Penggunaan Some Time, Sometime dan Sometimes

Mungkin kalian pernah kebingungan ketika membedakan some time, sometime dan sometimes. Banyak yang mengira bahwa ketiga kata tersebut sangatlah mirip dan perbedaannya hanya sedikit sekali. Bahkan ketika diucapkan sudah pasti kalian akan tambah kebingungan. Padahal ketiganya mempunyai arti yang sangat berbeda.

Bahkan kata “some time” berbeda kelas kata (part of speech) dengan kedua kata lainnya, yaitu sometime dan sometimes. Jika kalian penasaran dengan penggunaan some time, sometime dan sometimes, serta di mana letak perbedaannya, kalian bisa langsung simak ulasan di bawah ini.

Pengertian some time, sometime dan sometimes

Seperti yang kalian tahu bahwa belajar Bahasa Inggris memang membutuhkan banyak tantangan, apalagi jika kalian dihadapkan pada kosakata yang pengucapan nya sangatlah mirip. Kalian harus jeli dengan kalimat yang mengikuti di belakangnya, karena salah pengucapan sedikit bisa mempengaruhi artinya.

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa artikel akan membahas penggunaan some time, sometime dan sometimes serta perbedaannya. Tak jarang kalian sering mengalami kebingungan saat mengucapkan ketiga kata tersebut, salah pengucapan bisa menimbulkan perbedaan arti maka dari itu kalian harus paham artinya terlebih dahulu.

–  Some time  : beberapa waktu

–  Sometime   : kapan-kapan

–  Sometimes : kadang-kadang

Kalian harus tahu bahwa kata “some time” terdiri dari dua kata yaitu noun (phrase) yang mempunyai jangka waktu. Sedangkan sometime dan sometimes merupakan adverb yang berarti pada waktu yang tidak ditentukan di masa lampau/ sekarang. Namun kedua kata tersebut mempunyai arti berbeda seperti yang sudah disediakan di atas.

Penggunaan “SOME TIME”

Kata “some tim” bisa kalian pakai untuk menyatakan jumlah waktu tertentu dan biasanya menunjukkan makna sebuah periode waktu yang lama. Namun penggunaan some time juga bisa mempunyai arti quite a while (sebentar) tergantung konteks yang kalian inginkan. Berbeda dengan kedua kata lainnya, some time merupakan bentuk noun phrase yang terdiri dari dua kata, “some” dan “time”. jadi some time lebih merujuk kepada jangka waktu atau periode waktu:

Contoh “some time”

– I need some time to solve this problem / saya membutuhkan waktu untuk menyelesaikan masalah ini

– Can you spare some time to have lunch with me? / dapatkah kamu meluangkan waktu untuk makan siang denganku?

– This test is really difficult, please give me some time to solve it / tes ini sangat sulit, tolong berikan aku waktu untuk menyelesaikannya

– Do you have some time to discuss this project with me? / apakah kamu mempunyai waktu untuk mendiskusikan proyek ini denganku?

– I will take some time to go to Lombok with my friends next month / aku akan mengambil waktu untuk pergi ke Lombok bersama temanku bulan depan.

Penggunaan “SOMETIME”

Kata “sometime” mempunyai arti tentang waktu yang akan datang. Kata ini juga mempunyai makna yang sama dengan someday. Sometime lebih menunjukkan suatu waktu yang belum jelas atau tidak spesifik. Sometime juga bisa kalian gunakan untuk mengindikasikan sebuah waktu di masa lampau atau masa depan yang masih belum pasti diketahui atau tidak spesifik. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa sometime adalah adverb (kata keterangan) yang mempunyai arti “kapan-kapan”.

Contoh “sometime”

– I will go to Canada sometime next year / aku akan pergi ke Kanada kapan-kapan di tahun depan = belum tahu pastinya kapan.

– Let’s have a dinner with me sometime / mari kapan-kapan makan malam denganku kapan-kapan

– We should hang out sometime / kita harus pergi bersama kapan-kapan

–  I have been missing you so much! Let’s get a trip together sometime / aku sudah sangat merindukanmu, ayo kita melakukan perjalanan bersama kapan-kapan

–  I will be a teacher sometime in the future / aku ingin menjadi seorang guru kapan-kapan di masa depan

Catatan: kalian harus tahu bahwa kata sometime (tanpa s) bisa mempunyai bentuk sebagai adjective dalam sebuah kalimat. Namun memang bentuk tersebut jarang digunakan.

Penggunaan “SOMETIMES”

Sometimes mempunyai arti kadang-kadang. Sometimes juga sering digunakan sebagai adverb of frequency dan bisa mengindikasikan frekuensi tertentu dari suatu hal yang sudah terjadi.

Contoh “sometimes”

– I sometimes go to Lombok / saya kadang-kadang pergi ke lombok

– Reno sometimes asked me to have a lunch together / Reno kadang-kadang meminta saya untuk makan siang bersama

– Sometimes, I feel so sleepy if you play classic song / Terkadang aku merasa sangat mengantuk jika kamu memainkan musik klasik

– Sometimes, we play basketball together on Saturday morning / terkadang kita bermain basket bersama di Sabtu pagi

(Materi lainnya: Strategi dan Tips Sukses Ujian TOEFL)

Bagaimana? sudah semakin jelas kan perbedaan penggunaan some time, sometime dan sometimes dari penjelasan beserta contoh diatas? Sekarang sudah tidak perlu bingung lagi dalam menggunakan kata some time, sometime dan sometimes. Semoga bermanfaat !!!!