kamus bukanlah guru yang akan selalu bisa mengajarkan bahasa inggris kepada kalian, kamus adalah teman bagi kalian yang sedang ingin belajar bahasa tersebut. Di dalam kamus bahasa inggris terdapat ratusan ribu kata-kata dalam bahasa inggris yang mungkin membingungkan bagi kalian, jadi jika kalian berhadapan dengan orang yang berbahasa inggris dan kalian tidak mengerti kata-kata yang dia ucapkan, kalian bisa berkonsultasi kepada kamus kalian.

Akan lebih baik lagi jika kalian memiliki kamus bahasa inggris yang tidak hanya diisi dengan kosakata bahasa inggris melainkan juga dengan tata cara berbahasa inggris yang baik dan benar. Dengan kamus seperti itu, kalian dapat belajar lebih jauh mengenai kosakata DAN cara berbicara dalam bahasa inggris. Untuk kalian yang baru belajar bahasa inggris, tidak perlu kalian membeli kamus bahasa inggris yang berisikan tata cara penulisan bahasa inggris yang kompleks karena hal tersebut akan membuat kalian tambah bingung.

Cari lagu-lagu berbahasa inggris yang kalian sukai dan terjemahkan lagu-lagu tersebut

Ada satu hal lain yang bisa direkomendasikan bagi kalian yang sedang ingin belajar bahasa inggris. Kali ini, coba kalian cari lagu berbahasa inggris yang kalian sedang dengarkan dan terjemahkan lagu tersebut ke dalam bahasa Indonesia. Kebanyakan lagu-lagu kontemporer dan ballad berbahasa inggris memiliki penulisan yang baik dan benar, jadi hal itu akan menjadi nilai tambah. Sayangnya, beberapa lagu terkenal akhir-akhir ini terkadang tidak memiliki lirik yang memenuhi tata cara penulisan inggris yang baik, sehingga hal itu akan membuat kalian kesulitan (bukan berarti kalian tidak bisa menerjemahkannya, ya. Kalian bebas memilih lagu yang kalian sukai).

Jika kalian tidak begitu menyukai lagu dan kalian lebih memilih membaca puisi atau cerpen berbahasa inggris, kalian juga bisa menerjemahkan kedua media tersebut ke dalam bahasa Indonesia. Gunakan kamus untuk membantu kalian karena banyak puisi dan cerpen memiliki kosakata yang lebih tidak lazim dibandingkan lagu.

Prioritaskan bahasa Inggris daripada bahasa Indonesia

Untuk bisa mempelajari bahasa inggris dengan baik, kalian harus melakukan sedikit pengubahan terhadap cara otak kalian menangkap bahasa inggris. Banyak dari kalian yang masih kesulitan berbahasa inggris karena otak kalian tidak difokuskan kesana. Kalian masih sering bergantung kepada google translate untuk menerjemahkan sesuatu, dan hal itu yang akan membuat kalian kesulitan belajar bahasa inggris.

Jika kalian ingin belajar bahasa inggris dan kalian ingin menguasainya, kalian harus melakukan satu hal: buang jauh-jauh ‘pikiran’ bahasa Indonesia dari diri kalian dan mulai lah berbicara dan berpikir dalam bahasa inggris. Dengan begitu, kalian akan terbiasa menggunakan bahasa inggris, dan langkah awal dari semua pembelajaran adalah menjadi terbiasa terlebih dahulu. Mereka yang tidak bisa berbahasa inggris mungkin akan memandang kalian sebagai orang arogan karena kalian tidak memakai bahasa ibu, akan tetapi bahasa Indonesia tidak akan membawa kalian begitu jauh dalam hidup.

Tapi apa berarti kalian harus melupakan bahasa Indonesia begitu saja? Tentu saja tidak. Jika kalian tinggal di dalam keluarga Indonesia selama bertahun-tahun, tentunya bahasa Indonesia tidak akan menjadi suatu hal yang bisa kalian lupakan. Hanya saja, kesampingkan penggunaan bahasa Indonesia untuk sementara jika kalian ingin memfokuskan diri ke bahasa inggris.

Tiga tips diatas merupakan tiga tips yang dapat dikatakan sebagai tips yang harus diikuti jika kalian ingin belajar writing bahasa inggris secara baik dan benar. Selamat mencoba !!!!

Materi lain yang bisa juga kamu pelajari: Idiom Gaul dan Populer dalam Bahasa Inggris.