Manfaat Sekolah Bilingual Untuk Anak

Di era serba modern ini, seluruh aspek kehidupan manusia dituntut untuk terus mengikuti perkembangan zaman. Salah satunya adalah penggunaan Bahasa Inggris, yang mana bahasa ini merupakan bahasa Internasional yang digunakan di seluruh dunia. Meski pembelajaran untuk Bahasa Inggris sudah masuk dalam kurikulum wajib bagi jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, beberapa orang bahkan ingin agar putra putri tercinta mereka berkenalan dan menjadi terbiasa dengan Bahasa Inggris lebih awal. Jika kamu masih ragu untuk segera mendaftarkan buah hatimu ke sekolah bilingual untuk anak, maka ada baiknya kamu membaca beberapa poin berikut ini.

1. Belajar bahasa asing di sekolah bilingual mampu meningkatkan kecerdasan dan kesehatan otak

Pengetahuan yang baru akan bahasa asing akan membuat otak manusia secara aktif bekerja dengan cara yang lebih efektif pula. Sehingga, proses belajar bahasa asing sejak usia dini akan mampu meNingkatkan kualitas otak buah hati juga. Beberapa ha penting yang perlu kamu ketahui adalah, dengan memacu agar otak terus bekerja secara efektif dalam batas aman, maka ada beberapa resiko penyakit berbahaya yang bisa dikurangi. Beberapa diantaranya adalah penyakit Alzheimer serta pikun saat usia tua nanti.

Tidak hanya Bahasa Inggris, kamu bisa mendapatkan keuntungan ini dari memberikan pembelajaran bahasa asing apa saja untuk sang buah hati. Bahkan, santer beredar kabar bahwa memperdengarkan ayat-ayat suci di dalam Al-Quran akan membuat sang buah hati memeiliki kecerdasan yang lebih tinggi dibanding dengan ank-anak lain.

2. Melatih mental dan sosial anak

Berikutnya, apabila anak sudah diperkenalkan dengan bahasa asing sejak usia dini, maka nantinya mereka tidak akan malu-malu lagi apabila bahasa tersebut diajarkan di sekolah. Pengalaman yang pernah mereka dapat akan membantu mereka menjadi pribadi yang lebih percaya diri karena mereka pernah mempelajarinya sebelumnya. secara tidak langsung, tentu mereka akan memiliki kemampuan yang lebih dari pada teman-teman yang lain.

3. Mempermudah anak untuk meraih cita-cita di masa depan

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, era modern yang kini telah dipelngkapi berbagai macam peralatan canggih membuat seseorang harus memiliki daya saing dan bertahan yang kuat agar menjadi juara. Begitu pula dalam menggapai cita-cita. Banyak dari orang dewasa yang mungkin terpaksa harus undur dari dari gerbang meraih mimpi hanya karena sebelumnya menyepelekan bahasa asing, khususnya Bahasa Inggris.

Bahasa Inggris yang kini menjadi Bahasa Internasional memiliki andil besar dalam menentukan banyak hal. Bahkan beberapa perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan pun turut menyertakan tes bahasa inggris sebagai salah satu penentu diterima atau tidaknya calon karyawan tersebut. Apalagi jika membicarakan tentang dunia yang kini hampir tak terbatas. Sangat mungkin apabila cita-cita yang dimiliki oleh buah hati anda tidak hanya menjadi orang yang di kenal di kancan nasional, namun juga internasional.

Dari semua poin yang telah disampaikan, tidak ada salahnya untuk mendaftarkan dan mengenalkan anak anda pada bahasa asing. Toh, nantinya Bahasa Inggris juga akan menjadi penunjang kehidupan mereka di masa depan. Apalagi usia anak-anak adalah masa di mana mereka mempunyai daya serap yang tinggi. Sehingga belajar di usia dini memungkinkan mereka lebih mudah untuk memahami pengetahuan yang baru.

Nah, jika kamu tertarik untuk mencari sebuah sekolah bilingual untuk anak, ada beberapa poin penting yang perlu kamu perhatikan. Yang pertama, sekolah bilingual yang mengadaptasi kurikulim luar negeri memang tidak perlu dipertanyakan lagi kualitasnya. Namun hal ini juga tidak menjadikan sekolah nasional jelek. Satu hal yang mungkin tidak bisa didapat dari sekolah nasional adalah budaya serta metode pembelajarannya. Karena sekolah internasional menggunakan metode dari luar negeri, biasanya anak akan lebih aktif dan kreatif. Yang kedua, tidak hanya anak saja yang belajar, namun orang tua juga harus berusaha untuk mempelajari Bahasa Inggris agar dapat menjadi teman diskusi anak ketika sedang berada di rumah. Terakhir, jangan pernah melupakan bahasa nasional sendiri. Anak yang dapat berbahasa inggris memang dapat dibanggakan, namun juga jangan sampai bahwa sejatinya anak adalah warga negara Indonesia.