strategi dan tips sukses TOEFL

Seperti yang sudah kalian tahu bahwa Bahasa Inggris memang sudah menjadi sebuah kebutuhan, khususnya bagi kalian yang memang ingin melebarkan sayap menuju dunia internasional, entah pekerjaan, pendidikan atau hanya jalan-jalan ke luar negeri.

Salah satu hal penting jika kalian hendak kuliah atau mencari pekerjaan ke luar negeri, ada baiknya jika kalian mengikuti salah satu tes yang sudah sering kalian dengar, yaitu TOEFL. TOEFL merupakan salah satu tes untuk kemampuan Bahasa Inggris secara umum, artinya semua materi pembelajaran Bahasa Inggris akan diuji dalam tes ini.

Mulai dari reading, grammar, listening, bahkan versi terbaru TOEFL yang sering disebut dengan iBT TOEFL juga sudah menggunakan aspek writing dan speaking juga, TOEFL juga menjadi salah satu syarat penting untuk berbagai kepentingan, misal untuk syarat beasiswa, mendaftar kerja ataupun masuk kuliah. Kali ini artikel akan membahas tips ujian TOEFL agar kalian bisa lulus TOEFL.

Sebelum kalian mengikuti test TOEFL, ada baiknya kalian melakukan beberapa persiapan, seperti belajar materi Bahasa Inggris dari berbagai bidang. Tentu saja kamu bisa belajar Bahasa Inggris secara umum dan spesifik yang akan sangat membantu kamu saat mengerjakan soal TOEFL. Kalian pasti sudah tahu kalau tes TOEFL asli bisa sangat sulit, khususnya iBT TOEFL yang mencapai jutaan rupiah, jadi sangat disayangkan jika kalian gagal dalam mencapai target skor yang dibutuhkan. Oleh karena itu, berikut ini beberapa tips ujian TOEFL.

Strategi dan Tips Sukses Ujian TOEFL

1. Pelajari Materi Bahasa Inggris dari Dasar

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa TOEFL adalah salah satu tes Bahasa Inggris dengan materi umum. Namun hal ini tidak seperti Bahasa Inggris di SMA yang mempunyai materi sendiri untuk diujikan. Pastikan sebelum mengikuti test, hal yang harus kamu lakukan adalah mempelajari materi Bahasa Inggris dari awal atau dasar. Kalian bisa mulai mempelajari kosakata, grammar, frase, clause dan masih banyak lainnya.

Jika kalian mempunyai kemampuan Bahasa Inggris yang masih sangat kurang, maka solusi terbaiknya adalah berlatih setiap hari. Kalian bisa ditemani oleh guru, tentor atau partner yang bisa mengajari kemampuan Bahasa Inggris kalian lebih baik lagi. Misal, kalian bisa mengikuti kursus Bahasa Inggris yang biasanya menyediakan berbagai level dan jenis kursus sesuai kebutuhan kalian, termasuk kursus persiapan TOEFL. Dengan mengikuti kursus Bahasa Inggris yang sesuai, maka kamu juga bisa mendapatkan pengalaman belajar Bahasa Inggris lebih efektif.

2. Kenali Tes TOEFL

Supaya kamu bisa mengerjakan soak TOEFL dengan baik, kamu bisa mulai mencari tahu contoh soal-soal TOEFL, berapa jumlah soalnya, bagaimana penilaiannya, bagaimana cara mendaftar tes TOEFL, berapa skor yang kamu butuhkan dan berapa biaya yang harus dipersiapkan. Dengan mengetahui seluk beluk tersebut, kamu bisa lebih memahami strategi dalam menghadapinya. Bagaimana kamu bisa mengenali tes TOEFL? Tentu saja kamu harus mencari info sebanyak mungkin tentang TOEFL. Kamu bisa mulai mencari dari berbagai sumber, seperti website, buku atau mencari informasi dari orang yang sudah mengikuti tes TOEFL.

3. Buat Manajemen Belajar

Belajar dari jauh hari merupakan hal yang lebih bagus. Semakin lama kamu belajar dan berlatih, maka kemampuan Bahasa Inggris kamu akan semakin bagus dan siap dalam menghadapi tes TOEFL. Penting untuk diingat bahwa jangan belajar secara mendadak sebelum tes TOEFL atau bisa dibilang sistem kebut, karena pemahaman bahasa tidak seperti matematika yang mempunyai sifat ilmiah. Belajar bahasa membutuhkan waktu yang lebih panjang sampai kamu bisa benar-benar memakainya sebagai alat komunikasi. Jadi kalian bisa mengatur waktu belajar agar dapat memenuhi kebutuhan skor TOEFL yang diperlukan.

4. Latihan Berbagai Macam Soal  TOEFL

Setelah kamu bisa mengenali TOEFL dengan baik, sekarang saat yang tepat untuk latihan dan terus latihan setiap hari. Jika kamu rutin dan rajin berlatih, maka bisa dijamin materi Bahasa Inggris yang sudah kamu pelajari tidak akan mudah hilang atau lupa. Kamu bisa mendapatkan berbagai macam soal TOEFL melalui berbagai sumber. Jika kamu bergabung dengan lembaga kursus, maka kamu biasanya akan mendapatkan banyak contoh soal TOEFL. Kamu juga bisa mencari contoh soal dari website entah berbayar atau gratis. Lebih baik lagi jika kamu membeli buku TOEFL yang berisi banyak latihan soal sekaligus pembahasannya.

5. Sering menulis dan membaca Bahasa Inggris

Kegiatan menulis dan membaca Bahasa Inggris adalah aktivitas ringan yang dapat membantu kemampuan Bahasa Inggris kalian. Dengan menulis dan membaca maka secara langsung kalian akan belajar tentang grammar dalam Bahasa Inggris, vocabulary, kesalahan, dan masih banyak lainnya. Namun belajar juga tidak harus melulu menggunakan buku atau pun soal latihan. Kalian bisa belajar menggunakan audio dan film dalam Bahasa Inggris. Cara ini juga sangat berguna jika kamu adalah tipe pembelajar auditori.

Itu dia lima strategi dan tips sukses ujian TOEFL yang harus banget kamu coba. Score 600 bukan jadi impian lagi jika kamu melakukan persiapan dengan matang plus menerapkan tips menghadapi soal TOEFL yang sudah diuraikan diatas. Semoga bermanfaat !!!

Baca juga: Tips Menerjemahkan Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris dengan Benar.