In, On, At untuk Tempat

Mungkin kalian mengalami kebingungan saat mempelajari materi seputar preposisi (preposition). Preposisi atau kata depan adalah salah satu dari part of speech sebagai dasar saat kalian mempelajari Bahasa Inggris. Preposition juga diikuti oleh pronoun (kata ganti orang) dan noun (kata benda) atau bahkan gerund. Ada beberapa macam proposisi dalam Bahasa Inggris, salah satu yang akan dibahas sekarang adalah preposition for place (tempat). Fungsi dari preposisi ini untuk menunjukkan posisi atau lokasi suatu benda, misal: inside (di dalam), outside (di luar), above (di atas) dan masih banyak lainnya.

(Baca juga: Penggunaan In, On, dan At untuk Waktu dalam Bahasa Inggris)

Lalu hal lain apa yang membuat kalian bingung? Terdapat tiga kata depan yang terbilang unik, yaitu: in, on, dan at. Mungkin jika kalian mengartikannya secara bahasa, maka in (di dalam), on (di atas) dan at (di suatu tempat). Coba kalian ingat-ingat kembali tentang peraturan penggunaan kata dalam Bahasa Inggris, sekali lagi kalian tidak dapat mengartikannya secara bahasa namun perlu mengetahui fungsi kata tersebut, Meskipun arti kamusnya seperti yang sudah disebutkan di atas, ternyata penggunaan in, on, at bisa bervariasi. Salah satunya untuk menunjukkan suatu alamat. Kalian mungkin terkadang masih saling tertukar antara penggunaan in, on, at dalam menunjukkan sebuah alamat. Oleh karena itu. Mari kita pelajari lebih lanjut tentang in, on dan at dalam Bahasa Inggris.

Penggunaan IN

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa in arti kamusnya adalah di dalam. Namun jika digunakan dalam konteks tempat, in dipakai untuk menunjukkan tempat yang lebih luas dan tidak spesifik. Misal, suatu hari ada seseorang yang ngajak kamu berkenalan dan menanyakan alamatmu. Sayangnya kamu tidak nyaman ditanya hal tersebut, maka kamu bisa menjawab dengan menggunakan in:

– Hi Girl, where do you live? Hai, dimana kamu tinggal?

I live in Surabaya / aku tinggal di Surabaya

Tentu Surabaya masih sangat umum. Intinya, kalian bisa menggunakan kata depan untuk menunjukkan tempat yang ruang lingkupnya luas, umum dan tidak detail. Kalian juga bisa menggunakan in untuk provinsi, negara, benua atau daerah lainnya yang masih sangat umum. Selain alamat yang sangat general, in juga dapat dipakai untuk tempat yang masih umum atau tempat tertutup, misal: in the building, in garden, in hotel, in Japan, etc.

Contoh:

– Reno gives me a beautiful ring, it was in a wood box / Reno memberiku cincin, cincinnya di dalam kotak kayu

– She just slept all day in a hotel / dia hanya tidur seharian di hotel

– Santi lives in a big house / Santi tinggal di sebuah rumah besar

– I put my soap in the bathroom / aku meletakkan sabunku di kamar mandi

Penggunaan ON

Secara bahasa on artinya di atas, namun jika digunakan untuk tempat, on menunjukkan lokasi yang sedikit lebih detail atau spesifik dibanding in. On bisa kalian gunakan untuk alamat atau lokasi yang tidak terlalu luas atau umum namun tidak terlalu spesifik. Misal, untuk menunjukkan nama jalan tanpa menyertakan nomor rumah, lebih detail dibanding hanya menyebutkan kota. Contoh:

– She lives on Cempaka street / dia tinggal di jalan Cempaka

– I have been living on Gunandar street / saya sejak dulu tinggal di jalan Gunandar

Selain dipakai untuk menunjukkan alamat, on juga bisa digunakan untuk menunjukkan posisi atau tempat. Aturannya, on digunakan untuk menunjukkan benda yang menempel atau berada di permukaan, misal: on the carpet, on the wall, on the table, etc.

–  Ratih puts her new bag on the table, but not for long it lost / Ratih meletakkan tas barunya di diatas meja, tapi tidak lama kemudian hilang

– I don’t know where your wallet is. May be it’s on chair / aku tidak tahu dimana dompetmu, mungkin saja diatas kursi

– The manager’s room on the third floor / ruang manajer berada di lantai tiga

Penggunaan AT

At mempunyai arti di suatu tempat tertentu. Jika dipakai dalam konteks alamat, penggunaan at untuk menunjukkan sebuah lokasi yang lebih spesifik dan detail, seperti menyertakan nama jalan dan nomor rumah. Atau jika seseorang tinggal di apartemen bisa menyebutkan nama apartemennya, nomor dan lantai apartemen tersebut. At merupakan preposisi untuk menyatakan lokasi paling spesifik dibanding dua preposisi di atas. Contoh:

– Kirana lives at 3/ 20 Mawar street, Surabaya / Kirana tinggal di jalan Mawar nomor 3/20

– Her birthday party will be held at Buana Building number 3, Jakarta Timur / pesta ulang tahunnya akan diselenggarakan di gedung Buana nomor 3, Jakarta Timur.

Seperti itu tadi guys penjelasan tentang penggunaan in, on, at untuk menyatakan tempat khususnya alamat. Sekarang sudah tidak bingung lagi kan bagaimana penggunaan ketiga preposition ini? Jangan sampai salah lagi dalam menggunakannya ya !!!