pengertian collocation

Istilah collocation pasti sangat asing bagi kalian yang sedang belajar bahasa Inggris atau bagi para pemula, jadi ada baiknya kalian benar-benar mempelajari pengertian collocation dan mempelajarinya dengan baik. Dalam bahasa Indonesia memang tidak ada istilah collocation, namun secara konsep dalam bahasa Indonesia ada juga hal ini hanya saja istilah collocation ini tidak dipakai. Jadi, bagi kamu yang memiliki bahasa asli Bahasa Indonesia, pasti sangat awan dengan istilah Collocation ini. Namun, jika kamu belajar bahasa Inggris, kamu harus benar-benar paham istilah ini dan harus benar-benar mengenalnya. Hal ini sangat penting untuk dipelajari sehingga kamu memiliki banyak kosakata dan menggunakannya dengan benar-benar tepat karena collocation bersifat mutlak dan tak bisa diganti-ganti lagi dengan kata yang sejenis.

Memahami Pengertian Collocation dalam Bahasa Inggris

Lalu, apa itu collocation dalam bahasa Inggris? pengertian collocation adalah pasangan dua kata atau lebih menjadi satu rangkaian frasa yang lazim digunakan dan membentuk sebuah satuan makna yang khusus dan salah satu kata dari frasa tersebut tidak dapat digantikan dengan kata lainnya atau tidak dapat dihilangkan. Sebetulnya, dalam bahasa Indonesia pun ada konsep collocation meskipun tidak ada istilah ‘collocation’, misalnya saja istilah ‘dokter hewan’ yang tidak dapat diganti menjadi ‘dokter binatang’ karena tidak lazim, meskipun kata ‘hewan’ dan ‘binatang’ artinya sama saja. Contoh lain dalam bahasa Indonesia ialah ‘kamar mandi’ yang akan terdengar aneh jika diganti dengan ‘ruang mandi’. Konsep tersebut sesuai dengan collocation dalam bahasa Inggris.

Rumus  dalam Collocation

Kalian telah mempelajari pengertian collocation dari info yang sudah dipaparkan di atas. Untuk sebuah collocation, terdapat rumus yang mungkin cukup menarik untuk diketahui dan dipahami. Rumus tersebut antara lain:

  • Kata Kerja (verb) + Kata Keterangan (adverb)
  • Kata kerja (verb) + preposisi/kata depan (preposition)
  • Kata kerja (verb) + kata benda (Noun)
  • Kata benda (noun) + kata kerja (verb)
  • Kata benda (noun) + kata benda (noun)
  • Kata sifat (adjective) + Kata benda (noun)
  • Kata Keterangan (adverb) + Kata sifat (adjective)

Formula atau rumus tersebut dapat dipakai dalam membentuk sebuah collocation. Tentu saja, hampir semua collocation pasti sesuai dengan rumus tersebut. Namun, ada baiknya kamu memperkaya bendahara kata dalam bahasa Inggris termasuk juga mengenai collocation ini.

Contoh-contoh Collocation Bahasa Inggris

Dalam memahami pengertian collocation, tentu saja kalian juga perlu lebih mendalaminya dengan cara mencari tahu beragam contoh collocation dalam bahasa Inggris. Salah satu contoh collocation dalam bahasa Inggris ialah istilah ‘ring finger’ yang berarti ‘jari manis’. Ya, tentu saja kemudian kamu tidak boleh asal merubahnya dengan istilah ‘sweet finger’. Istilah ‘jari manis’ dalam bahasa Indonesia pun tidak boleh asal dirubah dengan kata lain semisal ‘jari cincin’ atau bahkan ‘jari no empat’. Itulah salah satu contoh jelas collocation.

Contoh lainnya ialah istilah ‘powerful engine’ yang bermakna mesin yang kuat. Istilah ini sangat umum digunakan dan pastinya tidak lazim jika kamu menggantinya dengan istilah ‘strong engine’ meskipun kata ‘strong’ artinya sama dengan ‘powerful’, namun kembali lagi bagaimana lazimnya istilah tersebut digunakan.

Contoh collocation bahasa Inggris lainnya ialah ‘heavy rain’ yang berarti ‘hujan deras’. Istilah ini sudah sangat lazim digunakan dan kalian tidak bisa menggantinya dengan istilah lain seperti ‘wighly rain’ atau bahkan ‘hard rain’.

Istilah ‘green house’ juga merupakan salah satu contoh collocation bahasa Inggris yang berarti rumah kaca. Kamu tidak dapat menggatinya dengan ‘glass house’. Jadi dalam bahasa Inggris kamu perlu medalaminya dengan baik dan tepat.

(Baca juga: Pengertian dan Bagaimana Menggunakan Idioms dalam Bahasa Inggris)

Bagaimana Cara Efektif Mempelajari Collocation Bahasa Inggris?

Ada beberapa tips dalam mempelajari dan memahami makna collocation. Beberapa tips dalam mempelajari dan mendalami colloation, antara lain:

– Perbanyaklah membaca beragam jenis artikel maupun buku dalam bahasa Inggris. Dengan begitu, kalian akan terbiasa menggunakan collocation yang tepat dan memahami arti sebenarnya.

– Kalian dapat mencatat berbagai collocation yang dapat membantu kalian dalam memperkaya vocabulary kalian. Jangan lupa untuk sering-sering membaca, mengingatnya, dan juga pastinya sering-sering menggunakannya.

– Banyak mendengarkan dan bahkan menonton film berbahasa Inggris juga dapat membantu kalian dalam mempelajari collocation tersebut.

Beberapa info tersebut di atas dapat membantu kalian dalam mengenal serta memahami pengertian collocation dan menggunakannya secara tepat.