idiom bahasa inggris

Pernahkah kalian bingung akan suatu kalimat bahasa inggris, yang jika diartikan akan menjadi aneh dan tidak nyambung? Nah, untuk kalian yang pernah menemui hal semacam ini, pastinya kalian bertanya-tanya – ini apasih artinya?! Sama seperti halnya dengan bahasa indonesia, idiom adalah sebuah ekspresi yang dituliskan dalam beberapa kata atau frasa dengan memiliki makna kiasan. Di sisi lain, idiom bahasa inggris juga seringkali keluar saat tes bahasa inggris. Jika ada dari kalian yang akan mengikuti ujian entah itu Ujian Nasional, tes SBMPTN, tes TOEFL, dsb., ada baiknya mengetahui beberapa idiom untuk memberikan kalian tambahan wawasan tentang jenis ungkapan bahasa inggris ini.

Setelah sebelumnya kita sudah sempat membahas mengenai Pengertian dan Bagaimana Menggunakan Idioms dalam Bahasa Inggris, sekarang yuk langsung saja kita pelajari lebih lanjut mengenai contoh idiom lainnya seperti di bawah ini.

  • Get out of hand

mengalami keadaan di mana kondisi di sekitar kalian tidak bisa dikendalikan, kalian bisa menggunakan idiom “Get out of hand”. Contoh kalimat yang menggunakan idiom ini yaitu The show got out of hand because everybody threw bottles each other. Dalam hal ini, kalian kata “get” juga akan mengalami perubahan ke bentuk lampau atau past tense jika kejadiannya menjelaskan masa sebelumnya.

  • Under fire

Kami bisa menebak apa yang kalian pikirkan, dan kami percaya bahwa kalian salah sangka. Idiom yang satu ini sama sekali tidak berhubungan dengan kebakaran, atau api sekalipun – kecuali api amarah ya.. *hehe. Arti dari idiom underfire adalah mendapatkan kritikan yang keras. Di sini, kalau kalian pernah liat artikel bahasa inggris seperti Christopher Nolan’s Dunkirk has come under fire from French critics. Nah, di sini arti dari kalimat tersebut adalah film Dunkirk Christopher Nolan mendapat kritik dari kritikus Prancis.

  • Pull a rabbit out of a hat

Apakah kalian pernah melihat pertunjukkan sulap yang menampilkan saat pesulap mengeluarkan kelinci dari topinya? Nah, hal tersebut tidak ada hubungannya dengan idiom yang satu ini. Memang membuat bingung, tapi arti yang sebenarnya adalah melakukan sesuatu yang impossible. Contoh kalimat idiom ini yaitu I thought this team would be defeated, yet our captain has pulled a rabbit out of his hat and made us won the game. Untuk artinya, saya pikir tim ini akan kalah, tapi sang kapten melakukan hal yang tak terduga dan membuat kita memenangkan pertandingan.

Sebenarnya idiom bahasa inggris tidak hanya tiga yang di atas itu, tapi ada banyak sekali. Kami akan membagikan beberapa idiom lagi, tapi tak perlu dengan penjelasan ya? cukup dengan contoh kalimatnya saja. *haha

  • Mother nature – Alam. Contoh: The mother nature has shown us how beautiful Bromo is.
  • Break a leg – Semoga Beruntung. Contoh: I hope you can beat your opponent, break a leg.
  • A pie in the sky – hal yang tak mungkin terjadi. Contoh: They want to make flying-shoe, yet it is just a pie in the sky.
  • Spill the beans – bicara jujur. Contoh: If you didn’t steal his wallet, just spill the beans.
  • Cheesy – Payah. Contoh: I don’t want to be in a team with him, he is so cheesy.
  • Apple of my eye – Seseorang yang disukai dengan tulus. Contoh: You know what, dude. Deta is the apple of my eye.
  • Smoke and mirrors – Mengaburkan realita dengan memberikan informasi yang tidak benar. Contoh: Joko Widodo’s government has become a master at the game of smoke and mirrors.
  • Down to earth – Rendah hati. Contoh: Keanu Reeves is an actor who is down to earth.
  • Keep an eye on it – Perhatikan baik-baik. Contoh: Because this treasure is very worth, we must keep an eye on it.
  • By hook or by crook – Dengan cara apapun. Contoh: That politician wins on the trial by hook.
  • White lie – Kebohongan demi kebaikan. Contoh: They told him a white lie to not make him feel bad.

Nah, setelah mengetahui beberapa idiom bahasa inggris di atas, kami harap wawasan kalian sedikit bertambah. Perlu diketahui idiom sebenarnya sangat banyak. Jadi, kalian yang ingin mendapatkan kosa kata idiom yang banyak, jelajahilah dunia internet. Happy learning guys !!!