penggunaan so dan such

Jika kalian sering membaca buku atau bahan bacaan dalam bahasa Inggris, tentunya kalian sudah tidak asing lagi dengan kata “so” dan “such”. Kedua kata ini kerap kali muncul dalam kalimat berbahasa Inggris. Namun, meskipun telah sering melihatnya, apakah kalian sudah benar-benar paham dan bisa membedakan penggunaan so dan such dalam bahasa Inggris? Agar lebih mantap, mari kita pelajari bersama bagaimana menggunakan kedua kata tersebut secara tepat dalam kalimat.

Persamaan So dan Such

Kata so dan such memiliki persamaan yaitu keduanya sama-sama termasuk dalam adverb of degree. Gunanya adalah untuk mempertajam atau memberikan penekanan tentang kualitas dari sesuatu ynag sedang dibicarakan. Agar lebih mudah dalam memahaminya, kita langsung saja perhatikan kalimat berikut ini.

She bought a dress. (Dia membeli sebuah gaun)

Kalimat tersebut merupakan kalimat yang sederhana dan dianggap “normal”. Maksudnya, tidak ada penekanan pada kata tertentu. Namun, jika ditambahkan kata adverb of degree, maka akan langsung tampak penekanannya. Misalnya:

She bought such a beautiful dress. (Dia membeli gaun yang sangat cantik).

Dalam hal ini, kata “such” berfungsi untuk memperkuat statement, dan juga memberikan “penyangatan” ketika mengatakan bahwa gaun tersebut cantik.

Atau bisa juga dilihat pada contoh berikut

Nadia is a beautiful girl. (Nadia adalah gadis yang cantik)

Nadia is so beautiful. (Nadia sangatlah cantik).

Pada kedua contoh tersebut terlihat bahwa so dan such memiliki fungsi yang hampir sama, yaitu menunjukkan besarnya derajat kualitas sesuatu yang sedang dibicarakan.

Lantas, apa perbedaan penggunaan so dan such? Simak penjelasan lengkap berikut ini.

Perbedaan Penggunaan So dan Such

1. So

Kata “so” semestinya diikuti oleh kata sifat (adjective), kata keterangan (adverb), atau bisa juga diikuti frasa benda (noun phrase) yang diawali oleh kata yang berfungsi sebagai determiner, misalnya few, many, little, much. Jika dijabarkan ke dalam bentuk rumus, bisa dituliskan menjadi seperti berikut

a) So + adjective, contohnya

The house is so beautiful. (Rumah itu sangat indah.)

b) So + adverb

Celine Dion sang so beautifully. (Celine Dion bernyanyi dengan sangat indah.)

c) So + noun phrase (few, little, many, much)

She has so many children. (Dia memiliki sangat banyak anak.)

2. Such

Kita telah mempelajari rumus menggunaakan kata so dalam kalimat. Lantas, bagaimana dengan kata such yang memiliki arti hampir sama? Kata such semestinya diikuti oleh kata benda tunggal (singular noun) atau kata benda jamak (plural noun), serta noun phrase. Perhatikan rumus dan contoh kalimat berikut ini:

a) Such + singular noun

That such a good film. (Itu benar-benar film yang bagus.)

b) Such + plural noun

She collected such expensive bags. (Dia mengoleksi tas-tas yang snagat mahal)

c) Such + noun phrase

It seems like such a long way to drive for just one day. (Rasa-rasanya ini adalah perjalanan yang sangat panjang untuk ditempuh dalam waktu satu hari saja).

Itulah tadi penjelasan lengkap beserta contoh tentang perbedaan penggunaan so dan such dalam kalimat berbahasa Inggris. Dengan mengetahui perbedaannya, kalian pun diharapkan dapat menggunakan kalimat tersebut secara tepat tanpa harus merasa bingung lagi. Meskipun memiliki arti yang sama, penggunaan so dan such yang tertukar akan menyebabkan kalimat menjadi terdengar aneh dan janggal. Oleh karena itu, penting untuk mengingat aturan penggunaan kedua kata tersebut agar bahasa Inggrismu semakin baik dan kamu pun akan semakin terlihat mahir berbahasa Inggris.

Baca juga: 5 Tips Listening Bahasa Inggris yang Harus Kamu Coba.