penggunaan who who whose

Dalam bahasa Inggris, penggunaan who, whom, whose masih sering kali tertukar. Apa kalian juga mengalami kendala tersebut? Memang bukan rahasia lagi bila mempelajari grammar atau tata bahasa menjadi hal yang menyulitkan bagi para pemula. Walau demikian, jangan jadikan kesukaran tersebut sebagai penghalang kalian untuk menguasai bahasa Inggris.

Mengenali bentuk relative pronoun

Sebelum membahas tentang pengaplikasian who, whom, dan whose, mari kita bahas dulu asal-usul ketiga kata ini. Who, whom, dan whose merupakan salah tiga anggota relative pronoun, yakni pronoun atau kata ganti yang mengacu pada noun atau kata benda yang berada sebelum relative pronoun dipakai dalam kalimat yang bersangkutan. Pada umumnya, relative pronoun memiliki fungsi untuk mengawali relative clause maupunadjective clause.

Lantas, siapa saja anggota lengkap relative pronoun? Selain who, whom, dan whose, kelompok kata ini juga terdiri atas which dan that. Who dan whom pada umumnya dipakai untuk orang (person), sementara whichdiaplikasikan pada benda (thing). Kemudian, that dan whose dapat kalian gunakan untuk orang maupun orang.

Kemiripan yang terdapat pada tiga relative pronoun (who, whom, whose) masih membingungkan orang-orang yang sedang mempelajari bahasa Inggris. Supaya kalian tidak salah memakai dan mengucapkan, di bawah ini ada penjelasan lengkap seputar who, whom, whose, dan penggunaannya dalam kalimat.

Who, whom, dan whose dan contoh kalimatnya

1. Who dan penerapannya

Seperti yang telah disampaikan, who adalah anggota relative pronoun yang dipakai untuk kategori orang atau person. Selain itu, who juga diaplikasikan untuk menambah informasi noun atau kata benda. Secara kasar, dalam contoh berikut ini, who diartikan sebagai yang dalam pemakaian who, whom, whose.

Contoh:

The girl who just won the competition is one of my friends in the university (Gadis yang memenangi kompetisi ini adalah salah satu temanku di universitas).

It is my mother who always cooks breakfast and prepares lunch box for me (Adalah ibuku yang selalu memasak sarapan dan menyiapkan bekal siang buatku).

He yelled at the man who stole his bag (Dia berteriak kepada pria yang mencuri tasnya).

Jika kalian perhatikan secara saksama, who pada ketiga kalimat di atas selalu diikuti kata kerja atau verb, baik dalam bentuk lampau maupun sekarang untuk tenses-nya. Pastikan juga kalian menggunakan kata bendaperson dan kata kerja setiap kali akan memakai relative pronoun who.

2. Whom dan penerapannya

Selanjutnya, ada whom yang pada penerapannya harus diikuti kata benda (noun) berupa person; sama halnya dalam who dengan arti yang. Hanya saja, kedua relative pronoun tersebut dalam penggunaannya dibedakan oleh kata-kata setelahnya. Dalam whom, kalian karus menempatkan subject setelahnya.

Contoh:

Ms. Vira whom every students adores has just became the head teacher in our school (Nona Vira yang dikagumi seluruh murid baru saja dilantik jadi kepala sekolah di tempat kami).

The old guy whom she met yesterday is her stepfather (Pria tua yang ditemuinya kemarin adalah ayah tirinya).

The girl whom I always meet every morning just moved to Singapore (Gadis yang selalu kujumpai setiap pagi baru saja pindah ke Singapura).

Dari contoh aplikasi whom dalam penggunaan who, whom, whose di atas, terlihat bahwa relative pronoun tersebut selalu memakai subjek berupa person atau orang.

3. Whose dan penerapannya

Dalam keluarga relative pronounwhose jadi satu-satunya kata yang bermakda possesive. Dalam hal ini, kamu harus menggunakan noun—baik person maupun thing—untuk kata setelahnya. Whose juga punya arti yang sama dengan who dan whom dalam kasus ini, yaitu yang.

Contoh:

The prize will go to the contestant whose perfomance the audience love the most (Hadiah tersebut akan jatuh kepada kontestan yang penampilannya paling disukai penonton).

They just helped the family whose car broke down (Mereka baru saja membantu keluarga yang mobilnya rusak).

The neighbor whose father he’s looking after is in Jakarta (Tetangga yang ayahnya dia rawat sedang berada di Jakarta).

Dalam contoh kalimat satu dan tiga, whom diikuti subjek berupa person, sedangkan kalimat nomor dua diikuti subjek berupa thing.

Melatih penggunaan who, whom, dan whose

Dalam praktiknya, who jadi anggota relative pronoun yang paling mudah diterapkan, karena sering kali dipakai dan ditemukan dalam bahasa Inggris. Berbeda dengan whom dan whose yang, kendati kalian dapati juga pada sejumlah kalimat, frekuensinya tidak setinggi who. Akan tetapi, kalau kamu ingin terus mempelajarinya, latihlah diri dengan membuat sejumlah kalimat yang menerapkan penggunaan who, whom, whose. Semakin sering kalian melakukannya, maka kalian pun akan semakin cepat terbiasa saat menggunakannya.

Sekarang sudah paham kan bagaimana penggunaan dan contoh kalimat who, whom, whose. Ingat harus terus berlatih ya guys, selamat mencoba !!!

Baca juga materi lainnya: Tips Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak.