penggunaan i.e dan e.g dalam bahasa inggris

Beberapa kata dalam Bahasa Inggris memang dipengaruhi oleh Bahasa Latin, contoh e.g (exempli gratia) dan i.e (id est). Kedua kata tersebut merupakan hasil pengaruh sejarah yang terjadi di Britania, tempat asal mula Bahasa Inggris sendiri.

Sejak 1500 tahun lalu memang sudah dipengaruhi oleh perdagangan, penjajahan dan politik di sekitar Inggris Rata, tak heran jika Bahasa Inggris juga ikut dipengaruhi oleh beberapa bahasa lain di sekitar wilayah Eropa. Menurut beberapa para ahli, Bahasa Inggris juga dipengaruhi dari bahasa Anglo-Saxon (beberapa negara maritim di daerah Eropa), Bahasa Yunani dan Bahasa Latin tentunya. Oleh karena itu wajar saja jika kedua kata tersebut adalah bawaan Bahasa Latin yang memang masih digunakan dalam Bahasa Inggris.

Hampir sama dengan penggunaan Bahasa Indonesia yang juga banyak dipengaruhi oleh Bahasa Inggris dan Bahasa Belanda, seperti pinset (pincet), pulpen (vulpen), pistol (pistool), dan masih banyak lainnya. Kali ini artikel akan mengulas seputar penggunaan i.e dan e.g beserta contoh kalimatnya.

Kalian pasti sudah sering menemukan singkatan i.e. dan e.g. di berbagai, jurnal, bacaan, artikel, kalimat dan berbagai tulisan berbahasa inggris lainnya. Singkatan i.e. ( id est) merupakan bahasa latin yang mempunyai arti “yaitu”, sedangkan e.g. (exempli gratia) juga merupakan bahasa latin yang mempunyai arti “contoh”. Kenyataannya, penggunaan kedua singkatan tersebut memang sering mengalami kesalahan. Misal, penggunaan i.e. banyak digunakan untuk mengartikan “contoh”, padahal makna sebenarnya adalah menjelaskan sesuatu hal. Dalam bahasa inggris juga bisa dikatakan serupa dengan makna pada “that is ….”. Sekarang mari kita perjelas bagaimana penggunaan i.e dan e.g agar kalian lebih mudah menggunakannya tanpa harus saling tertukar lagi.

Penggunaan “i.e” dalam Bahasa Inggris

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa i.e bukanlah “in example” melainkan serupa dengan “it is” atau “that is”, bisa juga “other words”. Dalam Bahasa Indonesia sendiri bisa diartikan “yaitu”. Fungsi penggunaan i.e sendiri untuk menjelaskan sesuatu hal lebih spesifik, contoh:

Rumus penggunaan i.e:

Statement (pernyataan) + i.e + further definition (penjelasan lebih spesifik)

Contoh:

– The animal is divided into three groups, i.e. herbivore, omnivore and carnivore / hewan dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu herbivora, omnivora dan karnivor.

Mungkin kalian bingung mencari cara tentang bagaimana ya cara mengingat-ingat agar kalian tidak salah ketika menggunakan i.e? Mungkin kalian bisa mencoba trik berikut ini, namun hal yang paling penting setelah kalian mengetahui trik tersebut adalah sering latihan dengan menggunakan i.e dengan tepat sehingga kalian akan terbiasa dengan sendirinya.

Pertama, kalian bisa memahami terlebih dahulu bahwa i.e mempunyai arti yaitu (that is / it is). Kedua, buatlah frase yang mirip dengan fungsi i.e seperti menggunakan in other word (dengan kata lain) atau in essence (pada dasarnya). Ketiga, agar kalian lebih mudah mengingatnya, kalian bisa menciptakan singkatan unik, seperti i.e singkatan dari kata I explain (saya menjelaskan) atau seperti ini penjelasannya.

Penggunaan “e.g” dalam Bahasa Inggris

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa e.g = exempli gratia yang artinya “contohnya adalah” atau dalam Bahasa Inggris sendiri serupa dengan “for example” atau “in example”.

Rumus penggunaan e.g:

Statement (pernyataan) + e.g + example (menggunakan satu contoh atau lebih)

Contoh:

– I love reading novels, e.g romance novel, mystery novel and sci-fiction novel / aku suka membaca novel, contohnya novel romantis, novel misteri dan novel fiksi science

Mungkin kalian bisa menggunakan e.g lebih mudah karena huruf awalan e yang bisa dibilang “example”. Namun, tak jarang juga banyak yang mengalami kebingungan karena jarang menggunakannya. Ada beberapa tips dan trik yang membantu kalian lebih mudah mengingat penggunaan e.g. Pertama, kalian harus bisa memahami betul dan mengingat bahwa e.g adalah “example gratia” yang mempunyai arti “contohnya”. Kedua, menggunakan singkatan yang mirip juga bisa sangat membantu, seperti: e.g =example given. Ketiga, kalian juga bisa membuat singkatan unik lainnya, seperti e.g = eggsample (alias example).

Bagaimana menggunakannya secara benar?

Setelah kalian mengetahui perbedaan antara i.e dan e.g dan beberapa tips untuk mengingatnya, ada juga beberapa aturan yang harus kalian tahu dalam penggunaan keduanya. Seperti yang sudah kalian tahu bahwa bahasa latin biasanya menggunakan efek italik atau tulisan miring. Misal, penggunaan bahasa latin untuk nama hewan dan tumbuhan menggunakan huruf italic karena memang berbeda dari Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Namun khusus penggunaan i.e dan e.g, karena penggunaan keduanya sudah umum dalam Bahasa Inggris dan dipakai di tengah kalimat makan keduanya tidak perlu dimiringkan kecuali jika kalian diminta untuk menggunakan format institusi tertentu. Kalian juga harus menggunakan koma sebelum penggunaan i.e dan e.g.

Seperti itu tadi guys penjelasan lengkap i.e dan e.g yang juga sudah disertai dengan contoh. Semoga bermanfaat dan kamu tidak salah lagi dalam mengartikan keduanya ya. Selamat belajar !!!

Materi lainnya: Persiapan Menghadapi Tes TOEFL yang Wajib Kamu Lakukan