Penggunaan That dan Which

Apakah kalian termasuk orang yang masih kebingungan saat memakai kata which dan that dalam kalimat Bahasa Inggris?  Memang masih banyak orang yang keliru dengan penggunaan that dan which baik saat digunakan dalam penulisan atau percakapan.

Nah pada artikel kali ini akan sedikit membahas tentang perbedaan dan penggunaan that dan which dalam Bahasa Inggris disertai dengan contohnya. Pertama-tama kalian memang harus mengetahui apa itu which dan that dan bagaimana cara penggunaannya yang benar dalam kalimat Bahasa Inggris.

Kata which dan that adalah salah satu contoh dari kata ganti yang sering disebut dengan pronoun dalam Bahasa Inggris. Pronoun mempunyai beberapa jenis dimana salah satunya adalah relative pronoun yang merupakan kata ganti yang berfungsi menggabungkan kalimat atau menerangkan sebuah kata benda (noun). Kalian mungkin tau bahwa which dan that mempunyai arti yang sama yaitu “yang”, tak heran kalian sering kebingungan ketika hendak menggunakannya. Kata ganti penghubung tersebut biasanya digunakan untuk menghubungkan anak dan induk kalimat.

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa penggunaan that dan which adalah bentuk dari relative pronoun dalam Bahasa Inggris yang berfungsi untuk menggabungkan kalimat. Which dan that sering dipakai dalam relative clause. Meskipun ejaannya sangat berbeda tapi kedua kosakata tersebut sering mengalami kesalahan ketika digunakan dalam kalimat.

Penggunaan which

Which mempunyai arti ‘yang’ dan digunakan untuk menggantikan benda yang ada pada relative clause sehingga tidak bisa digunakan pada manusia.

Contoh:

– A motorcycle which you use is mine

Motor yang kamu gunakan adalah milikku

– A novel which you read is very great novel

Novel yang kamu baca adalah novel yang sangat bagus

– A house which has large yard is mine

Rumah yang mempunyai halaman luas tersebut adalah milikku

– Food which you choose was cooked by mother

Makanan yang kamu pilih itu dimasak oleh ibuku

– A car which I drive is broken

Mobil yang aku kendarai rusak

– She need blanket which has soft material

Dia membutuhkan selimut yang mempunyai material lembut

– There is a cake which has a lot of cheese

Ada kue dengan keju yang banyak.

Pola penggunaan which dalam adjective clause menggunakan Which+verb + ………jika which dipakai untuk menggantikan subjek kalimat maka which+subject+verb+…….. (kata which tersebut dipakai untuk menggantikan objek kalimat tersebut). Jika kata benda yang dipakai adalah singular dan tidak bisa dihitung maka kata kerja tersebut akan mengikuti which yang juga bersifat singular dan jika kata benda tersebut tidak dapat dihitung maka kata kerja juga mengikuti which yang bersifat plural.

Penggunaan that

That digunakan untuk menerangkan ‘yang’ dan bisa dipakai untuk semua hal termasuk manusia ataupun benda.

Contoh:

– She has a flower that you like

Dia mempunyai setangkai bunga yang kamu sukai

– Finally, I can meet a man that you love

Akhirnya aku bisa bertemu laki-laki yang kamu cintai

– You should find a key that can open this case

Kamu seharusnya bisa menemukan sebuah kunci yang dapat membuka koper ini

– He eats food that can make him become fat

Dia makan makanan yang bisa membuatnya gemuk

Bagaimana guys, sudah cukup jelas bukan?. Jadi mulai sekarang kalian bisa menggunakan informasi diatas seputar penggunaan that dan which agar dapat menghindari kesalahan saat menyusun kalimat yang tepat dalam bahasa Inggris.

Yuk baca juga materi lainnya guys: Perbedaan Penggunaan Most dan Almost.