tips belajar bahasa asing

Terjun ke dalam bahasa baru bukanlah hal yang mudah, oleh karenanya kalian bisa melihat tips-tips belajar bahasa asing dibawah ini.

Belajar bahasa asing adalah suatu hal yang sangat polarizing. Di satu sisi, banyak orang yang merasa belajar bahasa asing merupakan suatu hal yang sangat menarik dan sangat seru. Mereka ingin menghabiskan waktu mereka untuk mempelajari suatu bahasa baru di luar bahasa ibu mereka dan mereka merasa bahwa waktu yang terbuang tersebut tidak sia-sia. Dengan belajar bahasa baru, mereka dapat merasa bahwa mereka mengenal dunia luar selain dunia mereka.

Di sisi lain, ada orang-orang yang merasa bahwa belajar bahasa asing bukanlah suatu hal yang penting. Mereka merasa bahwa mereka bisa sukses tanpa perlu mengetahui bahasa asing manapun selain bahasa ibu mereka. Mereka beranggapan bahwa manusia tidak perlu mengetahui banyak bahasa (cukup bahasa negara dan bahasa daerah) untuk bisa menjadi kaya.

Walau sentimen yang kedua pada dasarnya tidak salah, kalian bisa mendapatkan hal yang lebih banyak lagi jika kalian belajar bahasa asing. Orang terkaya di Indonesia bukanlah orang yang hanya mengerti percakapan dalam bahasa Indonesia. Presiden pun juga diminta untuk bisa berbicara dalam bahasa asing. Apakah seorang presiden Indonesia dituntut untuk bisa berbahasa jawa? Apakah seorang pebisnis yang berbisnis dengan rekan-rekan kerja luar negeri bisa berbisnis dengan menggunakan bahasa Indonesia? Jawaban dari kedua pertanyaan tersebut adalah tidak karena bahasa Indonesia bukanlah bahasa yang cakupan nya global.

Belajar bahasa asing sangatlah penting karena dengan belajar bahasa asing, kalian sudah mengambil satu langkah untuk menuju dunia yang lebih luas. Tapi beberapa orang masih takut belajar bahasa asing karena mereka merasa banyak hal yang harus dipelajari dari awal. Berikut tips-tips yang baik agar kalian bisa mendalami suatu bahasa asing.

Menggunakan bahasa asing tersebut dalam media hiburan kalian

Banyak orang yang tidak ingin belajar bahasa asing karena mereka tidak ingin menyentuh buku lebih dalam lagi. Meski kalian harus menyentuh buku pada akhirnya, langkah pertama yang bisa kalian lakukan untuk mempelajari suatu bahasa asing adalah memasukkan bahasa asing tersebut ke dalam media hiburan kalian.

Apakah kalian seorang gamer yang ingin belajar bahasa inggris atau jepang? Di luar sana terdapat banyak permainan video yang memiliki kedua bahasa tersebut. Perusahaan-perusahaan video game barat maupun Jepang seringkali memasukkan bahasa asli mereka ke dalam game-game yang mereka buat. Jika kalian ingin belajar bahasa inggris, mainkan lah game-game buatan orang-orang barat (di dataran eropa, beberapa game bahkan dibuat dengan banyak bahasa yang berbeda). Jika kalian ingin belajar bahasa Jepang, mainkanlah game-game buatan perusahaan Jepang karena biasanya mereka memiliki pemakaian bahasa Jepang yang bagus (dibanding jika perusahaan barat memasukkan bahasa Jepang ke dalam game dan perusahaan Jepang memasukkan bahasa-bahasa barat ke dalam game mereka).

Jika kalian lebih suka menonton film dan membaca buku, carilah buku yang sesuai dengan bahasa yang kalian ingin pelajari. Jangan pernah mencari buku-buku terjemahan karena biasanya buku-buku terjemahan tidak memiliki tulisan yang bagus.

Catat setiap kata-kata baru yang kalian jumpai

Entah di dalam pikiran atau di dalam suatu buku catatan kecil, kalian harus selalu mencatat suatu kata baru yang kalian temui dan konsultasikan kata tersebut ke kamus kalian. Dengan begitu, kalian akan mendapat banyak pengetahuan tentang suatu kata dan kalian akan dapat dengan mudah belajar bahasa asing.

Kelilingi diri kalian dengan orang-orang yang berbahasa asing tersebut

Hal ini agak sulit dilakukan di Indonesia karena Indonesia bukanlah suatu negara yang menyukai penggunaan bahasa asing di luar bahasa Inggris dan mungkin Jepang. Kalian akan kesulitan menemukan orang-orang berbahasa Spanyol atau bahasa Portugis disini, akan tetapi jika kalian sudah menemukan komunitas orang-orang yang bercakap dalam bahasa tersebut, kalian bisa belajar banyak dari mereka. Tentunya kalian akan dicap sebagai orang yang ‘anti-sosial’ dan tidak suka berbaur karena biasanya orang-orang yang menggunakan suatu bahasa asing hanya akan berkumpul dengan orang lain (seperti femonema weeaboo yang telah melanda Indonesia sejak dulu), akan tetapi hal itu tidak begitu penting jika kalian sedang belajar.

(Baca juga: Berbagai Penggunaan Kata Like yang Tepat dalam Bahasa Inggris)

Ketiga tips diatas adalah sedikit dari tips belajar bahasa asing dengan baik, jadi jangan lupakan tips ini ketika kalian ingin belajar!